Cari Informasi Soal Penyakit Jantung - Hipertensi Kini Makin Mudah

Ilustrasi dokter/tenaga kesehatan.
Ilustrasi dokter/tenaga kesehatan.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Mencari informasi seputar kesehatan kini semakin dipermudah. Salah satunya lewat aplikasi. Ya, Badan Pengelola Kesejahteraan (Bapelkes) Krakatau Steel membuat inovasi dalam sektor pelayanan kesehatan melalui aplikasi Bapelkes Krakatau Steel Digital Health & Medication. Aplikasi ini memudahkan para pensiunan PT Krakatau Steel untuk berobat ke klinik.

Direktur Utama Bapelkes Krakatau Steel Suriadi Arif mengatakan, melalui aplikasi ini maka pasien bisa daftar untuk memilih dokter untuk konsultasi serta memilih jam kunjungan yang diinginkan. Ia juga menjelaskan, setelah mendaftar maka akan ada balasan berupa informasi nomor urut antrean serta jam berapa pasien akan mulai diperiksa.

“Ketika klinik mulai ramai kita mulai mengatur bagaimana caranya agar orang yang ingin ke klinik tidak harus antre terlalu lama. Karena itu, kita buat aplikasi ini sehingga calon pasien sudah tahu nomor urutnya dan harus datang ke klinik jam berapa. Kalau jadwalnya jam 10 maka sampai klinik cukup jam 10 kurang 5,” ujar Suriadi Arif dalam Podcast Sofa Panas, persembahan PT Krakatau Sarana Properti, dikutip VIVA, Senin 8 Agustus 2022. 

Lebih lanjut, aplikasi itu juga menampilkan edukasi kesehatan tentang penyakit jantung, hipertensi dan lain-lain. Selain itu, rekam medis pasien juga bisa dilihat di dalam aplikasi tersebut.

Ilustrasi hipertensi.

Ilustrasi hipertensi.

Photo :
  • Pixabay/frolicsomepl

“Jadi, misalnya si A pernah sakit jantung dan obatnya A, B, C, D dan E maka riwayat medis dalam tiga tahun terakhir kita masukkan di aplikasi itu. Kalau si A pergi ke luar kota dan berobat ke dokter di sana lalu ditanya obat apa saja yang diminum, maka bisa langsung buka aplikasi ini,” jelas pria yang kerap disapa Arif tersebut.

Manfaat lain dari aplikasi ini, adalah informasi tentang sisa plafon yang bisa digunakan. Kata Arif, hal ini yang tidak bisa disediakan oleh perusahaan asuransi pada umumnya. Lebih lanjut dia menambahkan, di masa pandemi Bapelkes Krakatau Health Service juga membuat aplikasi telemedisin yang memungkinan para pensiunan PT Krakatau Steel untuk berobat secara daring.