9 Cara Hilangkan Stres, Bicara dengan Diri Sendiri dan Tertawalah

Cara menghilangkan stress
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara menghilangkan stress mungkin banyak dicari, terutama oleh para kaum remaja dan millenial seperti sekarang ini. Pasalnya mereka kerap mengeluhkan rasa stres yang dirasakan baik itu faktor dari dalam diri maupun dari luar. Sehingga banyak dari mereka yang membutuhkan cara menghilangkan stress tersebut. Mengutip dari Healthline, berikut ini sejumlah cara menghilangkan stress yang bisa dilakukan. 

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

1. Mendengarkan musik

Wanita mendengarkan musik.

Photo :
  • U-Report
Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Jika kamu merasa sedang kewalahan oleh situasi yang membuatmu stress, cobalah untuk beristirahat sejenak dan dengarkan musik yang menenangkan. Memutar musik yang tenang memiliki efek positif pada otak dan tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kortisol, hormon yang terkait dengan stres.

Kamu bisa mendengarkan musik-musik klasik untuk menenangkan diri, tapi jika kamu tidak suka musik klasik kamu bisa mendengarkan suara laut atau alam (nature). Karena suara-suara tersebut memiliki efek relaksasi yang mirip dengan musik.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

2. Ceritakan kepada teman

Ilustrasi wanita/pertemanan/sahabat.

Photo :
  • Freepik/halayalex

Saat kamu sedang merasa stres, kamu bisa coba menceritakan segala keluh kesahmu kepada teman. Jika memang tidak bisa menemuinya cobalah untuk menelpon dan mulai membicarakan masalahmu. Perlu diketahui bahwa hubungan yang baik dengan teman dan orang yang dicintai penting untuk kesehatan jiwa dan mentalmu. 

Adanya teman dan orang-orang yang kamu cintai dalam hidup sangat penting ketika kamu berada di bawah banyak tekanan. Kamu bisa mendapatkan kepercayaan dirimu kembali setelah mendengar suara dan dukungan dari mereka, bahkan untuk satu menit saja dapat menempatkan segala masalahmu dan menjadi solusi yang terbaik untuk menghilangkan stress.

3. Bicara dengan diri sendiri

Ilustrasi orang bercermin.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan stres selanjutnya adalah dengan bicara dengan diri sendiri. Terkadang untuk menelepon teman memang tidak bisa menjadi sebuah pilihan. Jika memang itu masalahnya, kamu bisa berbicara kepada diri sendiri dengan tenang. 

Kamu tidak perlu takut terlihat gila, katakan saja pada diri sendiri mengapa kamu bisa merasakan stres, apa yang harus kamu lakukan untuk menyelesaikan tugas yang ada, dan yang terpenting katakan pada dirimu bahwa semuanya akan baik-baik saja.

4. Makan dengan baik

Ilustrasi wanita sedang makan.

Photo :
  • U-Report

Tingkat stres dengan makan cukup berkaitan erat dalam hal ini. Hal itu dikarenakan biasanya ketika kita sedang merasa kewalahan, kita sering lupa untuk makan dengan baik. Selain itu, kita jadi cenderung tidak nafsu makan makanan berat dan lebih memilih makanan ringan yang manis dan berlemak yang tentunya akan semakin memperburuk kesehatan tubuh. 

Meskipun kamu sedang merasa stres, cobalah untuk menghindari camilan manis dan dan pikirkan kesehatan tubuhmu juga. Sebaiknya kamu memakan buah-buahan, sayuran dan ikan dengan kadar asam lemak omega-3 tinggi yang telah terbukti dapat mengurangi gejala stres.

5. Tertawalah

Ilustrasi tertawa bahagia

Photo :
  • U-Report

Kamu juga bisa melepaskan segala rasa stres dengan tertawa. Mengapa tertawa? Karena tertawa diketahui dapat melepaskan endorfin yang meningkatkan suasana hati dan menurunkan kadar hormon dari penyebab stress kortisol dan adrenalin. Tertawa dapat menipu sistem sarafmu untuk membuat kamu menjadi lebih bahagia.

Selain itu, disarankan juga bagi kamu yang mungkin sedang mengalami stress untuk menonton beberapa tontonan yang lucu dan menghibur. Cari topik tontonan yang bertema lucu atau bergenre lucu sehingga kamu dapat merasa jauh lebih terhibur dan rasa stres perlahan akan mulai memudar dari dirimu. 

6. Minum teh

Ilustrasi minum teh.

Photo :
  • U-Report

Saat kamu sedang stres, cobalah untuk meminum teh yang dapat meneangkanmu daripada meminum kopi. Hal itu dikarenakan dosis besar kafein dapat menyebabkan lonjakan jangka pendek pada tekanan darah. Itu juga dapat menyebabkan sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal kamu menjadi overdrive. Jadi kamu bisa meminum teh sebagai cara menghilangkan stres. 

Jadi, alih-alih minum kopi atau minuman energi, sebaiknya kamu meminum teh, terutama teh hijau. Teh hijau memiliki kurang dari setengah kafein kopi dan mengandung antioksidan yang sehat, serta theanine dan asam amino yang memiliki efek dapat menenangkan sistem saraf. Kamu akan jauh lebih tenang dan stresmu akan mereda saat meminumnya. 

7. Berolahraga

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

Photo :
  • Freepik/freepik

Cara menghilangkan stres selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga tidak selalu berarti angkat beban di gym atau latihan untuk marathon. Berjalan-jalan sebentar di sekitar kantor atau hanya berdiri untuk meregangkan tubuh saat istirahat di tempat kerja juga dapat memberikan bantuan langsung dalam situasi stres.

Dengan berolahraga akan membuat darah kamu bergerak melepaskan endorfin dan dapat meningkatkan suasana hati secara instan. Jadi, rasa stres yang kamu rasakan akan memudar perlahan dengan bergerak atau berolahraga dan kamu juga akan merasa lebih tenang. 

8. Tidur dengan baik

Ilustrasi wanita tidur.

Photo :
  • U-Report

Seperti diketahui bahwa stres memang dapat menyebabkan kamu menjadi kurang tidur. Kurang tidur juga ternyata merupakan salah satu penyebab utama munculnya stres. Lingkaran setan ini menyebabkan otak dan tubuh menjadi rusak dan semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Jadi, sebaiknya kamu cukup tidur dan tidur dengan baik agar tidak muncul stres yang lebih parah. 

Pastikan untuk mendapatkan tujuh sampai delapan jam tidur seperti yang telah direkomendasikan oleh dokter. Matikan TV lebih awal, letakkan HP, redupkan lampu dan beri diri kamu waktu untuk beristirahat dan bersantai sebelum tidur. Cara ini mungkin menjadi salah satu cara menghilangkan stress paling efektif yang bisa dilakukan.

9. Mengatur pernapasan

Ilustrasi meditasi/yoga/latihan pernapasan.

Photo :
  • Pexels/andrea piacquadio

Selama ini kita tentu sering mendengar nasihat "tarik napas dalam-dalam" untuk menenangkan rasa stres. Kedengarannya mungkin memang tampak klise, tetapi itu berlaku untuk stres. Selama berabad-abad, para biksu Buddha telah sadar akan pernapasan yang disengaja selama meditasi.

Untuk latihan tiga sampai lima menit yang mudah, duduklah di kursi dengan kaki rata di lantai dan tangan di atas lutut. Tarik napas dan buang perlahan dengan dalam, berkonsentrasilah pada paru-paru saat mereka mengembang penuh di dada. Sementara, pernapasan yang dangkal justru dapat menyebabkan stres, pernapasan mengoksidasi darahmu dapat membantu memusatkan tubuh dan menjernihkan pikiran. 

Itulah penjelasan mengenai cara menghilangkan stres yang dapat dilakukan bagi kamu yang sedang mengalaminya. Kamu bisa memilih cara yang paling efektif untuk dilakukan. Semoga tulisan tentang cara menghilangkan stres ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkannya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya