Zaidul Akbar: Konsumsi Ini Selama Ramadhan, Bantu Luruhkan Batu Ginjal

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Mengonsumsi makanan yang tepat saat berbuka dan sahur di bulan Ramadhan, dapat bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, menyarankan untuk mengonsumsi makanan tertentu selama Ramadhan ini. Makanan apa yang dimaksud?

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

"Rasulullah SAW memberi contoh kepada kita semua dengan cara beliau mengonsumsi kurma. Dan kurma merupakan salah satu buah yang tinggi kalium, kalsium, zat besi dan tinggi serat juga," ujarnya dalam video yang diunggah di YouTube Bamol TV, dikutip VIVA, Minggu 10 April 2022.

Menurut Zaidul, hal yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW itu seakan-akan memberikan arahan kepada umatnya untuk mengonsumsi makanan yang asli dan bukan olahan.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

"Pelajaran penting dari kurma yang saya dapatkan adalah kurma itu ada dua arti. Yang pertama Nabi seolah mengajarkan untuk makanlah makanan real food, asli tanpa banyak olahan, maka dapat memberi asupan terbaik untuk tubuh kita," kata dia.

Ilustrasi kurma

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

"Dengan kurma yang sebagai buah, memang dia sangat tinggi dengan kandungan-kandungan nutrisinya. Seperti zat besinya, kaliumnya, kalsiumnya, asam aminonya, protein juga ada di situ," sambung dia.

Sebagaimana Alquran dapat menjadi makanan terbaik untuk jiwa atau hati kita, menurut Zaidul, makanan terbaik untuk raga atau fisik tubuh kita adalah makanan asli seperti kurma.

"Cobalah kita mulai untuk memperbaiki pola makan kita khususnya di bulan Ramadhan ini. Kalau kita mulai disipilin dengan ini semua, otomatis tubuh kita akan terbiasa dengan itu. Dan sebenarnya tubuh kita bisa menyelesaikan masalah tubuhnya sendiri, jika bahan baku yang diasup dalam tubuh kita itu tepat," ungkapnya.

Lebih lanjut, Zaidul menjelaskan, jika kita ingin 'membenarkan perut', maka ada beberapa cara yang harus diterapkan.

Ilustrasi masjid.

Photo :
  • Freepik/wirestock

"Kalau saya mau benerin perut, sumber-sumber makanan yang dapat melemahkan perut itu disetop, itu yang pertama. Lalu yang kedua, kuatkan perut tersebut dengan cara (mengonsumsi) antioksidan, sayuran, serat, termasuk probiotik, kuatkan mereka," terang dia.

Sementara untuk membantu mengobati penyakit, salah satunya batu ginjal, Zaidul menyarankan untuk mengonsumsi beberapa herbal. Apa saja?

"Ada beberapa herbal seperti akar alang-alang, daun pegagan, atau daun keji beling, itu bisa dipakai untuk meluruhkan batu ginjal," pungkas dr. Zaidul Akbar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya