10 Manfaat Daun Mint, Atasi Masalah Kulit hingga Flu

Daun Mint
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Menyegarkan, bersemangat dan menyenangkan, sedikit daun mint dapat membuat semua hal menjadi menyenangkan. Banyak dari kita memiliki tanaman mint kecil sendiri di kebun dapur untuk berbagai olahan dengan khasiat tersembunyi. 

4 Resep Ramuan Herbal, Ampuh Atasi Insomnia

Mint adalah salah satu ramuan kuliner tertua yang dikenal umat manusia. Sifat obatnya yang luar biasa telah menjadikannya salah satu herbal yang paling umum dikenal dan digunakan. Berbagai negara kerap memakai daun mint dan tak asing dengan olahannya. 

Menurut Ahli Nutrisi Makrobiotik dan Praktisi Kesehatan Shilpa Arora ND, mint memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat. Daunnya dapat dijus atau dibuat menjadi sirup. 

Tak Biasa, Rose BLACKPINK Suka Rasa Es Krim Unik Ini

"Mint sangat baik untuk mengatur kadar gula darah dan mengobati kondisi kulit. Di musim panas, seseorang harus menambahkannya secara khusus. mint untuk diet mereka. Mint sangat mendinginkan dan membantu pencernaan dan gangguan pernapasan juga," katanya.

Dari meningkatkan pencernaan hingga menjaga napas tetap segar untuk waktu yang lama, mint dikemas dengan sejumlah manfaat yang menjadikannya lebih dari sekadar bahan mocktail, chutney, atau raita. Berikut adalah beberapa manfaat mint yang mungkin belum Anda ketahui, dikutip dari laman Food NDTV

Menurut Para Ahli, Ini 4 Makanan yang Bisa Membunuh Gairah Seks

Daun mint

Photo :
  • U-Report

1. Membantu pencernaan

Mint dapat bekerja sangat baik untuk hampir semua masalah pencernaan Anda. Menurut buku 'Healing Foods' oleh DK Publishing, mentol, yang merupakan minyak aktif dalam mint, memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang membantu meredakan gangguan pencernaan dan juga menenangkan sakit perut.

2. Mengobati asma

Konsumsi mint juga telah dikaitkan dengan membawa efek menenangkan bagi pasien asma. Mint sarat dengan sifat anti-inflamasi. Ini adalah relaksan yang baik dan mengurangi kemacetan. Namun, pastikan Anda tidak berlebihan dosis mint Anda, yang lain dapat mengiritasi saluran udara Anda.

3. Mengobati pilek

Berjuang dengan dingin yang tidak menyenangkan dan sulit untuk fokus dan bernapas? Coba mint. Ya, ada alasan mengapa vapo-rub dan inhaler Anda sering tersedia dalam mint. Mint dikenal untuk membersihkan hidung tersumbat, tenggorokan, bronkus, dan paru-paru. Selain saluran pernapasan, sifat anti-inflamasi mint juga meredakan iritasi yang disebabkan oleh batuk kronis

4. Menyembuhkan sakit kepala

Seperti disebutkan sebelumnya, mint adalah ramuan adaptogenik yang cukup kuat. Menurut buku 'Healing Foods', mint juga dapat membantu menyembuhkan sakit kepala. Aroma mint yang kuat dan menyegarkan dapat membantu meredakan sakit kepala. Balsem dengan bahan dasar mint atau minyak dasar mint, bila dioleskan di dahi dan hidung, efektif menyembuhkan sakit kepala dan mual

5. Perawatan mulut

Bayangkan ini, Anda memiliki presentasi untuk dibuat dan Anda baru saja menyelipkan gobhi paratha dan chutney bawang putih. Anda tidak dapat memasuki ruang presentasi dengan napas yang tercemar sekarang, bukan? Mengunyah tablet mint atau daun mint dapat membantu menyegarkan napas Anda secara instan karena adanya sifat kuman.

Ini juga memberikan keajaiban bagi kesehatan mulut kita secara keseluruhan. Ini menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut, dan membersihkan deposisi plak pada gigi. Inilah alasan mengapa begitu banyak pasta gigi di pasaran juga datang dalam basis mint.

Daun Mint

Photo :

6. Menurunkan berat badan

Mint juga bisa memainkan peran manisnya sendiri dalam penurunan berat badan, dan alasannya terkait dengan sifat pencernaannya yang sangat terkenal. Mint merangsang enzim pencernaan, yang membantu memfasilitasi penyerapan nutrisi yang lebih baik dari makanan. Ketika tubuh mampu mengasimilasi dan menyerap nutrisi dengan baik, ada metabolisme yang lebih baik. Metabolisme yang lebih cepat membantu penurunan berat badan

7. Meningkatkan kekuatan otak

Mint juga bisa meningkatkan kekuatan otak Anda. Menurut berbagai penelitian, mengkonsumsi mint dapat meningkatkan kewaspadaan, retensi, dan fungsi kognitif. Salah satu penelitian juga mengaitkan efek konsumsi mint dengan retensi memori yang lebih baik.

8. Perawatan kulit

Mint adalah obat tradisional untuk mengobati jerawat dan jerawat. Ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang ampuh yang bekerja sangat baik pada kulit berjerawat. Daun mint mengandung kandungan asam salisilat yang tinggi, yang sangat baik dalam memerangi tindakan jerawat juga. Jus yang diperoleh dari mint bekerja sebagai pembersih kulit yang efektif. 

Kuantum antioksidan yang tinggi juga membantu mencegah aktivitas radikal bebas, memberi Anda kulit yang lebih bersih dan awet muda. Anda juga bisa menggunakan mint dalam bentuk masker wajah. Campurkan daun mint yang dihancurkan dan madu. Oleskan pada kulit Anda dan biarkan selama 20 menit. Cuci bersih dengan air hangat.

9. Meringankan gejala morning sickness atau mual

Mint adalah obat yang sangat baik untuk mengobati mual. Ini juga efektif untuk mengobati mual yang terjadi pada morning sickness. Menurut Shilpa Arora, "Makan beberapa daun atau mencium beberapa daun mint setiap pagi, dapat membantu ibu hamil untuk mengatasi rasa mual dan mengatasi lebih baik."

10 Mengalahkan stres dan depresi

Mint adalah bagian penting dari aromaterapi. Baunya yang kuat dan menyegarkan dapat membantu mengatasi stres dan peremajaan makan pikiran. Mint memiliki sifat adaptogenik yang mengatur kadar kortisol dan meningkatkan ketahanan alami tubuh terhadap stres. Adaptogen membantu menyeimbangkan tubuh dengan cara apa pun yang dibutuhkan. Dengan menghirup aroma mint, pikiran Anda langsung tenang.

Daun Mint

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Daun mint mengandung genus Mentha dan umumnya digunakan untuk keperluan kuliner dan pengobatan.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024