Caca Tengker Bisa Langsung Tahu Kalau Anak Lagi Alami Gangguan Pencernaan, Apa Ciri-cirinya?

Caca Tengker
Sumber :
  • IG @cacatengker

JAKARTA – Mempunyai dua anak yang masih kecil menjadi tantangan tersendiri bagi Caca Tengker. Di samping pekerjaan yang padat, Caca Tengker juga merupakan seorang ibu yang harus memastikan kesehatan anak-anak. Apalagi, Caca Tengker tidak bisa 24 jam berada di sisi anak-anaknya sehingga ia harus berusaha ekstra untuk mengawasi mereka.

Indonesia Salah Satu Negara dengan Prevalensi Gangguan Pendengaran Tertinggi di Asia Tenggara

Salah satu masalah yang kerap ditemui pada anak-anak adalah gangguan saluran pencernaan. Biasanya, Caca Tengker bisa langsung tahu ada yang tak beres dari anak-anaknya berdasarkan perilaku yang mereka tunjukkan. Menurut Caca Tengker, anak-anak jadi lebih mudah terdistraksi dan mengalami perubahan mood yang drastis ketika merasa tidak nyaman di bagian perut. Aktivitas anak pun terganggu karena mereka cenderung lebih lemas saat merasakan sakit. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

"Ketika perut nggak enak, mereka jadi mudah kesal, mudah terdistraksi. Kalau lagi main jadi nggak bersemangat, biasanya bangun tidur terlihat lelah nggak kayak biasanya," kata Caca Tengker, dalam acara media gathering Digestive Week 2024, di Mall Kota Kasablanka, Jumat 24 Mei 2024.

BPJS Ketenagakerjaan Kenalkan Dunia Kerja Pada Anak Lewat Kids Go to Office

Media Gathering Digestive Week 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar

Anak-anak di usia 1-2 tahun memang cenderung punya kondisi pencernaan yang sensitif dibandingkan ketika mereka lebih besar. Penyebabnya adalah kondisi pertahanan di sistem pencernaan yang belum kuat sehingga mudah terinfeksi oleh bakteri.

Kata Irish Bella Soal Belum Pertemukan Ammar Zoni dengan Anak-anaknya

Namun, tak perlu khawatir kondisi itu akan berlanjut terus jika orangtua bisa memberikan nutrisi yang baik untuk anaknya. Makanan yang sehat dan kebutuhan nutrisi yang terpenuhi akan membantu memperkuat sistem pertahanan tubuh sekaligus saluran pencernaan.

Adik Nagita Slavina itu juga bisa tahu ketika kondisi pencernaan sang anak sedang dalam kondisi yang baik. Biasanya, anak-anak akan buang air besar lebih rutin, mudah berkompromi, dan punya mood yang baik ketika bermain atau belajar.

Di rumah, Caca Tengker juga selalu memberikan contoh mengonsumsi makanan sehat kepada anak-anak. Cara paling utama yang dilakukannya adalah dengan memperlihatkan langsung pada anak-anak agar mereka mengerti manfaat dari makanan sehat itu sendiri.

"Aku sebisa mungkin makan sayur dan buah depan anak-anak. Semenjak kecil aku biasakan mereka makan makanan asli yang kelihatan bentuk benerannya, misalkan daging sapi dan ayam yang bukan olahan," jelas Caca Tengker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya