5 Alasan Mengapa Gula Buruk Buat Kesehatan

rasberry, gula pasir, gula putih
Sumber :
  • Pixabay/ Myriams-Fotos

VIVA Lifestyle –Ada banyak produk makanan sehat seperti produk susu, sayuran dan buah secara alami mengandung gula. Gula sendiri memberikan rasa yang lebih manis pada makanan tersebut. Namun, ternyata gula buruk bagi kesehatan jika ditelaah lebih dalam.

Miris! Angka Stunting Cuma Turun 0,1 Persen, Padahal Sudah Keluar Puluhan Triliun

Biasanya produsen cenderung menambahkan gula tambahan lagi ke makanan dan beberapa minuman. Gula tambahan atau gula bebas inilah yang dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Tidak seperti makanan dan minuman yang secara alami mengandung gula, gula tambahan tidak memberikan nilai gizi. Bahkan malah menjadi sumber energi yang buruk, karena tubuh mencerna gula tambahan dengan sangat cepat. Sehingga jika kamu terlalu banyak mengonsumsinya, dapat menyebabkan masalah kesehatan dari waktu ke waktu. Mengutip dari Medical News Today, berikut ini alasan gula buruk bagi kesehatan. 

Cuaca Panas di Thailand Kian Mengkhawatirkan, Tewaskan 61 Orang Sepanjang 2024

1. Kurangnya nilai gizi

Ilustrasi kelelahan.

Photo :
  • U-Report
Menguak Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Alasan gula buruk bagi kesehatan yang pertama adalah karena gula tambahan yang ada di dalam makanan dan minuman secara signifikan meningkatkan kandungan kalori tanpa menambahkan manfaat nutrisi apa pun. Tubuh biasanya mencerna makanan dan minuman ini dengan cepat yang berarti bukan sumber energi yang baik.

Berbeda dengan produk yang secara alami mengandung gula. Misalnya, buah-buahan dan produk susu mengandung gula alami. Tubuh mencerna makanan ini pada tingkat yang lebih lambat, menjadikannya sumber energi yang bertahan lama.

Mengonsumsi kalori kosong merusak manfaat kesehatan dari mengonsumsi makanan dan minuman lain yang memang memiliki nilai gizi. Ini juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan, di mana defisit nutrisi dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang lebih lanjut.

2. Membuat berat badan bertambah

Berat badan

Photo :
  • The Sun

Selanjutnya, alasan gula buruk bagi kesehatan adalah karena dapat membuat berat badan jadi bertambah, apabila mengonsumsi gula berlebih secara signifikan. 

Seperti yang diketahui bahwa makanan dan minuman manis mengandung kalori tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak produk ini akan menyebabkan penambahan berat badan, meskipun dengan olahraga teratur. 

Karena tubuh biasanya mencerna produk yang mengandung gula tambahan lebih cepat, mereka tidak mengimbangi rasa lapar untuk waktu yang lama. Sehingga menyebabkan makan lebih teratur sepanjang hari dan asupan kalori yang lebih besar secara keseluruhan.

Gula tidak menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas dengan sendirinya. Tetapi gula adalah salah satu dari beberapa penyebabnya. Kelebihan berat badan atau obesitas adalah hasil dari interaksi kompleks antara diet, aktivitas fisik, genetika dan faktor sosial dan lingkungan.

3. Berisiko terkena diabetes

makanan untuk penderita diabetes

Photo :
  • U-Report

Perlu diketahui bahwa gula sebenarnya tidak menyebabkan diabetes. Karena diet tinggi kalori dalam bentuk apapun dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Namun, dalam kebanyakan kasus, kelebihan gula dan tinggi kalori dapat meningkatkan risiko diabetes.

Kuncinya adalah minuman manis yang sangat bermasalah. Dalam sebuah meta-analisis data dari 310.819 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi minuman manis memiliki risiko 26 persen lebih besar terkena diabetes tipe 2.

4. Menyebabkan gigi berlubang

Ilustrasi gigi berlubang

Photo :
  • teruniknews.blogspot.co.id

Alasan gula buruk bagi kesehatan lainnya adalah karena bisa menyebabkan gigi berlubang. Setelah mengonsumsi gula, bakteri di mulut membentuk lapisan tipis plak di atas gigi. Bakteri ini lah yang bereaksi dengan gula pada makanan dan minuman. Sehingga reaksi ini memicu pelepasan asam yang merusak gigi.

Ada kemungkinan bagi tubuh untuk memperbaiki beberapa kerusakan ini sendiri. Namun, seiring waktu, gula akan menyebabkan kerusakan permanen apabila sering mengonsumsinya. 

5. Menyebabkan penyakit jantung

Ilustrasi penyakit jantung.

Photo :
  • U-Report

Terakhir, alasan gula buruk bagi kesehatan adalah karena meningkatkan risiko penyakit jantung. Hasil penelitian selama 15 tahun menunjukkan bahwa orang yang banyak mengonsumsi gula tambahan dalam makanan secara signifikan lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung.

Penelitian pun menyarankan bahwa minuman manis mungkin sangat bermasalah untuk meningkatkan risiko penyakit jantung. Asosiasi ini mungkin karena minuman manis tidak mempengaruhi rasa lapar dan memberikan jumlah energi yang tidak mencukupi.

Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami hubungan antara gula dan penyakit jantung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya