Terapkan 10 Kebiasaan Ini untuk Kurangi Risiko Kanker Payudara

Ilustrasi payudara
Sumber :
  • Pixabay/ Foundry

VIVA Lifestyle – Kanker payudara merupakan salah jenis penyakit yang cukup mengerikan didengar bagi semua orang. Khususnya para perempuan, yang kerap mengalami kanker jenis satu ini.  Tidak dipungkiri, kanker payudara juga merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak dialami perempuan Indonesia. Hal ini tertera dalam lama resmi Kementerian Kesehatan.

Benarkah Nikotin Biang Keladi Masalah Kesehatan Akibat Merokok? Cek Faktanya

Perempuan khususnya, harus lebih ekstra menjaga kesehatan tubuhnya ketika sudah didiagnosis memiliki kanker payudara. Lantas, apa itu kanker payudara? Kanker payudara sendiri berasal dari jaringan payudara Anda.

Cegah kanker payudara

Photo :
  • U-Report
Nunung Srimulat Bugar Kembali, Proses Pengobatan Selesai

Itu terjadi ketika sel-sel payudara bermutasi (berubah) dan tumbuh di luar kendali, menciptakan massa jaringan (tumor). Seperti kanker lainnya , kanker payudara dapat menyerang dan tumbuh ke dalam jaringan di sekitar payudara Anda. Itu juga dapat melakukan perjalanan ke bagian lain dari tubuh Anda dan membentuk tumor baru. Ketika ini terjadi, itu disebut metastasis .

Kanker payudara adalah salah satu kanker yang paling umum di kalangan perempuan, kedua setelah kanker kulit. Ini kemungkinan besar sangat memengaruhi wanita di atas usia 50 tahun. Meski jarang, pria juga bisa terkena kanker payudara. Sekitar 2.600 pria mengembangkan kanker payudara pria setiap tahun di Amerika Serikat, kurang dari 1% dari semua kasus.

Ada Kabar Baik untuk Pasien Kanker Paru-paru

Wanita transgender lebih mungkin mengembangkan kanker payudara dibandingkan dengan pria cisgender. Selain itu, pria transgender lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker payudara dibandingkan dengan wanita cisgender.

Terdengar cukup mengerikan bukan, jika sudah terindikasi kanker payudara? Oleh karena itu sebelum virus-virus tersebut menyebar hingga ke payudara, baiknya lakukan kebiasaan sehari-hari berikut ini yang bisa 
Anda lakukan untuk mengurangi risiko kanker payudara. Apa saja? Melansir webmd.com, berikut ini ulasannya untuk Anda:

Seimbangkan Pola Diet 

Pilihan makanan Anda dapat membantu mengurangi kemungkinan Anda terkena kanker payudara , meskipun para ilmuwan melakukan lebih banyak penelitian untuk mempelajari bagaimana pola makan mempengaruhi penyakit ini.

Fokus pada sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, yang seharusnya menjadi dua pertiga dari piring Anda. Cadangan sepertiga lainnya untuk protein tanpa lemak seperti unggas atau ikan. Lebih dari 5 cangkir sehari makanan nabati adalah pedoman yang baik.

Batasi Alkohol

Jika Anda seorang wanita yang memiliki dua atau tiga porsi anggur, bir, atau minuman keras sehari, risiko Anda 20% lebih tinggi daripada wanita yang tidak minum sama sekali. Para ahli mengatakan jika Anda ingin meminumnya, minumlah tidak lebih dari satu gelas sehari. Itu hanya sedikit meningkatkan peluang Anda terkena kanker payudara.

Jangan Merokok

Tips berhenti merokok.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Penggunaan tembakau dikaitkan dengan risiko kanker payudara yang lebih tinggi, terutama pada wanita muda yang belum mengalami menopause. Berapa banyak Anda merokok, usia saat Anda mulai merokok, dan berapa lama Anda melanjutkan semuanya memengaruhi seberapa besar kemungkinan Anda terkena penyakit ini.

Jika Anda seorang perokok, tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda tentang cara-cara untuk membantu Anda berhenti.

Ketahui Jenis Jaringan pada Payudara

Riasan semua payudara berbeda. Jika daging Anda memiliki lebih sedikit daging berlemak dan lebih banyak kelenjar susu dan jaringan pendukung, itu disebut "padat." Itu dapat meningkatkan risiko kanker payudara Anda dan membuat sel-sel abnormal lebih sulit dikenali pada pemindaian.

Mammogram adalah salah satu cara untuk mengukur jenis jaringan Anda. Jika Anda memiliki payudara yang padat, ambil langkah lain untuk menurunkan peluang Anda terkena kanker payudara. Anda mungkin perlu melakukan skrining lebih sering atau menggunakan tes skrining yang lebih canggih.

Lakukan Latihan Teratur

Aktivitas fisik yang teratur dapat menurunkan risiko kanker payudara. Para ahli mengatakan Anda harus mendapatkan 150 menit olahraga sedang atau 75 menit latihan yang lebih keras dan kuat selama seminggu. Anda juga dapat melakukan sedikit dari keduanya.

Seimbangkan Olahraga dan Makan 

Ketika Anda makan makanan yang seimbang dan olahraga, itu dapat membantu Anda tetap pada berat badan yang sehat, yang juga menurunkan kemungkinan Anda terkena kanker payudara. Pound ekstra, terutama jika Anda memakainya sebagai orang dewasa, terkait dengan risiko penyakit yang lebih tinggi. Itu terutama berlaku untuk wanita yang telah mengalami menopause.

Konsumsi Kale dan brokoli

Masih dikutip dari sumber yang sama, kebiasaan makan sayur dan buah bisa menurunkan risiko kanker payudara bahkan hingga sebesar 15 persen. Sayur kale dan brokoli pn menjadi dua sayuran yang kaya akan flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan. Disarankan konsumsi dua sayuran ini setidaknya lima sampai sembilan porsi sehari.

Cukupi Serat Anda

Serat

Photo :
  • times of india

Anda dapat menemukan nutrisi ini dalam biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Wanita yang makan banyak makanan ini memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara, menurut beberapa penelitian.

Para ilmuwan tidak begitu yakin bagaimana cara kerjanya untuk mencegah tumor, tetapi mereka melakukan lebih banyak penelitian untuk memahami alasannya. Diet kaya serat juga dapat membantu kesehatan Anda dengan cara lain, seperti menurunkan kemungkinan diabetes dan penyakit jantung.

Perhatikan Perlengkapan Mandi

Banyak kosmetik, lotion, dan produk rambut memiliki paraben, yang dapat bertindak seperti estrogen lemah dalam tubuh Anda. Beberapa ilmuwan berpikir bahan kimia ini mungkin dapat memicu kanker payudara hormon-positif, tetapi penelitian ini masih jauh dari jelas. Jika Anda khawatir tentang risikonya, Anda dapat membeli barang-barang yang dibuat tanpa bahan ini.

Masak dengan minyak zaitun

Sebagian besar dari diet Mediterania yang menyehatkan dan memperpanjang hidup, minyak zaitun juga dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara , menurut sebuah penelitian Spanyol di JAMA Internal Medicine . 

Dalam studi lima tahun terhadap 4.300 wanita yang mengonsumsi makanan gaya Mediterania, satu kelompok wanita mengonsumsi ekstra minyak zaitun extra virgin, kelompok lain menambahkan satu porsi kacang, dan kelompok kontrol ketiga mengurangi lemak. Kelompok yang diberi suplemen minyak zaitun memiliki diagnosis kanker payudara 62 persen lebih sedikit daripada wanita yang hanya mengurangi lemak. (Ini adalah gejala kanker payudara yang mungkin tidak Anda ketahui.)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya