Ketahui Berapa Banyak Air yang Harus Diminum Setiap Hari Saat Diet

Minum air
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Salah satu diskusi terpenting yang kita miliki seputar penurunan berat badan adalah asupan air. Ahli gizi dan dokter berulang kali berbicara tentang pentingnya air dalam penurunan berat badan dan kesejahteraan secara keseluruhan. 

5 Makanan Tertua di Dunia Usianya Ribuan Tahun, Berani Coba?

Faktanya, jika Anda minum lebih sedikit air daripada yang dibutuhkan tubuh Anda, itu dapat membahayakan tujuan penurunan berat badan Anda. 

Sementara kita mendengar banyak trik minum seperti minum air sebelum makan, minum air segera setelah bangun tidur, dan memastikan Anda tetap terhidrasi sepanjang hari sehingga Anda tidak salah mengira ketiga sebagai kelaparan, semuanya pada akhirnya bermuara pada berapa banyak air yang Anda minum.
 
Dilansir dari Times of India, tahukah Anda bahwa ada metode yang sebenarnya untuk menghitung asupan air Anda? Alih-alih menggeneralisasi 8 gelas air, ini dapat membantu mengetahui berapa banyak yang cukup untuk Anda.

Serangan Jantung Mendadak Mengancam, Kenali Ciri dan Faktor Risikonya!

Berat badan dan jumlah air yang harus Anda miliki

Jumlah air yang harus diminum seseorang tergantung pada berat badannya. Dan bukankah itu lebih masuk akal daripada menempatkan semua orang dalam satu kategori orang yang harus minum air dalam jumlah yang sama? Seseorang dengan berat badan 80 kilogram akan membutuhkan lebih banyak air daripada orang yang beratnya 60 kilogram.

BOB Downhill 2024 Menggali Potensi Sport Tourism di Jawa Tengah

Cara yang tepat untuk menghitung berat air adalah dengan mengalikan berat Anda dengan 2 / 3 atau 67% untuk mengetahui jumlah air. Misalnya, jika berat Anda 60 kilogram, bagi dengan 30 - itu berarti Anda perlu minum 2 liter air setiap hari.

Tingkat aktivitas

Sekarang jika Anda banyak berolahraga, Anda secara alami akan membutuhkan lebih banyak air daripada orang yang menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Tambahkan kira-kira 350 ml untuk setiap 30 menit olahraga atau aktivitas yang dilakukan.

Makanan Anda juga mengandung air

Ilustrasi semangka.

Photo :
  • U-Report

Bukan hanya air yang Anda minum, tetapi tubuh mendapatkan cairan bahkan dari buah-buahan dan sayuran yang Anda makan. Seperti buah-buahan seperti semangka, jeruk, nanas, stroberi memiliki lebih banyak air dan sayuran seperti mentimun, bayam, zucchini adalah sayuran yang kaya air. 

Jadi, jika Anda mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran ini, Anda mungkin dapat mengurangi satu cangkir dari asupan harian Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya