Ternyata Ini Manfaat Bawang Merah Selain untuk Bumbu Masak

Bawang Merah
Bawang Merah
Sumber :
  • Pixabay/ Klimkin

VIVA – Bisa dibilang bawang merah merupakan salah satu bahan esensial untuk berbagai masakan. Biasanya bawang merah dijumpai pada sambal, tumisan, atau saus. Tak hanya untuk memperkaya rasa pada makanan, rupanya bawang merah juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Bawang merah mempunyai segelintir kandungan gizi dan mineral seperti protein, vitamin A dan C, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, serta magnesium.

Manfaat bawang merah untuk tubuh

Dengan mengonsumsi bawang merah, tubuh akan mendapatkan banyak manfaat dan bisa menjadi lebih sehat. Berikut khasiat bawang merah yang dihimpun VIVA dari berbagai sumber.

  1. Menangkal radikal bebas

Sistem imun tubuh.

Sistem imun tubuh.

Photo :
  • U-Report

Kandungan polifenol dalam rempah ini bekerja sebagai antioksidan yang melindungi diri dari radikal bebas. Jika dikonsumsi secara rutin, tubuh yang terhindar dari radikal bebas akan memiliki daya tahan tubuh kebal. Selain itu, menurut hasil penelitian antioksidan pada bawang merah berpotensi menghambat penyakit bersifat degeneratif seperti penyakit jantung, alzheimer, dan osteoporosis.

  1. Baik untuk jantung

Makanan pencegah penyakit jantung

Makanan pencegah penyakit jantung

Photo :
  • U-Report

Tak hanya kandungan antioksidan yang baik untuk jantung, sulfur pada bawang merah juga berpengaruh bagi kesehatan jantung. Kandungan sulfur dapat menurunkan tekanan darah yang baik buat jantung. 

  1. Menurunkan risiko kanker

Ilustrasi kanker.

Ilustrasi kanker.

Photo :
  • Times of India

Terdapat zat kuersetin pada bawang merah yang berperan sebagai zat anti-kanker. Zat ini dapat menghambat sel kanker pada payudara, usus besar, paru-paru, prostat, serta endometrium.

  1. Mencegah jerawat

Ilustrasi jerawat.

Ilustrasi jerawat.

Photo :
  • U-Report

Bawang merah dianggap mampu meredakan jerawat yang meradang dengan cepat. Keadaan ini disebabkan adanya antiseptik pada bawang merah dapat membunuh bakteri, virus, serta jamur yang menyebabkan infeksi saat berjerawat.

  1. Mengendalikan gula darah

Bawang Merah

Bawang Merah

Photo :
  • Pixabay/ Marco Costanzi

Dalam bawang merah terdapat kandungan kromium yang berpotensi membantu mengatur gula darah. Sulfur juga turut membantu menurunkan kadar gula dengan cara memicu produksi insulin. 

  1. Menangkis obesitas

Obesitas - Ilustrasi foto oleh mohamed_hassan on pixabay.com

Obesitas - Ilustrasi foto oleh mohamed_hassan on pixabay.com

Photo :
  • vstory

Bawang merah mempunyai ekstrak etil asetat yang mampu menekan penumpukan lemak yang menyebabkan obesitas. Antioksidan pada bawang merah pun dapat meningkatkan metabolisme sehingga berat badan lebih cepat turun dan kondisi tubuh terbilang stabil.

  1. Meningkatkan kesehatan mata

Ilustrasi kacamata.

Ilustrasi kacamata.

Photo :
  • Freepik/katemangostar

Seperti yang sudah disebutkan, bawang merah mengandung vitamin A. kandungan ini dikenal dapat mencegah sejumlah gangguan penglihatan. 

  1. Memperlancar sistem pencernaan

Ilustrasi sistem pencernaan

Ilustrasi sistem pencernaan

Photo :
  • Pixabay

Adanya serat dalam bawang merah membantu untuk memperlancar proses pencernaan. Ketika proses pencernaan lancar maka buang air akan jadi teratur. Bawang merah juga mengandung serat larut khusus bernama oligofruktosa yang berfungsi untuk mendorong tumbuhnya bakteri baik di usus. Serat ini pun dapat membantu pencernaan untuk mencegah dan mengobati diare

  1. Membuat kulit terlihat lebih glowing

Ilustrasi Kulit Sehat

Ilustrasi Kulit Sehat

Photo :
  • MS Glow

Tak hanya bermanfaat untuk organ tubuh, bawang merah pun juga berkhasiat untuk kesehatan kulit. Kondisi ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin A, C, dan E yang dapat menjadikan kulit terlihat lebih bercahaya alias glowing.

  1. Mempercepat pertumbuhan rambut

ilustrasi rambut sehat

ilustrasi rambut sehat

Photo :
  • pixabay

Kandungan sulfur pada bawang merah memang bersifat multifungsi. Selain baik  untuk organ, sulfur juga dapat meningkatkan jumlah kolagen sehingga memicu pertumbuhan rambut.