10 Jenis Vitamin untuk Ibu Hamil yang Kaya Akan Manfaat

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Selama kehamilan asupan vitamin untuk ibu hamil sangatlah penting untuk mendukung kesehatan serta perkembangan ibu dan calon buah hati. Vitamin untuk ibu hamil penting untuk dikonsumsi setiap hari agar memberikan kebutuhan nutrisi yang cukup bagi keduanya. 

Menguak Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Makanan untuk ibu hamil

Photo :
  • pixabay

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya, termasuk asupan vitamin untuk mereka. Di mana, setiap makanan yang dikonsumsi harus memiliki kandungan nutrisi serta vitamin yang baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Menkes Ungkap Alasan Tingkat Stunting Indonesia Baru Turun 0,1 Persen

Namun, ada juga para ibu hamil yang terpaksa harus menutup kekurangan vitamin untuk tubuh dan janinnya dengan mengonsumsi berbagai tambahan vitamin untuk ibu hamil.

Pentingnya Vitamin untuk Ibu Hamil

1000 Hari Kehidupan Penting untuk Cegah Stunting, Dimulai dari dan Sampai Kapan?

Ilustrasi ibu hamil.

Photo :
  • U-Report

Selama kehamilan, Anda membutuhkan lebih banyak asam folat dan zat besi dari biasanya. Inilah alasannya:

  • Asam folat membantu mencegah cacat tabung saraf. Cacat ini merupakan kelainan serius pada otak janin dan sumsum tulang belakang. Idealnya, Anda akan mulai mengonsumsi asam folat ekstra setidaknya 3 bulan sebelum Anda hamil.
  • Zat besi mendukung perkembangan plasenta dan janin. Zat besi membantu tubuh Anda membuat darah untuk memasok oksigen ke janin. Zat besi juga membantu mencegah anemia, suatu kondisi di mana darah memiliki jumlah sel darah merah sehat yang rendah.

Vitamin Ibu Hamil Apa yang Terbaik?

Ilustrasi aneka jenis vitamin.

Photo :
  • U-Report

Vitamin prenatal tersedia tanpa resep di hampir semua apotek. Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin merekomendasikan merek tertentu atau menyerahkan pilihan kepada Anda.

Selain memeriksa asam folat dan zat besi, carilah vitamin prenatal yang mengandung kalsium dan vitamin D. Mereka membantu meningkatkan perkembangan gigi dan tulang bayi. Mungkin juga bermanfaat untuk mencari vitamin prenatal yang mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin B, seng dan yodium.

Selain itu, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin menyarankan dosis nutrisi tertentu yang lebih tinggi tergantung pada keadaan. Misalnya, jika Anda melahirkan bayi yang memiliki cacat tabung saraf, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin merekomendasikan suplemen terpisah yang mengandung asam folat dosis tinggi,  seperti 4 miligram (4.000 mikrogram) sebelum dan selama kehamilan berikutnya. kehamilan.

Tetapi secara umum, hindari mengonsumsi vitamin prenatal atau multivitamin ekstra dengan dosis melebihi kebutuhan Anda setiap hari. Beberapa vitamin dalam dosis tinggi dapat berbahaya bagi bayi Anda. Misalnya, vitamin A ekstra selama kehamilan berpotensi membahayakan bayi Anda.

Kapan Harus Mengonsumsi Vitamin untuk Ibu Hamil?

Buah Manis untuk Ibu Hamil

Photo :
  • U-Report

Idealnya, Anda akan mulai mengonsumsi vitamin prenatal sebelum pembuahan. Faktanya, umumnya merupakan ide yang baik bagi wanita usia reproduksi untuk secara teratur mengonsumsi vitamin prenatal. Tabung saraf bayi, yang menjadi otak dan sumsum tulang belakang, berkembang selama bulan pertama kehamilan – mungkin bahkan sebelum Anda tahu bahwa Anda hamil.

Efek Samping Vitamin untuk Ibu Hamil

Terkadang zat besi dalam vitamin prenatal berkontribusi terhadap konstipasi. Untuk mencegah sembelit:

  • Minum banyak cairan
  • Sertakan lebih banyak serat dalam diet Anda
  • Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda, selama Anda mengizinkan penyedia layanan kesehatan Anda
  • Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda tentang penggunaan pelunak tinja.                 

Jika tips ini tampaknya tidak membantu, tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda tentang pilihan lain.

Jenis-jenis Vitamin untuk Ibu Hamil

Ilustrasi manfaat vitamin D dapat menurunkan berat badan

Photo :
  • pixabay

Asupan nutrisi dan vitamin tentu sangat dibutuhkan demi perkembangan serta pertumbungan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Pasalnya, selama masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan asupan maronutrien yang bertambah secara signifikan.

Makronutrien sendiri termasuk karbohidrat, protein, dan lemak. Nah berikut ini akan kami beritahu Anda vitamin untuk ibu hamil yang perlu dikonsumsi dan pastinya kaya akan manfaat. Kira-kira, apa saja? Selengkapnya berikut ini.

Vitamin C

Vitamin C punya kandungan yang mampu melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan karena radikal bebas, serta menjaganya tetap sehat. Sebagai salah satu vitamin ibu hamil yang penting, vitamin C juga bisa membantu meningkatkan sistem imun dan kesehatan ibu dan janin.

Jenis vitamin ini bisa ditemukan dalam berbagai macam buah dan sayuran, dan diet seimbang dapat menyediakan semua vitamin C yang kita butuhkan. Sumber vitamin C yang bagus bisa Moms dapatkan melalui:

  • jeruk dan jus jeruk
  • paprika merah dan hijau
  • stroberi
  • blackcurrant
  • brokoli
  • kubis Brussel
  • kentang

Vitamin D

Vitamin D juga merupakan vitamin ibu hamil yang penting untuk membantu tubuh Anda dalam menyerap kalsium. Vitamin D ternyata dapat membantu kerja saraf, otot, dan sistem kekebalan tubuh kita. Sistem kekebalan melindungi tubuh kita dari infeksi. Bayi Moms juga membutuhkan vitamin D untuk membantu pertumbuhan tulang dan giginya.

Kekurangan vitamin D selama kehamilan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko operasi caesar, preeklamsia, kelahiran prematur, dan diabetes gestasional.

Asupan vitamin D yang disarankan selama kehamilan adalah 600 IU atau 15 mcg per hari. Namun, menurut Canadian Medical Association Journal menyatakan bahwa kebutuhan vitamin D selama kehamilan jauh lebih tinggi. Sumber vitamin D yang baik bisa didapatkan dalam:

  • Ikan berlemak, seperti salmon
  • Susu dan sereal yang mengandung vitamin D
  • Tubuh kita juga membuat vitamin D saat kulit terkena sinar matahari.

Vitamin B Kompleks

Vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12 merupakan jenis vitamin B kompleks yang sangat penting sebagai asupan vitamin ibu hamil. Vitamin B Kompleks bisa membantu Moms mengatasi morning sickness dan mencegah bayi lahir cacat.

Vitamin E

Vitamin E dibutuhkan sebagai vitamin ibu hamil untuk pembentukan dan penggunaan sel darah merah dan otot. Beberapa makanan kaya akan vitamin E yang bisa Moms konsumsi adalah almond, biji bunga matahari, alpukat, mangga, dan kiwi. 

Asam Folat

Asam folat adalah vitamin B yang berperan penting dalam sintesis DNA, produksi sel darah merah, dan pertumbuhan serta perkembangan janin. Kandungan ini juga merupakan vitamin ibu hamil yang asupannya perlu diperhatikan.

Asam folat adalah bentuk sintetis dari folat yang ditemukan di banyak suplemen. Ini akan diubah menjadi bentuk aktif folat (L-metilfolat) di dalam tubuh. Dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 600 mikrogram (mcg) folat atau asam folat per hari untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf dan kelainan bawaan seperti celah langit-langit dan kelainan jantung.

Meskipun folat yang cukup dapat diperoleh melalui makanan, banyak wanita tidak cukup makan makanan kaya folat, sehingga diperlukan suplementasi. Selain itu, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan bahwa semua wanita usia subur harus mengonsumsi setidaknya 400 mcg folat atau asam folat per hari.

Ini karena banyak kehamilan yang tidak direncanakan, dan kelainan kelahiran akibat kekurangan folat dapat terjadi di awal kehamilan, bahkan sebelum kebanyakan wanita tahu bahwa mereka hamil.

Zat Besi

Meskipun bukan termasuk vitamin ibu hamil, dan lebih kepada asupan nutrisi, kebutuhan zat besi meningkat secara signifikan selama kehamilan, karena volume darah ibu meningkat sekitar 45 persen.

Zat besi sangat penting peranannya untuk mengantarkan oksigen dan untuk pertumbuhan serta perkembangan yang sehat dari bayi dan plasenta kita. Di Amerika Serikat, prevalensi kekurangan zat besi pada wanita hamil sekitar 18 persen, dan 5 persen dari wanita tersebut mengalami anemia.

Anemia selama kehamilan telah dikaitkan dengan kelahiran prematur, depresi ibu, dan anemia pada bayi. Asupan zat besi 27 miligram (mg) yang direkomendasikan per hari dapat dipenuhi melalui sebagian besar vitamin prenatal.

Anda bisa mendapatkan zat besi heme dari daging, unggas, dan ikan. Tidak hanya itu, Anda juga mendapatkan zat besi non-heme dari makanan nabati, seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan, atau makanan yang terbuat dari tumbuhan, seperti sereal.

Tubuh kita menyerap lebih banyak zat besi non-heme saat makan buah dan sayuran bersama dengan daging, unggas dan ikan atau dengan makanan yang tinggi vitamin C.

Kalsium

Kalsium sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Ketika hamil, kalsium ibu diserap habis oleh janin untuk berkembang. Kalsium ini padahal sangat penting untuk membuat tulang dan gigi bayi. Selain mengonsumsi suplemen vitamin ibu hamil yang tepat, sumber kalsium bisa Moms dapatkan juga dari:

  • Susu, keju, dan yoghurt
  • Sayuran berdaun hijau, seperti roket, selada air atau kangkung keriting
  • Tahu
  • Minuman kedelai dengan tambahan kalsium
  • Roti dan makanan apa pun yang dibuat dengan tepung yang diperkaya
  • Ikan yang bisa dimakan tulangnya, seperti sarden dan pilchards

Magnesium

Tidak hanya mencukupi asupan vitamin ibu hamil, magnesium adalah mineral yang terlibat dalam ratusan reaksi kimia dalam tubuh kita. Mineral ini memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan, otot, dan saraf. Kekurangan mineral ini selama kehamilan dapat meningkatkan risiko hipertensi kronis dan persalinan prematur.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen magnesium dapat mengurangi risiko komplikasi seperti hambatan pertumbuhan janin dan kelahiran prematur.

Konsumsi Suplemen Jahe

Akar jahe biasa digunakan sebagai bumbu dan suplemen herbal. Dalam bentuk suplemen, Anda mungkin pernah mendengarnya digunakan untuk mengobati mual yang disebabkan oleh mabuk perjalanan, kehamilan, atau kemoterapi.

Dalam jurnal The Effectiveness and Safety of Ginger for Pregnancy-Induced Nausea and Vomiting, menunjukkan bahwa jahe aman dan efektif untuk mengobati mual dan muntah yang disebabkan kehamilan.

Mual dan muntah sering terjadi selama kehamilan, dengan hingga 80 persen wanita mengalaminya pada trimester pertama kehamilan. Meskipun jahe dapat membantu mengurangi komplikasi kehamilan yang tidak membuat kita nyaman ini, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengidentifikasi dosis aman maksimum.

Minyak Ikan

Selain asupan vitamin ibu hamil, Aanda juga bisa mengonsumsi minyak ikan mengandung asam docosahexaenoic (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA), dua asam lemak esensial yang penting untuk perkembangan otak bayi.

Melengkapi dengan DHA dan EPA pada kehamilan dapat meningkatkan perkembangan otak pasca-kehamilan pada bayi dan menurunkan depresi ibu, meskipun penelitian tentang topik ini belum dapat disimpulkan.

Minyak ikan dapat melindungi dari kelahiran prematur, dan beberapa bukti menunjukkan bahwa minyak ikan dapat bermanfaat bagi perkembangan mata janin. Kadar DHA ibu penting untuk perkembangan janin yang tepat dan pemberian suplemen dianggap aman. Masih belum mengetahui apakah mengonsumsi minyak ikan selama kehamilan diperlukan.

Untuk mendapatkan DHA dan EPA melalui makanan, disarankan untuk mengonsumsi dua hingga tiga porsi ikan rendah merkuri seperti salmon, sarden, atau pollock per minggu.

Suplemen Vitamin untuk Ibu Hamil

Ilustrasi minum vitamin.

Photo :
  • reporter

Selain berbagai vitamin untuk ibu hamil di atas, berikut ini kami juga akan memberi tahu Anda suplemen vitamin yang bisa mendukung kesehatan tubuh Anda dan janin. Suplemen vitamin untuk ibu hamil ini dihadirkan dalam berbagai bentuk di pasaran. Mulai dari sirup, kapsul, tablet, hingga berbentuk bubuk.

Agar lebih mendukung perkembangan serta kesehatan ibu hamil tetap prima, suplemen vitamin untuk ibu hamil berikut ini patut untuk Anda pertimbangkan.

Berikut ini terdapat beberapa jenis suplemen vitamin untuk ibu hamil yang bisa Anda minum.

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold (60 Tablet)

Vitamin Blackmores Breastfeeding and Pregnancy mengandung vitamin dan mineral yang dubutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui.  Dosis atau saran penyajiannya adalah 2 kapsul lunak setiap hari setelah makan atau sesuai petunjuk dokter bagi orang dewasa.

Dalam penyimpanannya, simpanlah di bawah suhu 30 derajat celcius, di tempat kering dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.

Vitamam

Vitamin kehamilan adalah salah satu penunjang kebutuhan nutrisi janin dan ibu hamil. Trimester pertama kehamilan adalah salah satu periode penting dalam menjaga kesehatan bayi. Untuk itu ibu hamil bisa memulainya dengan asupan vitamin ibu hamil satu ini.

Vitamam adalah suplemen vitamin kehamilan yang mengandung mineral dan multivitamin yang cocok dikonsumsi saat awal kehamilan. Ia mengandung tinggi vitamin A, asam folat, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin D, Vitamin A, magnesium dan zinc.

Mengutip World Health Organization (WHO), vitamin A penting untuk kesehatan penglihatan, fungsi kekebalan tubuh, serta pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain tinggi vitamin A ia juga kaya akan vitamin D.

Folamil Genio

Di awal kehamilan tak jarang banyak wanita mengalami morning sickness. Morning sickness, mengutip Mayo Clinic, merupakan sebuah kondisi mual dan muntah yang sering terjadi di trimester pertama kehamilan.

Oleh karena itu, banyak ibu hamil merasa kesulitan mendapatkan asupan nutrisi yang tepat dari asupan makanan karena rasa mual. Jenis vitamin satu ini memiliki khasiat produk yang telah mengandung DHA, multivitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh wanita hamil.

Pada wanita hamil, DHA dan ARA mempunyai peran penting untuk perkembangan sistem saraf janin dan mendorong pertumbuhan otak janin.

Tidak hanya itu, asam folat juga salah satu kandungan yang ada pada suplemen ini dalam mencegah cacat lahir pada Si Kecil. Suplemen ini berbentuk kapsul ramping dan tidak menimbulkan rasa mual, Moms!

Sesuai arahan dari produk kemasan, Folamil Genio bisa diminum sehari sekali setelah makan. Apabila Moms masih ragu, bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan masing-masing, ya.

Demikian penjelasan seputar vitamin untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui, untuk informasi lebih jelas terkait suplemen vitamin ibu hamil bisa langsung konsultasi ke dokter atau apotek terdekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya