3 Rutinitas Pagi Terbaik yang Wajib Diikuti untuk Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi diet/menurunkan berat badan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Menetapkan rutinitas pagi yang sehat dapat menentukan kehidupan sepanjang hari, terutama dalam mencapai tujuan penurunan berat badan. Sejak bangun, cobalah untuk mengatur tubuh dan pikiran dengan cara yang positif. 

PON 2024 Menyapa Milenial, Pj Gubernur Sumut: Apa yang Kau Bisa Maenkan

Berikut beberapa rutinitas pagi terbaik untuk membantu menurunkan berat badan, yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan nasihat ahli, dilansir Times of India, Jumat 24 Mei 2024. Yuk, scroll!

Bangun di waktu yang sama
Penelitian menunjukkan, menjaga waktu bangun tidur tetap konsisten dapat membantu mengatur jam internal tubuh, yang dikenal sebagai ritme sirkadian. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Behavioral Medicine menemukan bahwa individu yang bangun di waktu yang sama setiap hari cenderung memiliki persentase lemak tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang bangun dengan waktu yang tidak teratur. 

10 Cara Efektif Kurangi Obesitas, Gak Perlu Lagi Perawatan Dokter Mahal

Dengan menerapkan waktu bangun tidur yang konsisten, Anda akan mengoptimalkan metabolisme tubuh dan tingkat energi, yang sangat penting untuk menurunkan berat badan. 

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska
Rahasia Turun 3 Kg Seminggu! Diet Sehat Tanpa Kelaparan

Minum air
Saat bangun tidur, menghidrasi tubuh Anda sangat penting untuk memulai metabolisme dan membantu pencernaan. Meskipun air putih sangat baik, menambahkan sedikit rasa dapat meningkatkan manfaatnya. Cobalah tambahkan sepotong lemon, yang tidak hanya menambah rasa, tapi juga vitamin C, yang dikenal karena sifat antioksidannya. 

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menunjukkan, air lemon dapat membantu mengurangi berat badan dan persentase lemak tubuh, sehingga menjadikannya tambahan yang berharga untuk rutinitas pagi Anda. 

Jika suka manis, tambahkan satu sendok teh madu ke dalam air hangat, karena madu mengandung antimikroba dan antioksidan. Sebuah studi di European Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi madu dapat menurunkan berat badan dan persentase lemak seiring berjalannya waktu. 

Menambahkan satu sendok cuka apel juga dapat menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Bioscience, Biotechnology and Biochemistry menunjukkan bahwa asam asetat, komponen utama cuka apel, dapat menekan penumpukan lemak tubuh. Namun, penting untuk mengencerkannya dengan benar untuk mencegah potensi kerusakan pada email gigi dan kerongkongan. 

Jalan pagi dan olahraga
Melakukan aktivitas fisik segera setelah bangun tidur dapat meningkatkan metabolisme Anda dan memperbaiki mood. Baik itu jalan cepat, jogging ringan atau sesi olahraga penuh, kuncinya adalah membuat tubuh Anda bergerak. 

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity menunjukkan bahwa olahraga pagi dapat meningkatkan pengeluaran kalori sepanjang hari, sehingga menghasilkan penurunan berat badan yang lebih besar seiring berjalannya waktu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya