Hari Tawa Sedunia: 4 Manfaat Terapi Tertawa untuk Penyembuhan

Tertawa
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA – Pada 1 Mei, Hari Tawa Sedunia diperingati untuk mewujudkan energi dan ekspresi positif. Hal ini juga diamati untuk menjelaskan bagaimana emosi positif dapat membawa perubahan positif pada seseorang. Ini juga membantu dalam meningkatkan kesadaran tentang banyak manfaat kesehatan dari tertawa.

Sering Diabaikan, Ini Pentingnya Makanan Berserat

Baik Anda terkikik pelan di kartun surat kabar atau terkikik keras di sitkom TV, tertawa itu baik untuk Anda. Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa tertawa adalah pereda stres yang sangat baik. Tertawa dalam perut adalah salah satu perasaan terbaik di dunia.

Tertawa memiliki kekuatan untuk menyatukan orang dan membentuk ikatan yang luar biasa. Segala sesuatu mulai dari tawa ringan hingga tawa yang menyakitkan perut dapat mengubah suhu ruangan dari ketidaktahuan yang dingin menjadi pelukan yang hangat.

Penetrasi Asuransi di RI Masih Rendah, MSIG Life Genjot Inovasi Kesehatan dan Digital

Dilansir dari Pinkvilla, berikut  empat manfaat kesehatan yang luar biasa dari terapi tawa yang membantu membawa perubahan positif jangka panjang dan jangka pendek dalam tubuh.

Merangsang organ

Ilmuwan China Ciptakan Pengisi Daya Nirkabel yang Aman untuk Tubuh Manusia

T

erapi tawa meningkatkan asupan oksigen, merangsang otot, paru-paru, dan jantung, dan meningkatkan pelepasan endorfin. Ini juga meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik, yang membantu dalam pencegahan penyakit kardiovaskular.

Mengurangi stres

Saat Anda stres, tubuh Anda memproduksi kortisol. Kortisol mendapat rap buruk karena dikenal sebagai hormon stres, tetapi memainkan peran penting dalam tubuh. Ini mengatur kadar gula darah, mengurangi peradangan, mengatur metabolisme, dan, pada saat-saat penting, mengaktifkan respons melawan atau lari di tubuh Anda. 

Tertawa adalah salah satu cara tubuh Anda dapat membantu mengatur kadar kortisol. Tertawa meningkatkan asupan oksigen, yang merangsang sirkulasi dan menurunkan kadar kortisol.

Meningkatkan kesehatan jantung

Tertawa

Photo :
  • Pinkvilla

Tertawa adalah latihan kardio yang sangat baik, terutama bagi mereka yang tidak dapat melakukan aktivitas fisik lainnya karena cedera atau sakit. Ini meningkatkan detak jantung Anda dan membakar jumlah kalori yang sama per jamnya dengan berjalan lambat hingga sedang. Jadi, tertawalah jalan menuju kesehatan yang baik.

Meningkatkan suasana hati 

Tertawa membuat Anda merasa lebih bahagia, melepaskan endorfin di otak, dan meningkatkan mood Anda. Bahkan tawa yang relatif singkat per hari dapat menurunkan kadar hormon stres. Banyak orang menderita depresi, yang dapat diperparah oleh penyakit kronis. Tertawa dapat membantu mengurangi stres, depresi, dan kecemasan, serta membuat Anda merasa lebih bahagia. Ini juga dapat membantu Anda merasa lebih baik tentang diri sendiri.

Jangan takut untuk mencobanya. Buatlah senyum dengan sudut mulut Anda dan kemudian tertawalah, meskipun itu terasa sedikit dipaksakan. Setelah Anda tertawa, nilailah perasaan Anda. Apakah otot Anda sedikit mengendur? Apakah Anda merasa lebih nyaman atau berenergi? Itulah keajaiban alami dari tawa yang bekerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya