Hati-hati, Berciuman Dapat Sebabkan Masalah pada Mulut

Berciuman
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Seks oral atau penetrasi tanpa kondom dapat menyebabkan berbagai penyakit menular seksual (PMS) yang mungkin mengganggu selama sisa hidup Anda. Namun pernahkah Anda berpikir untuk terkena penyakit mulut saat berciuman?

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Masalah mulut tidak separah PMS. Namun, risikonya selalu ada ketika Anda mencium seseorang yang tidak mengikuti kebersihan mulut yang tepat. Penyakit mulut menular dan seseorang dapat terinfeksi setelah bersentuhan dengan bakteri yang menyebabkannya. 

Para ahli menyarankan bahwa pertukaran air liur dapat mentransfer sekitar 80 juta bakteri dan jika orang lain belum pernah ke dokter gigi selama bertahun-tahun atau mengikuti rutinitas oral yang baik, kemungkinan tertular bakteri jahat lebih tinggi.

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Dikutip dari Times of India, ada beberapa jenis masalah mulut. Tidak semuanya menular. Risiko tertular penyakit mulut lebih tinggi bila kasus penyakit disebabkan oleh bakteri atau virus. Bahkan jika gigi orang lain seputih mutiara, mereka dapat meneruskan masalahnya kepada Anda tanpa sepengetahuan Anda. 

Berikut adalah tiga masalah kesehatan umum yang dapat ditularkan melalui pertukaran air liur saat berciuman dengan pasangan Anda.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Gigi berlubang

Berkumur

Photo :
  • Times of India

Gigi berlubang biasanya disebabkan karena kerusakan gigi, yang disebabkan oleh jenis bakteri khusus yang disebut Streptococcus Mutans yang tidak terkendali selama bertahun-tahun.

Jenis bakteri ini menghasilkan jenis asam khusus, yang perlahan-lahan memecah email gigi yang menyebabkan kerusakan gigi. Apabila tidak dikontrol tepat waktu dapat memengaruhi lebih dari satu gigi pada satu waktu. Bakteri dapat ditransfer dari satu orang ke orang lain melalui air liur.

Gingivitis

Gingivitis disebabkan oleh berbagai spesies bakteri. Setelah terinfeksi oleh bakteri ini, orang tersebut dapat mengembangkan masalah mulut lainnya sepanjang tahun. 

Ketika bakteri bersentuhan dengan gusi seseorang, ia melepaskan racun yang mengiritasi kulit halus gusi, menyebabkan peradangan. Ini akhirnya menyebabkan pendarahan saat menyikat dan juga bisa menjadi penyebab bau mulut.

Penyakit periodontal

Sakit gigi

Photo :
  • Times of India

Penyakit periodontal adalah suatu kondisi di mana kantong nanah mulai terbentuk di bawah garis gusi. Seiring waktu itu meningkatkan peradangan dan mulai memengaruhi jaringan tulang. 

Hal ini membuat akar gigi tanggal dan Anda akhirnya mulai kehilangan gigi Anda. Penyakit periodontal adalah penyebab paling umum dari kehilangan gigi pada orang dewasa. Bagian terburuknya adalah kondisinya tidak dapat diubah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya