Kolesertol Tinggi, Ini Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi

Ilustrasi telur
Sumber :
  • pixabay/condesign

VIVA – Suami Baby Margaretha, Christian Bradach meninggal dunia pada hari Minggu, 13 Maret 2022 di Bandung, Jawa Barat. Rupanya, faktor pemicunya disebut karena menderita kolesterol tinggi seminggu belakangan. 

Celine Dion Ungkap Penyakit Langka yang Dideritanya: "Saya Berharap Ada Keajaiban"

Hal itu disampaikan Baby lewat sambungan telepon. Menurut Baby, sang suami tidak mau dirawat di rumah sakit. 

"Enggak mau dirawat, dia bilang dia oke, dia kuat. Emang keras kepala, susah, enggak mau ajak ke dokter. Tadi meninggalnya di rumah di meja makan," ucapnya.

Menkes Budi Paparkan Penanganan Penyakit Arbovirus

Lantas, bagaimana cara cegah kolesterol tinggi? Ya, jawabannya adalah dengan memilah makanan secara tepat. 

Banyak orang menilai bahwa kolesterol dalam makanan meningkatkan kolesterol darah dan risiko penyakit jantung. Namun, penelitian terbaru menemukan bahwa beberapa makanan tinggi kolesterol mungkin tidak meningkatkan risiko penyakit jantung Anda. Tapi, ini tidak berarti Anda dapat mengabaikan jumlah kolesterol yang dikonsumsi.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

"Adalah aman untuk memiliki kolesterol dalam makanan Anda. Tapi banyak makanan tinggi kolesterol juga mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi," kata ahli diet terdaftar Julia Zumpano, RD, LD, dikutip dari laman Claveland Clinic.

Kolesterol tinggi.

Photo :
  • U-Report

Makanan tinggi kolesterol yang harus dihindari

Sementara beberapa makanan tidak mengandung kolesterol dengan lemak jenuh, sebagian makanan justru memiliki kadar kolesterol tinggi. Diet tinggi lemak jenuh terkait dengan peningkatan kolesterol darah dan risiko penyakit jantung.

Para ahli merekomendasikan untuk membatasi atau menghindari makanan tinggi kolesterol "tidak sehat" berikut ini, yang juga tinggi lemak jenuh:

Susu tinggi lemak

Susu murni, mentega, yogurt dan keju penuh lemak mengandung lemak jenuh yang tinggi. Keju juga cenderung tinggi sodium, dan kebanyakan orang Amerika juga mendapatkan terlalu banyak sodium.

Batasi keju hingga sekitar 3 ons per minggu, dan pilih keju bagian-skim seperti Swiss atau mozzarella saat memasak. Minum susu skim (non-lemak) diperbolehkan, sebesar 1% atau 2% untuk mendapatkan asupan kalsium Anda. Carilah varietas yogurt tanpa lemak atau rendah lemak. Gunakan minyak zaitun extra-virgin atau minyak alpukat sebagai pengganti mentega.

Ilustrasi susu.

Photo :
  • Freepik

Daging merah

Steak, beef roast, iga, daging babi dan daging giling cenderung memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi.Pilih 90% daging giling tanpa lemak, potongan daging tanpa lemak (seperti sirloin, tenderloin, filet atau steak sayap, pinggang babi atau tenderloin), dan fokus pada sumber protein hewani rendah lemak, seperti unggas panggang tanpa kulit atau giling tanpa lemak

Daging olahan

Anda harus membatasi daging olahan secara umum karena kandungan natriumnya yang tinggi dan nutrisi yang rendah. Padahal, bacon, sosis, dan hot dog biasanya dibuat dari potongan daging sapi atau babi yang berlemak. Jika Anda harus makan daging olahan, pilihlah sosis atau daging deli yang diproses minimal yang terbuat dari kalkun atau ayam tanpa lemak.

Gorengan

Kentang goreng, ayam goreng dengan kulit, dan makanan lain yang dimasak dengan deep fryer memiliki jumlah lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi dari minyak yang mereka masak. Pilihan yang lebih baik adalah ayam panggang atau kalkun tanpa kulit, kentang panggang, atau "kentang goreng" panggang yang diberi sedikit minyak zaitun. Coba gunakan penggorengan udara untuk rasa makanan "goreng" yang lebih rendah lemak.

Gorengan

Photo :
  • vstory

Makanan yang dipanggang dan manisan

Kukis, cake, dan donat biasanya mengandung mentega atau shortening, yang membuatnya tinggi lemak jenuh dan kolesterol. Mereka juga cenderung penuh gula, yang dapat menyebabkan tingginya kadar trigliserida darah, lemak darah tidak sehat (lipid) yang dapat menjadi faktor risiko penyakit jantung koroner.

Sebaliknya, buat makanan penutup Anda di rumah, pilih resep yang tidak perlu shortening atau banyak mentega. Ini juga memungkinkan Anda untuk memodifikasi resep dan mengurangi jumlah gula yang digunakan, menjadi setengah atau tiga perempat dari jumlah yang disarankan. Anda juga dapat menikmati buah panggang sebagai hidangan penutup, atau mengganti saus apel dengan telur atau mentega dalam kue Anda.

Lava Cake

Photo :
  • Instagram/anifoodiary

Makanan tinggi kolesterol terbaik untuk dimakan

Makanan tinggi kolesterol ini dapat menjadi bagian dari diet sehat jantung:

Telur

Kolesterol dalam telur mendapat reputasi buruk. Satu telur mengandung sekitar 60% dari nilai kolesterol harian, tetapi hanya mengandung 8 persen dari tunjangan Anda untuk lemak jenuh. Telur tinggi protein, rendah kalori dan mengandung vitamin B, zat besi dan nutrisi penangkal penyakit. Jika Anda memang harus menjaga kolesterol Anda, pilihlah putih telur, yang mengandung banyak protein tanpa kolesterol.

Kerang

Beberapa jenis kerang lebih tinggi kolesterol daripada yang lain. Udang terkenal tinggi kolesterol, mengemas lebih dari setengah nilai harian Anda dalam porsi 3 ons, tetapi kandungan lemak jenuhnya praktis tidak ada. Dan kerang merupakan sumber protein, vitamin B, selenium dan seng yang baik.

Kerang.

Photo :
  • U-Report

Daging tanpa lemak

Beberapa jenis daging tanpa lemak mengandung kolesterol tinggi tetapi rendah lemak jenuh. Ini termasuk hati (dan pate hati), ginjal, roti manis, jantung, dan babat. Meskipun Anda mungkin tidak menganggap daging ini menarik, ini adalah pilihan yang lebih baik daripada daging olahan atau daging merah. Zumpano mengatakan  makanan ini paling baik dimakan dalam jumlah sedang, terutama telur dan kerang.

"Mereka memiliki manfaat nutrisi yang mungkin lebih besar daripada kandungan kolesterolnya. Tetapi jika Anda memiliki kolesterol tinggi, makan makanan ini dalam jumlah terbatas. Tetap pada asupan mingguan empat kuning telur atau dua porsi kerang," bebernya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya