Cegah Gula Darah Melonjak, Camilan Ini Disarankan untuk Dikonsumsi

Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

VIVA – Diabetes tipe 2 menggambarkan kondisi kronis yang disebabkan oleh gangguan produksi insulin. Jika tidak terkontrol, gula darah akan melonjak pada tingkat yang berbahaya. Kabar baiknya, memilah makanan yang tepat dapat membantu mengontrol kondisi tersebut. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Menurut Diabetes UK, kacang bisa bermanfaat bagi kadar glukosa darah Anda. Badan amal tersebut menjelaskan, makan kacang dapat membantu menghindari lonjakan gula darah yang tajam. 

"Meskipun kacang-kacangan mengandung karbohidrat, mereka tidak memberikan kenaikan tajam pada kadar glukosa darah dibandingkan dengan makanan yang mengandung karbohidrat lainnya," kata Diabetes UK, dilansir Express, Rabu 24 Agustus 2022. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Alasan mengapa kacang memiliki efek menguntungkan pada gula darah adalah karena indeks glikemik (GI) yang dimiliki camilan ini. GI menggambarkan tingkat di mana karbohidrat meningkatkan kadar glukosa darah Anda. 

Kacang polong.

Photo :
  • Pixabay/PublicDomainPictures
Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

"Jika Anda mengambil 'makeup' karbohidrat dalam kacang-kacangan serta kandungan serat dan proteinnya, Anda mendapatkan pemecahan karbohidrat yang lambat," tambah mereka. 

Itulah sebabnya penderita diabetes seringkali tidak mengalami lonjakan gula darah setelah mengonsumsi kacang. 

"Untuk alasan ini, banyak penderita diabetes yang menghitung karbohidrat sering disarankan untuk tidak menghitung karbohidrat dalam kacang-kacangan, kecuali dimakan dalam jumlah yang lebih besar atau mereka adalah bagian dari makanan yang mengandung karbohidrat yang membuatnya sulit untuk dimakan," lanjut Diabetes UK. 

"Penting untuk berkonsultasi dengan tim diabetes Anda untuk saran khusus tentang cara menghitung karbohidrat dalam kacang-kacangan karena tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua ini," imbuh mereka. 

Kacang Polong

Photo :
  • Free Great Picture

Secara umum, badan amal tersebut merekomendasikan untuk 'makan lebih banyak' kacang-kacangan seperti kacang polong. Saran ini juga digaungkan oleh makalah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Human nutrition Clinical nutrition.

Studi tersebut menjelaskan, kacang polong kering yang dimasak sebelumnya telah terbukti mampu merangsang respons glukosa darah. Selain itu, penderita diabetes juga disarankan untuk memasukkan jenis kacang-kacangan lain dalam menu makanan mereka. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya