4 Jenis Roti untuk Menurunkan Berat Badan dan Penderita Diabetes

Roti
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Orang dengan diabetes mungkin telah diberitahu bahwa roti terlarang bagi mereka. Demikian pula, mereka yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan mungkin merasa harus mengucapkan selamat tinggal pada roti panggang dan sandwich yang lezat itu. 

4 Makanan Terbaik Penghilang Lemak, Ternyata Enak-enak Semua!

Namun, siapa yang masih bisa mengatur diet atau diabetes Anda, dengan memilih roti bergizi ini yang juga akan membantu tujuan penurunan berat badan Anda. Penurunan berat badan adalah tentang memilih makanan yang tepat dan nutrisi yang tepat. Dilansir dari Times of India, berikut ini roti jenis apa saja yang bisa dimakan

Roti gandum utuh

Senjata Ampuh Lawan Penuaan Dini Hingga Diabetes Ditemukan, Ternyata Ada di 5 Makanan Ini

Roti gandum

Photo :
  • Times of India

Roti gandum utuh, juga disebut roti cokelat, terbuat dari gandum dan jauh lebih sehat daripada roti putih dengan tepung halus, yang rendah nutrisi dan dikaitkan dengan obesitas. Roti gandum membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko diabetes tipe 2. 

Aktor Irwan Chandra Nyaris Celaka! Usus Buntu Pecah, Perut Dibedah 15 Jahitan

Ini lebih tinggi serat dan memiliki lebih banyak vitamin dan mineral. Makan roti gandum akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Cari tepung terigu 100% pada label saat membelinya di toko.

Roti gandum dari biji-bijian utuh

Roti ini dibuat dengan biji-bijian utuh, yang meningkatkan nilai gizinya dan menurunkan indeks glikemiknya. Indeks ini mengacu pada seberapa cepat gula darah naik setelah Anda memakannya. Roti gandum utuh termasuk gandum hitam, barley, oat, quinoa, bayam, dan millet.

Roti ini kaya akan vitamin, mineral, serat, dan protein, terutama jika dibandingkan dengan pilihan olahan seperti roti tawar. Roti gandum utuh juga merupakan pilihan paling sehat untuk menurunkan berat badan. Jenis roti ini lebih berserat dan meningkatkan kesehatan usus. Untuk memastikan roti Anda adalah gandum utuh, lihat daftar bahan pada kemasannya.

Roti kecambah

Roti kecambah

Photo :
  • Times of India

Roti kecambah tidak mengandung tepung. Sebaliknya, mereka dibuat dari biji-bijian yang tumbuh, kacang-kacangan, dan biji-bijian dalam air. Selanjutnya, mereka dicampur menjadi adonan dan perlahan-lahan dipanggang menjadi roti. 

Proses ini membantu menurunkan indeks glikemik roti, artinya roti ini mungkin tidak meningkatkan gula darah Anda jika dibandingkan dengan produk biji-bijian konvensional lainnya. Namun, disarankan untuk selalu memperhatikan jumlah porsi yang Anda konsumsi, apakah tujuan Anda adalah menjaga diabetes atau berat badan Anda.

Roti asam

Roti penghuni pertama tradisional dibuat dengan memfermentasi air dan tepung secara perlahan. Proses fermentasi memecah beberapa pati dalam tepung. Proses fermentasi menurunkan indeks glikemik produk roti dan juga menambahkan probiotik alami. 

Makan roti ini akan menambah bakteri baik di usus Anda. Ini juga dapat membantu sistem kekebalan Anda dengan mengurangi risiko peradangan dan alergi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya