Inspiratif! Kedermawanan Abu Jaber Bagikan Ribuan Makanan Buka Puasa di Makkah Selama Bulan Ramadhan

Kedermawanan Abu Jaber Bagikan Ribuan Makanan Buka Puasa di Makkah
Sumber :
  • Himpunan Penyelenggara Umrah & Haji

ARAB SAUDI  – Nabi Muhammad Saw. menyebut bulan Ramadhan sebagai Bulan Kesabaran, Bulan Ampunan, dan Bulan Berbagi (Syahr al-Muwasat). Selain yang telah disebutkan, banyak nama istimewa lainnya yang diperuntukkan untuk bulan ramadhan.

Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024, Astra Ajak Generasi Muda Berkarya untuk Masyarakat

Bulan ini, orang kaya bukan hanya harus berbagi kekayaan mereka dengan orang miskin, tetapi juga harus ikut bersimpati dengan kesusahan mereka. Orang yang beruntung harus berbagi bahagia dengan orang yang malang, dan mereka yang memiliki rezeki berlomba-lomba untuk memberi makan berbuka puasa kepada orang yang berpuasa.

Seperti Abu Jaber, seorang kakek dermawan yang tinggal di kota Makkah, memanfaatkan hartanya untuk memberi makan berbuka puasa kepada orang-orang di kota dan jemaah asing setiap hari. Dia tampaknya benar-benar melakukan amal kebajikan di bulan suci ini.

Astra Gelar Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 di Bengkulu, Ratusan Anak Muda Ikut Serta

Dilansir dari Himpuh pada Jumat, 5 April 2024, jumlah donasi makanan yang diberikan Abu Jaber mencapai 4.000 paket makanan setiap harinya. Selama bulan suci ini, kontribusi Abu Jaber telah menjadi sinar matahari menunjukkan pentingnya kemurahan hati.

Muhamad Al Faisal Al Harbi, seorang penulis dan YouTuber asal Saudi, kemudian mendengar kisah Abu Jaber dan mengunjunginya untuk meliput kisah inspiratifnya yang ingin dibagikan kepada orang-orang di seluruh dunia.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Namun, Abu Jaber dengan rendah hati justru tidak membagikan kisah perbuatan baiknya dan tidak bercerita tentangnya. Beliau menekankan bahwa mencari kedekatan dengan Tuhan lebih penting daripada mengakui amal yang ia lakukan.

Saat berbicara dengan Al Harbi, Abu Jaber tidak berbicara tentang dirinya sendiri, sebaliknya ia mengalihkan pembicaraan ke banyak cara untuk mencapai pemenuhan spiritual dan pentingnya memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan cara apa pun, bahkan dengan memberi kurma.

Kemurahan hatinya tidak hanya terbatas pada Mekkah, ia juga membantu mendirikan tenda buka puasa untuk orang-orang yang berpuasa di Gaza.

Menurutnya, berbagi dengan orang lain dan berpuasa di bulan Ramadhan adalah ibadah yang sangat baik dan bernilai bagi umat Islam. Dalam sabdanya, Nabi Besar Muhammad mengatakan bahwa sedekah terbaik dilakukan selama bulan Ramadhan:

"Rasulullah SAW pemah ditanya; Sedekah apakah yang paling mulia? Beliau ?menjawab: “Yaitu sedekah di Ramadhan.” (HR Tirmidzi)

Dengan menyebarkan rezeki melalui sedekah, Allah SWT akan memberi hamba-Nya berjuta-juta kebaikan dan rahmat. Harta yang disedekahkan kepada orang lain tidak akan habis, melainkan akan bertambah lebih banyak lagi dan mendapatkan kebaikan lebih banyak lagi. Allah SWT berfirman : 

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, ?Mahamengetahui." (QS Al Baqarah: 261)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya