Makan 1 Buah Ini Setiap Hari, Turunkan Hipertensi dan Penyakit Jantung

Ilustrasi hipertensi.
Ilustrasi hipertensi.
Sumber :
  • Pixabay/frolicsomepl

VIVA – Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi kesehatan kronis yang ditandai dengan kekuatan darah jangka panjang terhadap dinding arteri Anda yang cukup tinggi, sehingga pada akhirnya menyebabkan masalah kesehatan, seperi penyakit jantung

Untungnya, ada satu buah yang sangat berkhasiat karena dapat membantu menurunkan tekanan darah. Buah satu ini dapat secara efektif mengurangi tingkat tekanan darah seseorang. Tidak hanya itu, buah ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Lalu, buah apa yang dimaksud? 

Dilansir The HealthSite, Selasa 24 Mei 2022, buah yang dimaksud adalah blueberry. Buah kecil berwarna biru ini telah terbukti bermanfaat dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskular pada wanita pasca menopause, yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

Lalu, berapa banyak blueberry yang harus dikonsumsi setiap hari untuk mencegah hipertensi? 

Buah blueberry.

Buah blueberry.

Photo :
  • Pixabay/Azzurrodesign

Menurut para peneliti, konsumsi 22 gram bubuk blueberry highbush kering beku (setara dengan sekitar 1 cangkir blueberry segar), dicampur dengan air, diminum setiap hari selama 12 minggu, mampu meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah atau endotel dan membantu seseorang dalam menurunkan tekanan darah tinggi. 

"Kami menemukan peningkatan fungsi endotel yang penting bagi kesehatan manusia, karena disfungsi endotel terkait dengan perkembangan penyakit kardiovaskular aterosklerotik," kata Sarah Ardanuy Johnson, dari Colorado State University di AS.