Bisa Bikin Bergairah, Cupang Ternyata Juga Picu Stroke Hingga Kematian

Ilustrasi bercinta/pasangan.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA Lifestyle – Cupang menjadi aktivitas seksual yang kerap dilakukan pasangan selain berciuman. Cupang atau hickey merupakan salah satu jenis ciuman yang dilakukan dengan cara menghisap dan menggigit leher maupun bagian tubuh lainnya dari pasangan.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Biasanya, cupang akan meninggalkan bekas warna merah hingga keunguan di area ciuman. Aktivitas ini sering dilakukan untuk membakar gairah di antara pasangan. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang membuat leher Anda menjadi merah dan ungu setelah pasangan Anda memberikan ciuman cupang?

Melansir laman Your Tango, ketika mulut Anda menempel pada kulit cukup keras dan menyebabkan cukup hisapan, pembuluh darah super kecil yang disebut kapiler tepat di bawah permukaan kulit Anda bisa pecah. Pecahnya pembuluh darah ini kemudian menyebabkan darah dari kapiler bocor ke daerah sekitarnya. Itulah yang menyebabkan leher Anda terlihat seperti memar.

Dokter Boyke Ungkap Fetish Seks dengan Mayat hingga Penyebabnya

Namun Anda perlu hati-hati, meski menggairahkan, cupang bisa membahayakan diri Anda sendiri. Sebab percaya atau tidak, ada kasus di mana cupang menyebabkan pembekuan darah dan stroke yang serius pada manusia. Ketika kapiler pecah ke daerah sekitarnya, sel-sel darah bisa berakhir menjejalkan pembuluh darah di dekatnya, yang pada akhirnya menyebabkan pembekuan. Dalam kasus yang sangat jarang, ini dapat menyebabkan masalah serius seperti stroke.

Ilustrasi pasangan.

Photo :
  • Freepik/lookstudio
Dokter Boyke Ungkap Ada Fetish Nyleneh, Terangsang Jika Cium Popok Bayi

Bahkan, ada kasus mengerikan yang menyebabkan seorang anak berusia 17 tahun yang meninggal akibat mendapat cupang dari kekasihnya. Anak laki-laki itu meninggal karena gumpalan darah yang mengalir ke otaknya.

Meski demikian, menurut salah satu ahli bedah plastik terkemuka di New York City, dr. Steinbrech, kemungkinan seseorang meninggal karena cupang sangat kecil.

“Pembekuan darah harus dihindari bila memungkinkan. Setiap gumpalan darah berpotensi mematikan. Namun, kemungkinan kematian akibat bekuan darah karena cupang sangat, sangat rendah,” kata dia.

Namun, cupang juga bisa meningkatkan risiko penyakit lainnya. Misalnya, herpes oral dapat menyebar melalui cupang jika cukup banyak pembuluh darah pecah dan bersentuhan dengan virus herpes simpleks. Herpes oral tidak sama dengan herpes genital, tetapi tetap bukan sesuatu yang ingin membuat Anda tertular jika dapat menghindarinya.

Meskipun persentase yang sangat besar dari orang dewasa akan mendapatkan herpes oral, orang yang tidak memilikinya harus berhati-hati untuk menghindarinya jika memungkinkan. Masalah paling umum yang akan Anda alami jika Anda mendapatkan cupang adalah jaringan parut dan perubahan warna permanen.

Saat pembuluh darah pecah, Anda menghadapi cedera. Tidak mengherankan, cedera pada cupang cenderung cukup dangkal. Jaringan parut terjadi ketika luka Anda tidak sepenuhnya sembuh sebaik mungkin. Kulit menjadi sedikit lebih keras, dan akibatnya sedikit berubah warna.

ilustrasi hubungan seksual

Photo :
  • Times of India

Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa tingkat keparahan cupang penting dalam hal kemungkinan jaringan parut. Sebagian besar gigitan cinta ringan tidak akan menyebabkan jaringan parut, terutama jika ringan.

Kasus Nyata

Di sisi lain, mengutip laman Web MD, ciuman cupang juga bisa menyebabkan cedera serius hingga stroke. Hal ini terjadi pada seorang wanita asal Selandia Baru, di mana dia mendapatkan cupang dan mengalami kelumpuhan sebagian. Saat dibawa ke IGD, dokter di sana menemukan gumpalan darah di otak mereka dan merawatnya karena stroke. Dan seorang wanita berusia 35 tahun di Denmark menjadi lemah di sisi kanan mereka karena stroke 12 jam setelah mereka terkena cupang.

Bagaimana cupang bisa menyebabkan stroke? Dibutuhkan serangkaian keadaan yang sangat tidak biasa. Pembuluh darah utama yang disebut arteri karotis mengalir di kedua sisi leher. Arteri ini memasok darah ke otak, wajah, dan leher. Secara teori, memberi banyak tekanan pada arteri karotis dapat menyebabkan gumpalan terbentuk atau melepaskan gumpalan yang sudah ada.

Rangkaian acara ini sangat tidak mungkin. Para wanita di Selandia Baru dan Denmark bisa memiliki masalah arteri sebelumnya yang menempatkan mereka pada risiko yang lebih besar untuk stroke.

Agar aman, cobalah untuk tidak memberi atau menerima cupang yang dekat dengan arteri karotis. Itu adalah area di bagian atas leher Anda, tepat di samping dagu Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya