Diet DASH Ampuh Turunkan Hipertensi, Ini yang Harus Dikonsumsi

Ilustrasi hipertensi.
Sumber :
  • Pixabay/rawpixel

VIVA – Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah yang dapat berdampak pada tubuh dan bisa menyebabkan serangan jantung hingga stroke. Meskipun faktanya, bisa bersifat genetik. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Sering disebut sebagai silent killer, hipertensi merusak pembuluh darah dan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Namun jangan khawatir, Anda bisa menurunkan tekanan darah dengan syarat tetap mematuhi pedoman diet ketat, untuk mengurangi risikonya. 

Perubahan gaya hidup memainkan peran penting dalam mengurangi tingkat tekanan darah tinggi, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Semua pasien hipertensi, terutama yang mengonsumsi obat tekanan darah, harus mengonsumsi makanan bergizi dan menyehatkan jantung. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Menjalani diet sehat sangat penting untuk menurunkan hipertensi dan mempertahankan tingkat yang tepat. Penelitian telah menunjukkan, mengonsumsi makanan tertentu terutama yang tinggi nutrisi penting, seperti potasium dan magnesium, mampu menurunkan tekanan darah. 

Ilustrasi diet.

Photo :
  • U-Report
Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Salah satu diet yang dapat membantu mengelola hipertensi adalah diet DASH. Berikut beberapa makanan dan minuman dalam menu diet DASH, dilansir The HealthSite, Jumat 20 Mei 2022. 

Sayuran
Diet DASH direkomendasikan untuk orang yang menderita hipertensi. Sayuran menjadi bagian penting dari diet ini karena wajib dikonsumsi oleh pasien hipertensi. Sayuran diketahui tinggi nutrisi dan tidak mengandum natrium, yang merupakan faktor umum yang dapat meningkatkan tekanan darah serta berkontribusi pada sirkulasi darah yang tidak sehat. 

Buah
Diet DASH adalah diet sederhana namun efektif yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali. Diet ini merekomendasikan untuk konsumsi buah yang kaya potasium seperti pisang, beri dan alpukat. Tapi, jangan berlebihan dan konsumsi sebelum jam 7 malam untuk hasil terbaik. 

Gandum utuh
Biji-bijian kaya akan serat yang sangat bagus untuk orang dengan kolesterol tinggi dan hipertensi. Makanan ini juga dapat membantu mengelola kadar gula darah. 

Susu rendah lemak
Kalsium adalah nutrisi lain yang dapat membantu meningkatkan hipertensi dan sirkulasi darah, demikian menurut aturan diet DASH. Produk susu rendah lemak adalah pilihan yang baik jika Anda ingin memmasukkan sumber kalsium yang baik dalam diet Anda. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya