Cara Cepat Hamil, Kalau Bisa Sekarang Kenapa Harus Menunda?

Ilustrasi wanita tes kesuburan.
Sumber :
  • http://infosista.com

VIVA – Cara cepat hamil memang sering dilakukan bagi sepasang kekasih yang merasa sudah siap memiliki momongan. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat berharap cepat hamil? Hamil dengan cepat mungkin menjadi tujuan utama seseorang berumah tangga, tetapi itu tidak pernah menjadi jaminan. 

Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu memulai prosesnya. Jadi, jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara cepat hamil, baca terus untuk semua hal yang harus dan tidak boleh dilakukan. Dimulai dari melacak ovulasi hingga mengubah pola makan Anda, kami membagikan beberapa kiat untuk membantu Anda dalam perjalanan yang mengasyikkan menuju menjadi orang tua.

Suami istri menanti momongan

Photo :
Wanita Hamil Tewas di Ruko Kelapa Gading Dipaksa Aborsi oleh Kekasih Gelapnya

Dalam program cara cepat hamil juga membuat Anda harus menghentikan kebiasaan tidak sehat dan mulai mengonsumsi asam folat sebelum Anda mulai mencoba program cara cepat hamil. 

Sepertinya dengan melakukan hal tersebut bisa membantu mempermudah Anda agar bisa cepat hamil. Cara cepat hamil dilakukan dengan sungguh-sungguh bagi mereka yang merindukan sosok keramaian di rumahnya. Berikut ini terdapat cara cepat hamil yang bisa Anda lakukan dan dihindari. Kira-kira apa saja ya?

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Cara Cepat Hamil

Ilustrasi suami istri.

Photo :
  • U-Report

Berikut ini ada beberapa cara cepat hamil yang bisa Anda ikuti, ini bukan jaminan hanya saja ini usaha ekstra agar keinginan memiliki momongan lebih cepat bisa terwujud. 

Langkah Pertama, Pertahankan Gaya Hidup Sehat

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana meningkatkan peluang Anda untuk hamil dengan cepat, perawatan diri bisa sangat membantu. Bukan rahasia lagi, bahwa tubuh Anda mengalami beberapa perubahan dan tantangan besar selama kehamilan dan persalinan, jadi pastikan untuk memulai perjalanan kehamilan Anda dalam kondisi prima dengan mengambil langkah-langkah penting untuk menjalani gaya hidup sehat. Berikut ini ada beberapa hal yang masuk ke dalam langkah pertama ini, yang perlu Anda lakukan dan lebih baik diikuti.

1. Temui dan Konsultasi ke Dokter

Konsultasi ke dokter.

Photo :
  • U-Report

Jadwalkan pemeriksaan prakonsepsi . Dokter kandungan Anda dapat berbicara dengan Anda tentang kesehatan Anda secara keseluruhan dan menyarankan perubahan gaya hidup yang diperlukan untuk membantu Anda cepat hamil. Pastikan untuk mendiskusikan kondisi yang sudah ada sebelumnya yang mungkin memengaruhi kehamilan Anda dan obat-obatan yang sedang Anda konsumsi. Anda juga dapat menjelajahi riwayat keluarga Anda untuk memutuskan apakah skrining genetik disarankan.

2. Kunjungi dokter gigi Anda

Ilustrasi periksa ke dokter gigi

Photo :
  • Pixabay/pexels

Jangan lupa untuk mengunjungi dokter gigi Anda juga. Penyakit gusi telah dikaitkan dengan berat badan kurang dan bayi prematur. Tidak hanya itu, kehamilan juga terkenal keras pada gigi dan gusi. Dokter gigi Anda dapat memastikan kebersihan mulut Anda dalam keadaan baik sebelum Anda hamil.

3. Berolahragalah

Ilustrasi lelah usai olahraga

Photo :
  • Planetfitness

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk membangun kebiasaan olahraga yang sehat untuk mempersiapkan tubuh Anda menghadapi kehamilan. 

Bahkan berjalan kaki singkat setiap hari sudah cukup untuk meningkatkan detak jantung Anda dan berkontribusi pada kesehatan yang baik. Terlebih lagi, beberapa jenis olahraga dapat membantu Anda mempersiapkan persalinan dan melahirkan dengan lebih mudah! 

Berhati-hatilah untuk tidak berlebihan; penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga ekstrem, terutama berolahraga sampai kelelahan, dapat mengacaukan siklus menstruasi Anda dan menyebabkan masalah kesuburan.

4. Bertujuan untuk berat badan yang sehat

Berat badan

Photo :
  • The Sun

Menurut Mayo Clinic , mencapai berat badan yang sehat sebelum pembuahan dapat membantu menyiapkan Anda untuk sukses, baik meningkatkan peluang Anda untuk cepat hamil dan mengurangi risiko komplikasi tertentu. 

Obesitas dikaitkan dengan ovulasi yang tidak teratur, jadi mungkin perlu waktu lebih lama untuk hamil jika indeks massa tubuh (BMI) Anda 30 atau lebih tinggi.

5. Mulai minum vitamin prenatal

Ilustrasi minum vitamin.

Photo :
  • reporter

Tidak pernah terlalu dini untuk mulai mengonsumsi vitamin prenatal . Di antara nutrisi penting lainnya, mereka mengandung asam folat, yang menurut banyak penelitian sangat penting bagi bayi di setiap tahap perkembangan.

Ditambah ini membantu meningkatkan ovulasi, mendorong pembuahan dan mendukung kelangsungan hidup embrio awal, kata Audrey Gaskins , ScD, seorang instruktur nutrisi dan dietetika di Harvard Medical School. 

Dokter kandungan Anda dapat meresepkan vitamin prenatal atau menawarkan rekomendasi untuk beberapa pilihan obat bebas yang baik. Makanan seperti stroberi, bayam, kacang-kacangan dan jus jeruk juga secara alami tinggi folat .

5. Jangan merokok

Tips berhenti merokok.

Photo :
  • Pixabay

Merokok dapat memengaruhi peluang Anda untuk hamil dengan cepat. Ini terkait dengan risiko keguguran dan kehamilan ektopik yang lebih besar. “Perokok memiliki kadar estrogen yang jauh lebih rendah, yang dapat menurunkan kemungkinan ovulasi dalam siklus menstruasi tertentu dan berpotensi mempengaruhi pemeliharaan kehamilan,” kata Gaskins. Ini adalah kebiasaan yang juga harus dihentikan oleh pasangan Anda—merokok dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sperma mereka.

6. Perhatikan konsumsi kafein Anda

Kafein.

Photo :
  • U-Report

Anda tidak harus benar-benar mengurangi kafein , tetapi tetap konsumsi satu hingga dua cangkir 8 ons sehari. Penelitian ini terbatas dan hasilnya beragam, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan kafein yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesuburan.

7. Kurangi alkohol

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Sementara segelas anggur sesekali tidak akan mempengaruhi kesuburan Anda, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menghindari alkohol sama sekali saat Anda mencoba untuk hamil. Tidak ada jumlah alkohol yang dianggap aman untuk diminum saat hamil , dan karena Anda tidak akan tahu kapan tepatnya Anda hamil, dokter menyarankan untuk melewatkannya sama sekali. Pasangan Anda mungkin ingin membatasi minumnya juga. Penelitian telah menemukan bahwa konsumsi alkohol berat dapat mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma pria.

8. Makan makanan yang sehat

Makanan sehat, daging, ikan dan sayur

Photo :
  • Pixabay/ FotoshopTofs

Anda harus mencoba makan makanan bergizi seimbang yang kaya buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Gaskin menjelaskan bahwa makanan sehat membantu meningkatkan kadar progesteron (hormon kunci dalam mempertahankan kehamilan), mendukung ovulasi dan mendorong implantasi dini—tiga faktor penting dalam pembuahan.

9. Kurangi stres di luar

Ilustrasi stres

Photo :
  • Times of India

Mau tahu cara cepat hamil? Ambil napas dan pelan-pelan. Sementara penelitian dicampur, banyak penelitian telah menemukan hubungan antara stres dan infertilitas. Tentu saja, jika Anda mengalami kesulitan untuk hamil, Anda mungkin merasa lebih gelisah; itu adalah lingkaran setan. Untuk itu, Anda pasti ingin menemukan aktivitas menenangkan yang memberi Anda kegembiraan; cobalah yoga atau meditasi yang lembut , dan pertimbangkan terapi bicara jika Anda bergumul dengan kesehatan mental Anda.

10. Ganti celana dalam ketat pasangan Anda

Ilustrasi menggunakan celana jeans.

Photo :
  • U-Report

Saatnya beralih ke petinju (maaf penggemar warna putih ketat!) dan tukarkan skinny jeans favorit pasangan Anda dengan celana jeans yang tidak terlalu ketat. Pakaian dalam dan celana ketat dapat berdampak negatif pada jumlah dan kualitas sperma pria; sebuah penelitian menemukan bahwa pria yang memakai lebih banyak pilihan pemaaf memiliki konsentrasi dan jumlah sperma yang lebih tinggi daripada mereka yang lebih suka pantat yang tidak banyak berimajinasi.

Langkah Kedua, Berhenti Mengambil Kontrol Kelahiran

ilustrasi Pria dengan Gangguan Kesuburan

Photo :
  • U-Report

Ini mungkin tampak jelas, tetapi jika Anda ingin cepat hamil, Anda harus menghentikan metode kontrasepsi Anda . Tergantung pada bentuk apa yang Anda gunakan, kesuburan tidak serta merta langsung kembali. 

Dengan metode penghalang, seperti kondom, meningkatkan peluang Anda untuk hamil semudah meninggalkannya di laci nakas Anda. Jika IUD non-hormonal Anda dilepas, tubuh Anda akan segera siap untuk hamil. Tetapi bagi wanita yang telah menggunakan kontrasepsi hormonal, terkadang dibutuhkan beberapa minggu bagi tubuh Anda untuk mengatur dan berovulasi.

“Terutama ketika wanita telah menggunakan alat kontrasepsi untuk waktu yang sangat lama, siklus mungkin tidak segera terjadi. Mereka mungkin tidak ada atau sangat tidak teratur selama satu bulan atau lebih,” kata Eric D. Levens , MD, direktur medis di Shady Grove Fertility Clinic. Biasanya dengan pil, “setelah sekitar enam sampai delapan minggu, Anda akan mulai melihat siklus Anda. Jika setelah 8 hingga 10 minggu Anda masih tidak mendapatkan menstruasi, sebaiknya cari bantuan dari dokter untuk mencari tahu apa yang terjadi.”

Langkah Ketiga,  Lacak Ovulasi Anda

Menentukan cara cepat hamil adalah hal sekunder. Pertama, Anda harus mengetahui cara kerja tubuh Anda. Mengetahui kapan Anda akan berovulasi dan, karenanya, kapan Anda paling subur adalah kuncinya. Menentukan waktunya tidak selalu mudah, tetapi untungnya ada beberapa cara untuk melacak ovulasi Anda.

1. Pelajari kapan ovulasi terjadi

Merupakan ide yang baik untuk memahami dasar-dasar cara kerja ovulasi sehingga Anda dapat memantau tubuh Anda untuk tanda dan gejala.  Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa ovulasi selalu terjadi pada hari ke-14 setelah menstruasi Anda dimulai, tetapi itu hanya terjadi jika siklus menstruasi Anda konsisten dan berlangsung selama 28 hari. 

Siklus setiap wanita berbeda. “Siklus rata-rata berkisar antara 24 hingga 35 hari, dan tidak bervariasi lebih dari tiga hingga empat hari pada bulan tertentu,” kata Levens.  Bergantung pada berapa lama siklus Anda, ovulasi sebenarnya dapat terjadi antara 11 hingga 21 hari setelah hari pertama menstruasi terakhir Anda (atau bahkan lebih awal atau lebih lambat, jika Anda memiliki siklus yang sangat pendek atau panjang). 

Tetapi sementara waktu ovulasi tergantung pada siklus unik wanita, semua wanita sehat akan mendapatkan menstruasi 12 hingga 14 hari setelah ovulasi.

2. Gunakan kalkulator ovulasi

Saat Anda memiliki tujuan penting, Anda melacak apa yang perlu Anda lakukan dalam kalender, jadi masuk akal jika Anda merencanakan salah satu proyek terbesar dalam hidup Anda  untuk melakukan hal yang sama. 

Kalkulator ovulasi atau kesuburan dapat membantu Anda mengetahui cara cepat hamil dengan menentukan panjang siklus Anda. Catat saja hari pertama menstruasi Anda, yang merupakan hari pertama siklus menstruasi Anda, selama beberapa bulan. 

Seiring waktu, Anda akan mulai melihat pola kapan menstruasi biasanya dimulai dan kapan kemungkinan Anda akan berovulasi. Kesuburan Anda paling tinggi selama lima hari menjelang ovulasi dan 24 jam setelahnya.

Untuk perhitungan yang cepat dan mudah, masukkan hari terakhir menstruasi Anda dan panjang siklus Anda ke dalam kalkulator ovulasi The Bump, itu akan melakukan beberapa matematika cepat dan menyoroti hari-hari kalender di mana Anda memiliki peluang tertinggi untuk hamil.

3. Kenali gejala ovulasi

Sebuah aplikasi dapat menghitung angka dan memberi Anda kemungkinan, tetapi salah satu cara paling sederhana untuk hamil adalah mendengarkan tubuh Anda dan memperhatikan gejala ovulasi . Anda mungkin hanya memiliki satu atau dua, atau Anda mungkin memiliki beberapa dari tanda-tanda berikut:

• Bercak ringan
• Lendir serviks yang jernih dan melar
• Peningkatan libido
• Sensitivitas dan nyeri payudara
• Peningkatan indra perasa, penglihatan atau penciuman
• Kembung
• Perubahan kekencangan dan posisi serviks (terasa lebih lembut, lebih tinggi dan lebih terbuka)
• Tiba-tiba dan peningkatan berkelanjutan dalam suhu tubuh basal Anda

4. Tingkatkan peluang Anda dengan perangkat ovulasi

Meskipun mengenali gejala ovulasi membantu Anda lebih mengenal siklus Anda, ada kemungkinan bahwa, pada saat Anda menyadarinya, Anda mungkin sudah melewati masa paling subur Anda. Jadi jika Anda mencari cara cepat hamil, tes ovulasi dapat membantu. Alat prediksi yang dijual bebas ini melacak ovulasi Anda dengan mengukur kadar hormon luteinizing (LH), hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitari Anda, dalam urin Anda. Tubuh Anda selalu membuat LH, tetapi membuat lebih dari itu 24 hingga 48 jam sebelum Anda berovulasi.

Mpok Alpa.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Kabar bahagia datang dari komedian sekaligus presenter Nina Carolina atau yang akrab dengan nama Mpok Alpa. Saat ini, Mpok Alpa tengah berbadan dua alias hamil anak ke-3.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024