Alasan Minum Es Saat Buka Puasa Berbahaya Bagi Tubuh

Ilustrasi minuman dingin
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Ramadhan Mubarak disambut dengan suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Namun, di Indonesia sebagai negara tropis, menjalani puasa di hari yang cerah dan terik sembari beraktivitas memang cukup berat sehingga tak heran keinginan untuk berbuka puasa dengan minuman dingin.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Banyak orang terburu-buru di jalan dalam meluangkan waktunya untuk tiba di rumah beberapa menit untuk berbuka puasa. Setelah makan buah kurma yang cukup, rutinitasnya yang biasa adalah menghilangkan dahaga dengan air yang sangat dingin lantaran merasa lelah dan haus luar biasa.

Namun, tahukah Anda? Tubuh manusia berisi dengan air hangat. Dalam hal ini karena kita berdarah panas dengan suhu 37 derajat Celcius. Ketika Anda mengkonsumsi air dingin, sistem tubuh Anda mengalihkan perhatiannya untuk mengatur benda asing sementara itu dimaksudkan untuk memberikan energi yang diperlukan ke bagian lain dari tubuh seperti sistem pencernaan.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Selasa 9 April 2024

Ilustrasi minuman berbuka puasa.

Photo :
  • Pexels/lissa Fotios

Berikut Alasan Anda Harus Berhenti Minum Air Dingin dikutip dari berbagai sumber.

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Senin 8 April 2024

Minum air es menyebabkan gangguan pencernaan. Menurut NDTV Food, air es membuat pembuluh darah berkontraksi, dan juga mempengaruhi berfungsinya asam lambung yang memperlambat pencernaan makanan yang dikonsumsi.

Di sisi lain, air dingin atau es membuat Anda lebih dehidrasi. Itu tidak pernah memuaskan selera Anda untuk lebih banyak air. Serta, air dingin menyebabkan peningkatan berat badan yang tidak perlu dalam tubuh dengan cara memadatkan lemak yang dikonsumsi dalam makanan.

Bahaya lainnya, minum air dingin juga menyebabkan sakit tenggorokan dan radang selaput lendir hidung. Air es adalah salah satu agen utama pilek dan radang selaput lendir hidung.

Terakhir, dampak minum air dingin dapat menurunkan detak jantung. Sebab, Air yang Anda konsumsi merangsang sistem tubuh. Minum air es juga sama, menurunkan suhu tubuh yang bisa membuat detak jantung menurun.

Disarankan Anda minum air pada suhu kamar atau sedikit dingin untuk menghindari komplikasi kesehatan yang tercantum di atas. Agar dahaga lebih terpuaskan, berikut deret minuman rekomendasi yang lezat tanpa harus menambahkan es.

Air kelapa

Photo :
  • U-Report

Air kelapa

Bagi orang yang merasa dehidrasi setelah tidak bisa minum setelah waktu yang lama, air kelapa adalah pilihan yang ideal. Tidak ada aditif buatan, sepenuhnya organik dan alami. Kelapa memiliki banyak elektrolit, vitamin, dan mineral untuk mengisi kembali tubuh dan mengalahkan dehidrasi. Ini juga bagus karena tidak akan meningkatkan kadar gula dan insulin Anda

Kurma dan Susu

Kurma biasanya dimakan tepat setelah azan magrib dan biasanya menjadi makanan pertama yang dimakan untuk berbuka puasa. Kebanyakan orang suka mengasinkan kurma dalam susu sehari sebelum disajikan sesuai tradisi dan sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad. Orang lain sering suka makan kurma biasa sambil juga minum susu yang juga merupakan cara mudah dan nyaman untuk mengkonsumsinya.

Jus buah

Jus buah enak, mudah disiapkan dan cocok dengan kebanyakan orang. Anda dapat menyesuaikan minuman Anda dengan memilih buah yang Anda sukai serta jumlah yang Anda gunakan. Ini adalah minuman yang bagus untuk membantu Anda mengatasi panas dan dahaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya