Pakar Ungkap Olahraga Terbaik Pangkas Gula Darah, Wajib Coba!

Ilustrasi cek gula darah
Sumber :
  • Bio Insuleaf

VIVA Lifestyle – Gula darah tinggi, juga dikenal sebagai hiperglikemia, sebagian besar terkait dengan diabetes dan pradiabetes. Jika tidak diobati, komplikasi kesehatan yang serius dapat muncul, bahkan mengintai nyawa.

Penonton Nyaris Tembus 300 Ribu! MotoGP Prancis Catat Rekor Sepanjang Masa

Mengelola gula darah sangat penting untuk kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Berbicara dengan Sean Marchese, MS, RN, perawat terdaftar di The Mesothelioma Center dengan latar belakang uji klinis onkologi dan lebih dari 15 tahun pengalaman perawatan pasien langsung, gula darah menjadi hal penting untuk energi tubuh. 

Gula darah, atau glukosa darah, mengukur kadar glukosa dalam aliran darah. Ini membantu mengidentifikasi apakah tubuh menggunakan glukosa dengan tepat untuk energi. Jika gula darah terlalu rendah, tubuh mungkin perlu meningkatkan sumber glukosa dalam makanan, atau mungkin ada alasan mengapa tubuh membutuhkan lebih banyak energi. 

Offroad IMI X IOF Challenge Sukses Digelar, Bamsoet Ingin Ada Lagi Gelaran Kolaborasi

Ilustrasi tes gula darah.

Photo :
  • U-Report

"Jika gula darah terlalu tinggi, tubuh mungkin perlu mengurangi sumber gula dalam makanan Anda, atau mungkin ada masalah, seperti resistensi insulin, yang mencegah tubuh Anda menggunakan glukosa untuk energi," bebernya.

78 Pegolf Bersaing di Internasional Amateur Golf Championship 2024

Marchese menambahkan bahwa tingkat gula darah yang tinggi dapat merusak jaringan sensitif, termasuk pembuluh darah dan sel saraf. Menjaga gula darah yang sehat dapat mencegah komplikasi termasuk penyakit kardiovaskular, kerusakan ginjal, kehilangan penglihatan, neuropati, dan masalah pada gigi, gusi, tulang , sendi dan kaki. Jika glukosa darah menjadi sangat tinggi, tubuh Anda dapat memasuki keadaan ketoasidosis diabetikum, memecah lemak untuk energi dan melepaskan produk sampingan beracun yang disebut keton. 

"Keton yang terakumulasi dalam darah dapat menyebabkan koma diabetes dan kematian," imbuhnya.

Nah, untuk memangkas gula darah tinggi serta terhindari bahaya komplikasi tersebut, ia menekankan pentingnya olahraga teratur. Ini salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan gula darah. Lantas, olahraga apa yang tepat dilakukan?

Ilustrasi olahraga

Photo :
  • U-Report

"Aktivitas seperti berjalan, angkat besi, bersepeda atau berenang menggunakan gula darah untuk menciptakan energi yang dibutuhkan untuk kontraksi otot. Ini Aktivitas membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin dan memiliki manfaat tambahan untuk membantu mengontrol berat badan, yang juga dapat menjaga gula darah tetap stabil," jelasnya, dikutip dari laman EatThis.

Selain itu, asupan tinggi serat sangat dibutuhkan. Sebab, serat memperlambat laju penyerapan gula dan pencernaan karbohidrat. Ini mengurangi risiko kenaikan tajam gula darah setelah makan. Peningkatan gula darah secara bertahap memungkinkan tubuh Anda lebih banyak waktu untuk merespons insulin. Khususnya, hanya yang larut, di mana bentuk serat memiliki efek positif pada pengelolaan gula darah. 

"Anda dapat meningkatkan asupan serat larut dan meningkatkan pengelolaan gula darah dengan makan lebih banyak buah, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Rekomendasi serat harian adalah sekitar 14 gram per 1.000 kalori," jelasnya.

Ilustrasi makan

Photo :
  • Eat This

Ia juga menyarankan untuk menghindari porsi makan besar karena menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba. Ini juga bisa membuat tubuh Anda lebih sulit untuk kembali ke kadar gula darah puasa setelah makan. Porsi yang lebih kecil juga meningkatkan berat badan yang sehat dan mengurangi risiko diabetes tipe 2. 

"Anda dapat memastikan bahwa Anda makan lebih sedikit setiap kali makan dengan mengukur atau menimbang bahan-bahan saat Anda memasak di rumah, menggunakan piring yang lebih kecil, dan makan lebih lambat. Cobalah melengkapi camilan sehat di antara waktu makan jika Anda lapar dan hindari restoran dengan ukuran porsi besar atau simpan beberapa untuk makan malam di rumah keesokan harinya," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya