Selain Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 9 Manfaat Minyak Kelapa

Manfaat Minyak Kelapa
Sumber :
  • vstory

VIVA Lifestyle – Minyak kelapa tak hanya digunakan untuk keperluan memasak. Ada beragam manfaat minyak kelapa yang juga baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung.

Terpopuler: Zaidul Akbar Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari sampai Perbanyak Kelapa saat Makan Getuk

Buah kelapa tidak hanya dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, tetapi juga menjadi minyak kelapa. Minyak kelapa yang baik adalah minyak kelapa murni, bukan minyak kelapa olahan.

Minyak kelapa mulai banyak disukai oleh masyarakat. Mulai dari memasak hingga mencampurnya ke berbagai jenis makanan yang akan dikonsumsi. Bahkan, penggunaan minyak kelapa dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit.

Zaidul Akbar: Kalau Makan Getuk Saya Banyakin Kelapanya, Kenapa? Ini Alasannya

Lalu, apa saja manfaat lain dari minya kelapa? Simak ulasan Viva mengenai manfaat minyak kelapa yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Menurunkan Berat Badan

10 Manfaat Minyak Kelapa yang Sering Dianggap Remeh, Singkirkan Lemak Membandel

Totalitas, 9 Aktor Bollywood ini Menurunkan Berat Badan Secara Drastis Demi Film

Photo :
  • antv

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, kamu bisa menggunakan minyak kelapa murni sebagai minyak untuk memasak atau campuran salad.

Kandungan nutrisi dalam minyak kelapa murni dipercaya dapat meningkatkan metabolisme, sehingga lemak dalam tubuh akan cepat terbakar dan berubah menjadi energi.

Selain itu, penggunaan minyak kelapa juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga dapat menekan rasa lapar dan mencegah orang untuk mengonsumsi terlalu banyak makanan.

Meski diklaim baik untuk orang yang ingin mengurangi berat badan, sejauh ini data mengenai efektivitas minyak kelapa untuk diet masih terbatas sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut.

Namun, perlu diketahui bahwa dalam hal menurunkan berat badan, tidak hanya bisa mengandalkan minyak kelapa semata. Kamu tetap perlu berolahraga secara rutin serta menjalani pola makan yang sehat dan seimbang.

2. Menurunkan Risiko Alzheimer

Ilustrasi Alzheimer

Photo :
  • pixabay

Penyakit alzheimer adalah gangguan kesehatan yang memicu demensia. Kondisi ini dapat mengurangi kemampuan otak untuk menggunakan glukosa dan energi.

Minyak kelapa menjadi salah satu minyak alami yang memiliki kandungan MCT sehingga meningkatkan keton dalam darah. Peneliti percaya meningkatkan keton dalam darah membuat tambahan energi untuk sel otak sehingga risiko gejala awal penyakit alzheimer.

Kamu bisa coba untuk menggunakan minyak kelapa sebagai minyak masak bagi pengidap alzheimer. Namun, manfaat ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat minyak kelapa pada pengidap alzheimer.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung pada wanita

Photo :
  • times of india

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan jantung yang diduga berasal dari kandungan polifenol. Polifenol diketahui dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah akibat plak pada dinding pembuluh darah. Dengan demikian, risiko penyakit jantung pun akan menurun.

Namun, jika memiliki riwayat penyakit, disarankan untuk mencobanya terlebih dahulu dengan konsumsi minyak kelapa.

4. Mengelola Stres

Stres

Photo :
  • Times of India

Khasiat minyak kelapa lainnya yang bisa  diperoleh yaitu membantu mengelola stres. Namun, stres yang dimaksud di sini berkaitan dengan stres akibat olahraga. Hal ini dikarenakan minyak kelapa yang diduga memiliki sifat antioksidan.

Sementara itu, stres yang muncul akibat radikal bebas mungkin bisa dilawan dengan antioksidan pada minyak kelapa. Temuan ini dibahas dalam studi hewan pengerat dari pengobatan eksperimental dan terapeutik.

Studi awal ini mungkin bahwa ada kemungkinan minyak kelapa murni berkhasiat dalam mengobati beberapa jenis depresi.

5. Mengurangi Kadar Lemak Jahat

Lemak berlebih di perut indikasi obesitas.

Photo :
  • Unsplash

Manfaat minyak kelapa lain yang juga diklaim baik untuk kesehatan adalah mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Efek ini dapat memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak kelapa hanya meningkatkan lemak baik, tetapi tidak memberikan dampak signifikan pada penurunan total kolesterol dan lemak jahat dalam darah.

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Luka

Photo :
  • Times of India

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa diketahui dapat membantu proses penyembuhan luka ringan. Minyak kelapa juga diketahui dapat meningkatkan kadar antioksidan dan kadar kolagen pada kulit.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa minyak kelapa yang dikombinasikan dengan antibiotik efektif untuk menyembuhkan luka bakar. Selain mempercepat penyembuhan luka, sifat antimikroba pada minyak kelapa juga dapat mencegah infeksi.

7. Mengobati Jerawat

Jerawat punggung.

Photo :
  • U-Report

Ada anggapan bahwa minyak kelapa dapat menyumbat pori-pori kulit. Padahal, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa justru dapat mencegah timbulnya pori-pori, sehingga dapat mengatasi jerawat.

Minyak kelapa memiliki senyawa antiinflamasi, sehingga dapat meredakan berbagai jenis peradangan pada kulit, termasuk jerawat. Selain itu, sifat antibakteri dari jenis asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam laurat dan asam kaprat dalam minyak kelapa terbukti mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Dengan begitu, minyak kelapa dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan kecantikan.

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut Panjang Lurus

Photo :
  • Tangkapan Layar

Rambut yang sehat adalah rambut yang memiliki kadar protein yang baik di setiap helai nya. Namun, penggunaan produk perawatan atau pewarnaan rambut yang mengandung bahan kimia diketahui dapat merusak protein tersebut, sehingga rambut pun bisa rusak.

Namun, dengan penggunaan minyak kelapa pada rambut dapat diketahui bermanfat untuk melindungi rambut dari kehilangan proteinnya, sehingga rambut tetap sehat dan kuat.

9. Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi sehat

Photo :
  • Times of India

Sejak dahulu minyak kelapa sering dijadikan obat kumur alami untuk menjaga kesehatan gigi. Nah, ada yang cocok dengan teknik menarik minyak (oil pull). Teknik ini dapat mencegah gigi berlubang hingga menyeimbangkan bakteri mulut.

Cara kerja pun mirip dengan obat kumur modern. Kamu bisa mengoleskan minyak di sekitar rongga mulut dan berkumur selama beberapa detik agar mendapatkan khasiatnya. Manfaat ini berasal dari kegunaan minyak kelapa sebagai pelindung tambahan gusi dan gigi yang rentan terhadap penyakit.

Direktur Jenderal Perkebunan Andi Nur Alam Syah dan Wali Kota Bogor Bima Arya

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

Kementan lepas ekspor komoditas kelor 21 ton ke Cina, komoditas kelapa 33 ton ke Yordania, komoditas teh 200 kilogram ke Turki dan Rusia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024