Penyebab Diabetes, Penyakit yang Diidap Mendiang Mieke Wijaya

Mieke Wijaya
Sumber :
  • IG @miekewijaya.z

VIVA – Mendiang Mieke Wijaya meninggal dunia di usia 82 tahun, tepat pada 3 Mei 2022 malam. Sang anak sekaligus artis, Nia Zulkarnaen menyebutkan bahwa Mieke sempat menderita penyakit diabetes melitus sebelum menghembuskan napas terakhirnya.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

"Mama awalnya dari diabetes akhirnya ada cancer. Kami tidak tahu anak-anak, ibu enggak pernah marah," ujar Nia Zulkarnaen, pada awak media, di Jakarta.

Nia melanjutkan bahwa selama menderita penyakit tersebut, sang ibu kerap memendam tanpa memberitahu anak-anaknya. Istri Ari Sihasale itu juga berterimakasih pada tim medis yang merawat mendiang dengan sangat baik selama sebulan di RSPAD.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Aktris Mieke Wijaya

Photo :
  • IG @miekewijaya.z

"Mama sakit diam saja kita semua tidak tahu. Ibu luar biasa baik, tidak menyusahkan orang. Kita sudah berusaha dengan baik, makasih buat dokter RSPAD sudah merawat mama dengan baik,” sambung Nia Zulkarnaen. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Lantas, apa sebenarnya diabetes mellitus? Apa saja pencetus penyakit kronis ini? Berikut rangkumannya dikutip dari Mayo Clinic.

Penjelasan Diabetes

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Diabetes mellitus mengacu pada sekelompok penyakit yang mempengaruhi bagaimana tubuh Anda menggunakan gula darah (glukosa). Glukosa sangat penting untuk kesehatan Anda karena merupakan sumber energi yang penting untuk sel-sel yang membentuk otot dan jaringan Anda. Ini juga merupakan sumber bahan bakar utama otak Anda.

Pemicu Diabetes

Ilustrasi diabetes/gula darah.

Photo :
  • Pixabay/TesaPhotography

Penyebab yang mendasari diabetes bervariasi menurut jenisnya. Tapi, apa pun jenis diabetes yang Anda miliki, itu dapat menyebabkan kelebihan gula dalam darah Anda. Terlalu banyak gula dalam darah Anda dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Kondisi diabetes kronis termasuk diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Kondisi diabetes yang berpotensi reversibel termasuk pradiabetes dan diabetes gestasional. Pradiabetes terjadi ketika kadar gula darah Anda lebih tinggi dari biasanya, tetapi tidak cukup tinggi untuk diklasifikasikan sebagai diabetes.

Dan pradiabetes sering merupakan pendahulu diabetes kecuali tindakan yang tepat diambil untuk mencegah perkembangan. Diabetes gestasional terjadi selama kehamilan tetapi dapat sembuh setelah bayi dilahirkan.

Gejala Diabetes

Ilustrasi pengecekan diabetes.

Photo :
  • Pixabay/TesaPhotography

Gejala diabetes bervariasi tergantung pada seberapa banyak gula darah Anda meningkat. Beberapa orang, terutama mereka yang menderita pradiabetes atau diabetes tipe 2, terkadang tidak mengalami gejala. Pada diabetes tipe 1, gejalanya cenderung datang dengan cepat dan lebih parah.

Beberapa tanda dan gejala diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 adalah:

Rasa haus yang meningkat

Sering buang air kecil

Kelaparan yang ekstrim

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Kehadiran keton dalam urin (keton adalah produk sampingan dari pemecahan otot dan lemak yang terjadi ketika tidak ada cukup insulin yang tersedia)

Kelelahan

Sifat lekas marah

Penglihatan kabur

Luka yang lambat sembuh

Infeksi yang sering terjadi, seperti infeksi gusi atau kulit dan infeksi vagina

Diabetes tipe 1 dapat berkembang pada usia berapa pun, meskipun sering muncul selama masa kanak-kanak atau remaja. Diabetes tipe 2, tipe yang lebih umum, dapat berkembang pada usia berapa pun, meskipun lebih sering terjadi pada orang yang lebih tua dari 40 tahun.

Kapan harus ke dokter?

Ilustrasi dokter/tenaga kesehatan.

Photo :
  • Freepik

Jika Anda mencurigai Anda atau anak Anda mungkin menderita diabetes. Jika Anda melihat kemungkinan gejala diabetes, hubungi dokter Anda. Semakin dini kondisi didiagnosis, semakin cepat pengobatan dapat dimulai. Jika Anda sudah didiagnosis menderita diabetes.

Setelah Anda menerima diagnosis Anda, Anda akan memerlukan tindak lanjut medis yang ketat sampai kadar gula darah Anda stabil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya