Instruksi Satgas PB IDI Cegah Penyebaran COVID-19 dan Cacar Monyet

Virus corona
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Virus COVID-19 masih menyebar di penjuru negeri dan masih harus diwaspadai oleh masyarakat Indonesia. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19  dari Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) merekomendasikan beberapa poin penting bagi masyarakat untuk menghadapi situasi pandemi saat ini.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Hal pertama yang paling penting untuk diperhatikan adalah tentang penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga terdekat.

DR dr Erlina Burhan, SpP(K) selaku Ketua Satgas COVID PB IDI juga mengingatkan masyarakat untuk terus patuh menjaga protokol kesehatan ketika berada di luar rumah.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

COVID-19

Photo :
  • Times of India

"Kepatuhan masyarakat dalam menjaga jarak itu bervariasi. Melihat kepatuhan di beberapa tempat, yang paling tidak patuh itu di terminal. Kemudian juga di tempat wisata, di mal, di rumah, dan tempat ibadah," tutur dokter Erlina dalam konferensi pers Satgas Monkeypox dan COVID-19 bersama PB IDI secara virtual, Jumat 26 Agustus 2022.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Masyarakat juga diimbau untuk menyerukan kampanye penerapan PHBS dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah, sekolah, tempat kerja, dan berbagai tempat umum. Kampanye tersebut bisa disuarakan dengan cara-cara yang kreatif dan komunikatif seperti melalui media sosial maupun media massa lainnya.

Kemudian, dokter Erlina juga meminta masyarakat untuk menyegerakan vaksinasi COVID-19 lengkap termasuk booster di berbagai pusat pelayanan vaksinasi terdekat bagi semua masyarakat  yang memenuhi syarat vaksinasi.

Ilustrasi cacar monyet/monkeypox.

Photo :
  • Freepik

"Melanjutkan vaksinasi COVID-19 lanjutan atau booster di pusat pelayanan vaksinasi terdekat bagi masyarakat yang sudah memenuhi syarat vaksinasi lanjutan," kata dokter Erlina.

Rekomendasi yang diberikan oleh PB IDI untuk masyarakat selanjutnya adalah supaya terus menaati anjuran pemerintah terkait penanggulangan pandemi COVID-19. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya