Kaki Sakit Saat Berjalan, Pertanda Kolesterol Tinggi

Kolesterol
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Tingginya kadar kolesterol jahat meningkatkan pembentukan plak di arteri. Plak adalah bahan lilin yang terbuat dari kolesterol dan zat lainnya. Terlalu banyak plak dapat membuat arteri Anda menyempit dan mengurangi aliran darah. Penumpukan plak lemak di arteri disebut aterosklerosis.

5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari oleh Ibu Menyusui

Aliran darah yang terbatas ini dapat muncul melalui tanda-tanda peringatan di kaki Anda. Hal ini dapat mengakibatkan penyakit arteri perifer (PAD) di kaki atau ekstremitas bawah. Dikutip dari Times of India, PAD dapat terjadi di pembuluh darah mana pun, namun lebih sering terjadi di kaki.

Tingginya kadar kolesterol jahat meningkatkan pembentukan plak di arteri Anda. Plak adalah bahan lilin yang terbuat dari kolesterol dan zat lainnya. Terlalu banyak plak dapat membuat arteri Anda menyempit dan mengurangi aliran darah. Penumpukan plak lemak di arteri disebut aterosklerosis.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Aliran darah yang terbatas ini dapat muncul melalui tanda-tanda peringatan di kaki Anda. Hal ini dapat mengakibatkan penyakit arteri perifer (PAD) di kaki atau ekstremitas bawah. PAD dapat terjadi di pembuluh darah mana pun, namun lebih sering terjadi di kaki.

Nyeri di kaki

Photo :
  • times of india
5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Sakit saat berjalan

Selain rasa sakit di kaki Anda, tanda-tanda penyakit arteri perifer juga dapat dilihat sebagai:

- Rambut rontok dari kaki 
- Mati rasa atau kelemahan di kaki
- Kuku kaki rapuh dan tumbuh lambat
- Bisul di kaki yang tidak sembuh-sembuh
- Warna kaki menjadi pucat atau biru
- Otot-otot di kaki menyusut

Terkadang gejala penyakit arteri perifer bisa menjadi pertanda masalah kesehatan serius yang memerlukan perawatan segera. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami nyeri pada kaki saat berjalan, atau tanda terkait PAD lainnya pada kaki, seperti yang disebutkan di atas.

Bahkan jika Anda tidak mengalami tanda-tanda kolesterol tinggi, disarankan untuk melakukan tes darah untuk memeriksa kadar kolesterol Anda secara teratur. Ini karena terkadang Anda mungkin memiliki kolesterol tinggi namun tidak mengalami gejala sampai terlambat.

Cara menurunkan kolesterol tinggi

Sepatu olahraga

Photo :
  • Dokumentasi

Untungnya, ada berbagai modifikasi gaya hidup praktis yang dapat banyak membantu dalam menurunkan kadar kolesterol Anda, karena sering kali disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Obat-obatan yang diresepkan oleh dokter Anda juga dapat membantu mengendalikan kolesterol tinggi.

Beralih ke diet sehat yang kaya buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Potong semua jenis makanan olahan dan kemasan. Makanan tinggi lemak jenuh, seperti sosis, biskuit, dan keju, harus dihindari atau dimakan dalam jumlah yang dikurangi.

Berolahraga setiap hari juga penting untuk kesehatan tubuh dan jantung yang sehat. Berhenti merokok dan minum lebih sedikit alkohol, juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya