Kabar Baik, Makan Durian Ampuh Atasi Insomnia dan Infeksi

Ilustrasi menguap/insomnia.
Ilustrasi menguap/insomnia.
Sumber :
  • Freepik/yanalya

VIVA – Insomnia menjadi permasalahan yang dapat mengintai siapa saja, tak terkecuali kaum urban dengan produktivitas tinggi dan aktivitas padat. Tak sedikit yang mencoba berbagai cara untuk mengatasi insomnia, yang sebenarnya bisa dilakukan dengan sederhana melalui konsumsi durian, lho!

Durian, salah satu jenis buah yang kerap dijumpai di beberapa kota tertentu di Tanah Air dengan bentuk dan aroma yang khas. Ketika melewati suatu tempat penjualan durian, hidung kita pasti akan segera mengenalinya lantaran baunya yang cukup kuat.

Di balik baunya yang menyengat itu, rupanya ada banyak manfaat saat mengonsumsi buah durian. Termasuk untuk atasi insomnia yang kerap menganggu kualitas tidur masyarakat. Di dalam durian ada zat yang membantu tubuh merasa lebih relaks, apa itu?

"Durian mengandung triptofan dan magnesium bantu lebih relaks sehingga dapat atasi insomnia," ujar Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Putrisakti Dwi Permanasari M.Gizi, SpGK, AIFO-K, dalam acara Hidup Sehat tvOne, Senin 6 Juni 2022.

Insomnia.

Insomnia.

Photo :
  • U-Report

Tak hanya itu, durian yang dikonsumsi juga bermanfaat dalam pembentukkan sel darah merah. Kita tahu, dengan baiknya produksi sel darah merah maka peredaran darah akan lebih lancar dan membantu tubuh merasa lebih bugar.

"Zat besi dan asam folat di durian ini penting untuk pembentukan sel darah merah. Dua zat itu juga bisa mencegah kolesterol. Kalau yang demam berdarah, bisa ambil manfaat vitamin c untuk pembentukan kolagen," bebernya.