Rasakan Dua Jenis Sakit Ini di Lengan, Hati-hati Kolesterol Tinggi

Kolesterol
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Ada beberapa indikator penyakit kardiovaskular, di mana kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama.Peningkatan kadar kolesterol meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Selanjutnya, sepertiga dari penyakit jantung iskemik disebabkan oleh kolesterol tinggi di seluruh dunia, kata badan kesehatan dunia (WHO), dikutip dari Times of India.

Apa yang membuat kolesterol tinggi lebih memprihatinkan adalah kenyataan bahwa paling sering, kolesterol tinggi tidak muncul dengan sendirinya melalui gejala atau penampilan fisik seseorang, oleh karena itu disebut juga sebagai 'pembunuh diam-diam.'

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Apa yang dimaksud dengan kolesterol tinggi?

Ilustrasi Kolesterol

Photo :
  • U-Report
5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Kolesterol adalah zat lilin yang ada dalam darah Anda. Meskipun telah mendapatkan reputasi buruk, itu adalah sesuatu yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membuat sel-sel sehat, kata Mayo Clinic.

Namun, kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah Anda, yang saat mereka tumbuh, menyulitkan darah untuk mengalir melalui arteri Anda.

Kadang-kadang, endapan ini bahkan dapat pecah, menyebabkan pembentukan gumpalan dan dengan demikian serangan jantung atau stroke.

Meskipun tidak ada tanda pasti untuk menunjukkan kadar kolesterol tinggi, para ahli percaya ada sensasi yang dapat mengindikasikan penyakit tersebut. Dua jenis rasa sakit yang perlu diperhatikan, saat menggunakan lengan Anda

Penting bagi kita untuk menjaga tingkat kolesterol yang seimbang dalam tubuh, karena dapat menyebabkan penumpukan lemak di arteri, yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke lengan dan kaki. Kondisi ini juga disebut penyakit arteri perifer (PAD), yang menyebabkan nyeri akut.

Oleh karena itu, Mayo Clinic mengungkapkan bahwa rasa sakit, saat menggunakan lengan, bisa menjadi tanda peningkatan kolesterol.

Jika tidak diobati, rasa sakit bisa berupa sakit dan kram saat merajut, menulis atau melakukan tugas manual lainnya, sesuai dengan kesehatan tubuh. Seluruh proses nyeri mulai dari awal gerakan hingga posisi istirahat disebut juga dengan klaudikasio.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris mengatakan bahwa rasa sakitnya dapat berkisar dari ringan hingga parah, dan biasanya hilang setelah beberapa menit ketika Anda mengistirahatkan kaki Anda."

"Kedua kaki sering terkena pada saat yang sama, meskipun rasa sakitnya mungkin lebih buruk di satu kaki," tambahnya.

Tanda umum lainnya yang perlu diperhatikan

Selain sensasi nyeri di lengan, berikut adalah beberapa tanda umum PAD lainnya:

- Mati rasa atau kelemahan pada kaki
- Rambut rontok di kaki Anda
- Kuku kaki rapuh dan tumbuh lambat
- Bisul (luka terbuka) di kaki dan kaki Anda, yang tidak sembuh-sembuh
- Perubahan warna kulit pada kaki, seperti pucat atau biru
- Pada pria, disfungsi ereksi.

Ilustrasi pria dengan disfungsi ereksi

Photo :
  • inmagine

Bagi yang ingin memeriksakan diri untuk kolesterol yang meningkat, bisa mendapatkan tes darah, juga disebut panel lipid atau profil lipid, yang melaporkan kolesterol total, kolesterol LDL dan HDL dan Trigliserida - sejenis lemak dalam darah.

Menurut Mayo Clinic, umumnya Anda diharuskan berpuasa, tidak mengonsumsi makanan atau cairan selain air, selama sembilan hingga 12 jam sebelum tes. Namun, tes kolesterol tertentu tidak mengharuskan puasa, jadi konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Kebiasaan gaya hidup untuk diadopsi

Ilustrasi jogging.

Photo :
  • U-Report

Dari diet, olahraga hingga pemeriksaan rutin, banyak hal yang dapat mengurangi risiko kolesterol tinggi dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Peran gaya hidup sangat penting dalam upaya mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung. Yang mengatakan beberapa perubahan gaya hidup yang harus Anda bawa dalam hidup Anda adalah sebagai berikut:

- Makanlah makanan yang sehat untuk jantung dan bebas minyak. Pilih lemak sehat seperti kacang-kacangan dan alpukat.

- Berolahraga secara teratur, bahkan jika itu berarti berjalan-jalan setiap hari

- Merokok cepat dan batasi asupan alkohol

- Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, bertujuan untuk mendapatkan bentuk yang lebih sehat.

- Hindari makanan manis dan olahan yang dapat meningkatkan risiko penyakit.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya