Viral Aksi Emak-emak Melahap Beras Layaknya Makan Nasi, Antara Sensasi dan Bahaya

Viral Aksi Random Emak-emak Melahap Beras Layaknya Makan Nasi
Sumber :
  • @tanyarlfes

VIVA – Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan video seorang emak-emak yang menyantap beras mentah layaknya makan nasi. Video yang diunggah di akun Twitter @tanyarlfes ini sontak viral dan menuai beragam komentar dari netizen.

Ada Temuan Makanan Basi, Timwas DPR Desak Kualitas Makanan Jemaah Haji Dievaluasi

Dalam video berdurasi 12 detik itu, terlihat sang emak berjilbab hitam mengambil beras dari toples dengan sendok penuh, layaknya menyendok nasi. Ia kemudian memakannya dengan lahap, bahkan suara kriuk-kriuk ketika ia mengunyah beras tersebut terdengar dengan jelas.

Aksi emak-emak makan beras mentah ini pun menuai pro dan kontra dari netizen. Ada yang merasa geli dan terhibur dengan tingkahnya, namun tak sedikit pula yang merasa khawatir dengan bahaya yang mungkin ditimbulkan.

Daftar Harga Pangan 14 Juni 2024: Beras hingga Cabai Naik

Viral Aksi Random Emak-emak Melahap Beras Layaknya Makan Nasi

Photo :
  • @tanyarlfes

Menurut para ahli, makan beras mentah memang tidak dianjurkan karena dapat berakibat pada keracunan makanan.

Supaya Bisa Terus Bersaing Industri Makanan dan Minuman Lakukan Hal Ini

Hal ini dikarenakan beras mentah mengandung bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan penyakit pencernaan.

Selain itu, makan beras mentah juga dapat menyebabkan kesulitan pencernaan karena beras mentah mengandung pati yang sulit dicerna oleh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan sakit perut, diare, dan sembelit.

Meskipun demikian, ada beberapa orang yang memang terbiasa makan beras mentah, terutama di beberapa daerah di Asia. Biasanya, beras mentah yang dimakan ini sudah diolah terlebih dahulu dengan cara direndam atau disangrai.

Terlepas dari pro dan kontra, aksi emak-emak makan beras mentah ini menjadi pengingat bagi kita untuk selalu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Pastikan makanan yang kita konsumsi sudah dimasak dengan benar dan terjamin kebersihannya.

“Eh jujurly gua suka makan beras doang, cuma enggak gini anjir. Apalagi sampe satu sendok, biasanya beberapa butir doang,” cuit netizen.

“Apa kabar lambung, keracunan akibat makan beras mentah dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, kram perut atau diare dalam waktu 15-30 menit setelah dikonsumsi,” tulis netizen.

“Mantap enggak hanya karbo, bareng sama protein kutu berasnya juga ikut ketelen,” tulis netizen lain.

“Apa enggak seret itu tenggorokan bu? Enggak ad acara lain buat viral yang lebih apa gitu, misalkan makan padinya langsung hahaha,” tulis warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya