Kebiasaan Makan Penting untuk Kolesterol Tinggi

Ilustrasi kolesterol tinggi.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA LifestyleMeskipun Anda mungkin tidak bisa merasakan kolesterol menumpuk di pembuluh darah, zat kental dan kental ini terbentuk secara diam-diam, dan itu bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan. 

Aksi Mensos Risma Mengiris Sayur Bantu Memasak di Dapur Pengungsian Bencana Banjir Sumbar

Kolesterol tinggi menghambat aliran darah di arteri, meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Bahkan diabetes tipe 2 dan beberapa bentuk demensia telah dikaitkan dengan kelebihan penumpukan lilin.

Di tahun-tahun sebelumnya, saran medis standar adalah bahwa untuk mengurangi kolesterol darah, orang perlu mengurangi kolesterol dari makanan sebanyak mungkin. 

Ide Makan Siang Serba Rp25 Ribu, Capcay Seafood Hingga Ayam Goreng Terasi

Menurut American Heart Association, cara terbaik untuk mengurangi kolesterol adalah dengan mengurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans, dengan fokus pada omega-3 dan asam lemak tak jenuh lainnya. 
 

Kolesterol

Photo :
  • Times of India
5 Buah yang Bisa Bantu Menurunkan Kolesterol, Cocok untuk Pecinta Daging!

Meningkatkan serat larut juga dapat memainkan peran kunci dalam menurunkan kolesterol, karena serat memerangkap lemak dalam aliran darah, menjaga beberapa dari mereka agar tidak diserap.

Semua rekomendasi ini sangat membantu—tetapi bagaimana jika ada satu kebiasaan makan sehat yang membantu Anda melakukannya sekaligus? 

Kabar baiknya adalah, mengonsumsi lebih banyak makanan nabati (seperti biji-bijian, kacang-kacangan, polong-polongan, buah-buahan, dan sayuran) memberikan efek all-in-one yang mengagumkan ini.

Makanan di masing-masing kategori ini telah dikaitkan dengan penurunan kolesterol. Sejauh tahun 2004, sebuah studi skala besar menemukan bahwa konsumsi buah dan sayuran berbanding terbalik dengan kolesterol LDL (alias "jahat") pada pria dan wanita. 

Dan tanaman seperti gandum, kacang-kacangan, barley, dan kacang pohon semuanya memiliki studi penelitian yang mendukung tempat mereka dalam rencana makan penurun kolesterol. 

Faktanya, tinjauan tahun 2020 mengungkapkan bahwa pola diet tinggi makanan nabati, seperti diet Mediterania, Nordik, DASH, vegetarian, dan vegan, semuanya mengurangi kolesterol LDL. 

Tidak hanya diet ini tinggi serat, tetapi mereka juga cenderung lebih rendah lemak jenuh dan lebih tinggi pada yang tak jenuh-sekali lagi, memeriksa banyak kotak untuk mengatasi lipid darah tinggi.

Tentu saja, ini tidak berarti Anda harus menghindari semua produk hewani untuk menurunkan jumlah Anda. Beberapa pertukaran sederhana makanan nabati untuk makanan hewani dapat bertambah dengan cepat untuk hasil. 

Coba sertakan buah atau sayuran favorit setiap kali makan, awali hari Anda dengan semangkuk oatmeal, atau taburkan kacang panggang di atas salad agar lebih renyah. 

Atau, lebih jauh lagi, selalu ada konsep Senin tanpa daging, diet "fleksitarian", atau vegetarianisme di hari kerja. Dengan berfokus pada makanan nabati yang diproses secara minimal, kemungkinan besar Anda akan menuai panen bahagia dari tekanan darah yang lebih sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya