5 Keajaiban Ramadhan yang Bikin 'Wow' Tubuh Kamu

Puasa
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan suci Ramadhan ini umat muslim melaksanakan puasa selama satu bulan penuh. Puasa tersebut menahan hawa nafsu, serta tidak makan dan minum selama seharian.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Dengan melaksanakan puasa, ada keajaiban ramadhan tak terduga yang akan kamu rasakan. Berikut telah kami rangkum keajaiban yang melaksanakan puasa pada bulan suci Ramadhan dikutip dari magnificentonline.

1. Dapat menurunkan berat badan

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Ilustrasi berat badan.

Photo :
  • U-Report

Jika kamu berjuang sangat keras untuk menjalankan rencana diet, namun nafsu makan tidak sepenuhnya berkurang, dan kamu bahkan bertambah gemuk, maka Ramadhan adalah pintu gerbang menuju diet sehat. 

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Saat kamu berpuasa, perut sudah mengonsumsi dari apa yang sudah disimpan dan saat berbuka, kamu minum banyak cairan dan sedikit makanan agar merasa kenyang. Pengurangan makanan ini secara bertahap akan mengecilkan perut ke tingkat minimum yang kamu makan untuk hidup dan bukan sebaliknya. 

2. Dapat meninggalkan kebiasaan buruk

kebiasaan buruk

Photo :
  • U-Report

Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk membuang semua kebiasaan tidak menyenangkan kamu untuk selamanya. Dan ini berarti semua karbohidrat, makanan manis & rokok yang tidak berguna akan dihilangkan dari tubuh.

Selain itu, kebiasan buruk lainnya juga tidak akan terjadi jika kamu benar-benar melakukan puasa dengan benar. Seperti kebiasan mengucap kata kasar, dan perilaku buruk lainnya. Karena dalam berpuasa tidak diperbolehkan melakukan hal semacam itu.

3. Kurma adalah makanan yang sehat untuk berbuka

kurma.

Photo :
  • U-Report

Makan kurma di bulan Ramadhan sangat penting bagi tubuh karena meningkatkan pencernaan dengan multi-serat, potasium dan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi dan menjaga kesehatan. 

4. Melawan penyakit

Ilustrasi stres

Photo :
  • Times of India

Kamu akan terkejut melihat dampak ajaib puasa terhadap kesehatan mental dan psikologis kamu. Saat kamu berpuasa, otak kamu menantang dirinya sendiri dengan mengaktifkan jalur respons stres yang membantu otak mengatasi stres dan melawan penyakit apa pun. 

Dengan demikian meningkatkan faktor neurotik yang diturunkan dari otak dan mempromosikan peningkatan protein, sel membran dan konsentrasi mental. 

5. Detoksifikasi

Ilustrasi detoksifikasi.

Photo :
  • U-Report

Ramadhan adalah detoks alami yang sempurna untuk tubuh kamu. Karena ketika seseorang tidak minum atau makan di siang hari, tubuh akan memiliki kesempatan sporadis untuk mendetoksifikasi sistem pencernaan dari semua racun berbahaya yang ada di timbunan lemak. Oleh karena itu, meninggalkan usus besar yang bersih dan sehat dapat menjadi batu loncatan untuk tetap sehat secara fisik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya