5 Kombinasi Makanan Ampuh Redakan Hipertensi

Ilustrasi makanan sehat.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA – Sejumlah makanan memiliki khasiatnya masing-masing sehingga ketika dicampurkan akan memacu khasiat yang lebih baik. Sebut saja makanan seperti anggur dan bawang merah bisa sangat baik untuk kesehatan karena menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Dikutip dari laman The Sun, ahli gizi terdaftar dengan minat khusus dalam ilmu makanan, Rob Hobson, telah mengungkapkan kombinasi makanan yang dapat meningkatkan kesehatan Anda, serta menjadi sehat dengan sendirinya. 

"Kami berkembang dengan sinergi dan banyak dari kami menciptakannya dalam hidup kami tanpa menyadari bahwa kami melakukannya. Dari sudut pandang biologis, tubuh membutuhkan sinergi agar berfungsi dengan baik," jelas Rob.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Rob menyampaikan bahwa sinergi makanan ditentukan oleh cara makanan tertentu dan nutrisi yang dikandungnya bekerja sama untuk menawarkan manfaat kesehatan yang lebih kuat daripada makanan individu saja. Ada banyak paduan makanan yang dapat dicoba karena bahannya yang mudah dijangkau namun berkhasiat baik. Apa saja?

Mengkonsumsi kari ikan, yang menggabungkan kunyit dan ikan berminyak dapat menciptakan antiinflamasi yang kuat, sementara makan pisang bersama dengan yogurt dapat meningkatkan kesehatan tulang dan membantu bakteri usus. Sementara itu, minyak zaitun membantu tubuh manusia menyerap vitamin A yang ditemukan dalam tomat dan paprika merah, yang diperlukan untuk kesehatan kulit dan mata. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Untuk anggur hitam, kaya akan katekin antioksidan polifenol, membantu mengekang penyakit kardiovaskular, kanker, dan gangguan neurologis, dan bersama-sama dengan bawang bombai dapat mencegah pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

ilustrasi makanan sehat.

Photo :
  • Pixabay/Pexels

Kombinasi makanan peningkat kesehatan lainnya termasuk bawang putih dan madu, yang dapat membantu infeksi saluran pernapasan atas, serta almond dan buah beri yang dapat membantu mencegah penyakit jantung. Tetapi sebuah penelitian terhadap 2.000 orang dewasa menemukan 21 persen memiliki sedikit atau tidak sama sekali pemahaman tentang vitamin dan mineral dan peran mereka dalam tubuh mereka.

"Sementara makanan mungkin memiliki manfaat kesehatan masing-masing, ini bisa menjadi lebih besar ketika mencampurnya bersama karena dapat membantu yang lain melakukan tugasnya dengan lebih baik," tambahnya.

"Diet kita sangat penting untuk kesehatan kita dan lebih memperhatikan apa yang kita makan, dan bagaimana kita menggabungkan makanan, dapat sangat bermanfaat dan ini kemudian dapat dimanfaatkan untuk menargetkan kondisi tertentu seperti mengurangi peradangan, mengelola diabetes dan penyakit jantung atau menangani gejala menopause."

Berikut makanan super untuk meningkatkan kesehatan Anda dengan kombinasi makanan, menurut Rob Hobson.

Kari salmon, udang, dan almond

Membantu dengan mengurangi peradangan dalam tubuh yang merupakan akar dari semua penyakit kronis. Sinergi makanan: Ikan berminyak (salmon, trout, herring, sarden, mackerel) – omega 3 + kunyit (kurkumin)

Asupan makanan sehat.

Photo :
  • U-Report

Kari ikan ini sarat dengan asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam salmon dan kurkumin yang merupakan senyawa aktif yang ditemukan dalam kunyit. Bersama-sama, sinergi makanan ini dapat memperkuat efek anti-inflamasi dari nutrisi individu saja. Mengurangi peradangan dalam tubuh dapat membantu mengurangi risiko banyak penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

Oat dengan topping almond dan berry dibiarkan semalaman

Membantu dengan penyakit jantung. Sinergi makanan antara lain almond (flavonoid) dengan makanan kaya vitamin C (berry).

Kulit almond mengandung flavonoid yang berperan sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Dalam kombinasi dengan vitamin C yang ditemukan dalam makanan seperti buah beri, kombinasi ini telah terbukti membantu mengurangi oksidasi kolesterol LDL. Oksidasi kolesterol LDL sekarang dianggap sebagai faktor kunci dalam perkembangan penyakit jantung.

Salad tomat, alpukat, dan kemangi dibalut dengan minyak zaitun

Membantu kesehatan jantung, kesehatan prostat. Sinergi makanan: Makanan tinggi likopen (tomat) + minyak zaitun

Ilustrasi salad

Photo :
  • http://indofoodscarft.blogspot.co.id/

Likopen adalah antioksidant yang telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung. Senyawa tanaman ini juga telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan prostat. Tomat adalah sumber likopen terkaya yang membantu penyerapannya bila dikombinasikan dengan lemak seperti minyak zaitun. Minyak zaitun sendiri memiliki banyak manfaat kesehatan untuk mendukung kesehatan jantung yang baik termasuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kolesterol HDL.

Smoothie yang dibuat dengan yoghurt probiotik dan pisang

Membantu dari sisi mikrobiota yang sehat, kesehatan tulang. Sinergi makanan: Yoghurt probiotik + pisang (prebiotik)

Yoghurt probiotik mengantarkan bakteri menguntungkan seperti Lactobacillus ke usus. Menjaga keseimbangan makanan untuk bakteri jahat sangat penting untuk mikrobiota yang sehat. Ini penting karena usus adalah tempat makanan dipecah dan nutrisi diserap dan dikirim ke seluruh tubuh. Kesehatan usus juga terkait erat dengan kekebalan. Penambahan pisang menambahkan prebiotik (inulin) ke dalam campuran. Serat yang tidak dapat dicerna ini difermentasi oleh bakteri di usus - pada dasarnya mereka membantu memberi makan bakteri di usus Anda untuk membantunya berkembang.

Salad keju dan anggur (termasuk bawang merah)

Membantu kesehatan jantung, tekanan darah (sirkulasi). Sinergi makanan: Anggur hitam (catechin) + bawang bombay

Anggur hitam kaya akan katekin antioksidan polifenol, yang membantu mencegah penyakit kardiovaskular, kanker, dan gangguan neurologis serta dalam manajemen berat badan. Bersama-sama, bawang merah dan anggur menghambat pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa kombinasi ini membantu meningkatkan perlindungan kardiovaskular dengan meningkatkan sirkulasi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya