Studi: Menambahkan Garam Ekstra ke Makanan Sebabkan Kematian Dini

Garam
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Garam memainkan peran penting dalam meningkatkan rasa makanan. Tidak peduli seberapa baik Anda membumbui masakan Anda, tanpa garam, rasanya cenderung hambar dan membosankan. Karena itu, tidak ada salahnya membumbui makanan Anda saat dimasak di atas kompor.

5 Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Maag

Namun, jika Anda adalah seseorang yang menambahkan garam ekstra ke makanan yang siap disantap, Anda mungkin memiliki risiko kematian dini yang lebih tinggi, klaim sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 500.000 orang Inggris paruh baya.

Tentang studi

4 Makanan Terbaik Penghilang Lemak, Ternyata Enak-enak Semua!

Garam

Photo :
  • pixabay

Dilansir dari Times of India, penelitian yang diterbitkan pada 11 Juli di European Heart Journal melihat data dari 501.379 peserta dalam proyek Biobank Inggris, yang telah bergabung dalam penelitian antara tahun 2006 dan 2010 dan diikuti selama sekitar sembilan tahun.

Merasakan Kemewahan Kuliner Prancis di Batam, Perpaduan Citra dan Rasa yang Menggoda

Peserta penelitian ditanya melalui kuesioner layar sentuh apakah mereka menambahkan garam ke makanan mereka dan jika mereka melakukannya, seberapa sering mereka melakukannya. Pilihannya meliputi: i) Saya tidak pernah/jarang, ii) kadang-kadang, iii) umumnya, iv) selalu, atau v) memilih untuk tidak menjawab.

Studi ini tidak memasukkan orang-orang yang menjawab 'memilih untuk tidak menjawab.' Dibandingkan dengan orang yang tidak pernah atau jarang menambahkan garam, mereka yang sering menambahkan garam memiliki 28% peningkatan risiko kematian dini.

Pemimpin studi Profesor Lu Qi, dari Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine, New Orleans, AS, mengatakan: "Sepengetahuan saya, penelitian kami adalah yang pertama menilai hubungan antara menambahkan garam ke makanan dan kematian dini."

“Ini memberikan bukti baru untuk mendukung rekomendasi untuk memodifikasi perilaku makan untuk meningkatkan kesehatan. Bahkan pengurangan sederhana dalam asupan natrium, dengan menambahkan lebih sedikit atau tanpa garam pada makanan di meja, kemungkinan akan menghasilkan manfaat kesehatan yang substansial, terutama bila dicapai pada populasi umum," tambahnya.

Selanjutnya, penulis penelitian juga menjelaskan bagaimana menambahkan garam ke makanan di meja adalah perilaku makan umum yang menunjukkan preferensi jangka panjang seseorang untuk makanan yang terasa asin.

Bagaimana menambahkan garam ke makanan dapat memengaruhi harapan hidup pada pria vs wanita. Sementara rata-rata, mereka yang menambahkan garam ekstra ke makanan mereka memiliki 28% peningkatan risiko kematian dini, untuk pria berusia 50 tahun, yang menambahkan garam ke makanan, sekitar 2,28 tahun dipangkas dari hidup mereka. Untuk wanita, itu adalah 1,5 tahun.

Faktor risiko lain termasuk usia, jenis kelamin, etnis, kekurangan, indeks massa tubuh, merokok, asupan alkohol, aktivitas fisik, diet dan kondisi medis seperti diabetes, kanker dan penyakit jantung.

Studi ini merekomendasikan makan buah dan sayuran

sayur dan buah

Photo :
  • Pixabay/ carlosfs05

Temuan penelitian ini mengejutkan banyak orang yang suka membumbui makanan mereka dengan sedikit garam tambahan. Hampir 18.500 kematian dini, yaitu kematian sebelum usia 75 tahun, tercatat setelah data dikumpulkan antara tahun 2006 dan 2010.

Namun selain itu, peneliti studi juga menemukan bahwa risikonya sedikit berkurang pada orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran, meskipun hasil ini tidak signifikan secara statistik.

“Kami tidak terkejut dengan temuan ini karena buah dan sayuran merupakan sumber utama potasium, yang memiliki efek perlindungan dan dikaitkan dengan risiko kematian dini yang lebih rendah,” kata Prof. Qi.

Bahaya makan terlalu banyak garam

Tekanan darah/hipertensi

Photo :
  • Times of India

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), konsumsi natrium yang tinggi (>2 gram/hari, setara dengan 5 gram garam/hari) dan asupan kalium yang tidak mencukupi (kurang dari 3,5 gram/hari) berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Konon, asupan garam kurang dari 5 gram per hari untuk orang dewasa membantu mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit kardiovaskular, stroke, dan serangan jantung koroner, saran badan kesehatan global.

Bagaimana garam meningkatkan tekanan darah

Makan terlalu banyak garam dapat menyebabkan tubuh Anda menahan air ekstra untuk mencuci garam dari tubuh Anda. Pada beberapa orang, ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membuat pembuluh darah menjadi kaku dan menyempit, membatasi aliran darah dan oksigen ke organ-organ penting. Ini selanjutnya membuat jantung tegang, sehingga menimbulkan banyak penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung.

Tanda terlalu banyak makan garam

Perut kembung.

Photo :
  • U-Report

Ada banyak cara untuk mengetahui apakah Anda mengonsumsi terlalu banyak garam. Beberapa tandanya antara lain:

- Kembung

- Pembengkakan

- Tekanan darah meningkat

- Sering haus dan buang air kecil

- Tidur terganggu

- Lemah

- Masalah gastrointestinal

Cara mengurangi asupan garam

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) merekomendasikan belanja makanan dengan kandungan garam lebih rendah.

"Bandingkan label nutrisi pada kemasan makanan saat membeli barang sehari-hari. Anda benar-benar dapat mengurangi asupan garam dengan memeriksa label dan memilih pizza, saus tomat, atau sereal sarapan yang lebih rendah garam. Coba pilih 1 makanan seminggu untuk diperiksa dan ditukar saat Anda ' belanja makanan lagi," saran badan kesehatan itu.

Selanjutnya, mereka merekomendasikan makan makanan ringan yang lebih sehat, memilih buah atau sayuran seperti wortel atau batang seledri.

"Jika Anda akan memiliki keripik atau kerupuk, periksa labelnya dan pilih yang lebih rendah garam. Jangan lupa untuk memeriksa kandungan lemak dan gulanya juga," kata mereka.

Yang terpenting, memasak dengan sedikit garam sangat penting. Anda juga dapat menggunakan alternatif seperti lada hitam, bumbu dan rempah-rempah untuk membumbui makanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya