5 Makanan Terburuk yang Bikin Gula Darah Melonjak Drastis, Penderita Diabetes Waspada!

Ilustrasi tes diabetes.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Mengelola kadar gula darah penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, terutama bagi penderita diabetes atau pradiabetes. Ada makanan tertentu yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda dan dapat menyebabkan berbagai komplikasi. 

dr Zaidul Akbar: Ini Jenis Makanan yang Bikin Anak Punya Karakter Baik

Berikut daftar makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan kadar gula darah Anda, dan bisa menimbulkan masalah jika dikonsumsi secara terus-menerus, dilansir The HealthSite, Senin 20 Mei 2024. Yuk, scroll!

Minuman manis
Minuman manis seperti soda dan es teh manis dapat menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat dan juga tidak memberikan nilai gizi yang terlalu tinggi. Konsumsi rutin minuman manis ini menyebabkan penambahan berat badan dan resistensi insulin karena kandungan gulanya yang tinggi. 

3 Penyebab Sering Ngantuk Setelah Makan dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi roti tawar.

Photo :
  • Pixabay

Roti putih dan biji-bijian olahan
Biji-bijian olahan dan roti putih dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat karena indeks glikemiknya yang tinggi. Sedangkan biji-bijian utuh dicerna dengan lambat dan berdampak sangat kecil terhadap gula darah. 

Anak Konsumsi Gula Berlebih, Waspada 5K

Kue kering dan makanan panggang
Makanan yang dipanggang seperti kue kering, donat dan yang lainnya mengandung tepung olahan dan memiliki kadar gula tinggi serta dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam. Makanan ini juga mengandung lemak tidak sehat yang dapat menyebabkan resistensi insulin dan masalah metabolisme. 

Permen
Permen mengandung banyak gula sehingga menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba setelah makan. Permen sendiri tidak mengandung banyak nutrisi, sehingga menyebabkan masalah seperti penambahan berat badan dan kerusakan gigi. 

Sereal manis
Sarapan dengan sereal yang memiliki kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah secara cepat. Memilih sarapan dengan menu rendah atau tanpa gula untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil bisa menjadi pilihan ideal untuk menjaga gaya hidup sehat.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya