Makanan Ini Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

Buah
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kolesterol menakutkan kita semua. Kita mencoba untuk mengurangi dan mengelola kadar kolesterol dalam tubuh melalui sejumlah aktivitas dan perubahan gaya hidup. Tapi, kita kebanyakan mengabaikan piring makanan kita.

Ternyata Mr P Bisa Mendelep alias Masuk ke Dalam, Kok Bisa?

Rahasia tingkat kolesterol yang terkontrol dengan baik terletak pada pola makan kita. Makanan yang kita konsumsi, pada akhirnya menentukan ekosistem tubuh bagian dalam kita. Jika hal-hal yang sehat masuk ke dalam, semuanya tetap seimbang; saat kita berlebihan sesuatu itu memengaruhi biologi tubuh.

Kolesterol

Photo :
  • Times of India
Sering Diabaikan, Ini Pentingnya Makanan Berserat

Ketika kita berbicara tentang menurunkan kolesterol, kita kebanyakan membahas menurunkan tingkat lipoprotein densitas rendah (LDL). Jenis kolesterol lainnya adalah: high density lipoprotein (HDL) dan trigliserida.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami jenis makanan yang harus kita konsumsi, agar kita tidak membuat diri kita rentan terhadap komplikasi kesehatan seperti kolesterol tinggi. 

5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari oleh Ibu Menyusui

Oat

kedelai mengandung serat larut yang menurunkan kadar kolesterol jahat atau lipoprotein densitas rendah. Serat larut menghambat penyerapan kolesterol dalam aliran darah. Sesuai penelitian, efek penurun kolesterol oat dianggap terkait dengan -glukan yang dikandungnya.

Kedelai

Kedelai sangat efektif dalam mengelola kadar kolesterol dalam tubuh. "Analisis menunjukkan bahwa efeknya lebih sederhana - mengkonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5% hingga 6%," kata laporan Harvard Health.

Gandum utuh

"Konsumsi diet gandum utuh menurunkan kolesterol LDL dan TC, tetapi tidak kolesterol HDL atau trigliserida, dibandingkan dengan konsumsi diet kontrol non-gandum. Gandum utuh tampaknya menjadi gandum utuh paling efektif untuk menurunkan kolesterol," kata sebuah penelitian. 

Biji-bijian utuh yang lebih tinggi dalam serat larut, atau kental, membantu dalam pengurangan kolesterol total serum dan konsentrasi kolesterol lipoprotein densitas rendah.

Kacang

Kacang-kacangan diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebuah studi dari Kanada menemukan pengurangan 5 persen kolesterol jahat dengan satu porsi kacang-kacangan sehari selama rata-rata enam minggu. Studi ini mengumpulkan data dari 26 uji klinis yang melibatkan 1.037 pria dan wanita yang sebagian besar berusia paruh baya.

Minyak sayur

Minyak sayur

Photo :
  • Times of India

Menggunakan minyak nabati seperti minyak bunga matahari mengurangi risiko kolesterol. Untuk mengurangi risiko, seseorang harus beralih dari lemak lain seperti mentega ke minyak sehat. Konsumsi minyak harus selalu dilakukan dalam jumlah sedang.

?Ikan berlemak

Ikan berlemak adalah sumber terkaya asam lemak esensial Omega 3. Lemak omega 3 menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Ini juga merupakan alternatif yang lebih sehat bagi mereka yang mengonsumsi daging; karena daging mengandung lemak jenuh yang meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Okra

Okra

Photo :
  • Times of India

Sesuai laporan, zat seperti gel tebal yang ditemukan di Okra mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh alih-alih memberinya kesempatan untuk diserap oleh tubuh. 

Sesuai penelitian: "Pemberian bubuk biji okra 250 gm (dosis rendah) dan 500 gram (dosis tinggi) selama 42 hari menghasilkan penurunan yang signifikan (P<0,001) kolesterol LDL serum dan penurunan berat badan pada hiperlipidemia. Saat ini penelitian menegaskan bahwa bubuk biji okra efektif untuk menurunkan lipid."

?Buah

Buah-buahan seperti apel dan anggur baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah-buahan ini kaya akan pektin, yang merupakan jenis serat larut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya