Benarkah Oral Seks Sebabkan Kanker Tenggorokan? Ini Dia Penjelasannya

Ilustrasi berciuman
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle– Sebagian orang yang tengah mengalami beberapa kondisi tertentu, terkadang lebih memilih berhubungan dengan oral seks. Oral seks sendiri merupakan sebuah tindakan foreplay yang umum dilakukan yang melibatkan ciuman atau jilatan area genital untuk kesenangan pasangan.

8 Tips Menghilangkan Cegukan, No 8 Paling Unik

Human papillomavirus (HPV) dapat menyebar selama seks oral, meningkatkan risiko kanker tenggorokan.HPV dapat menyebar selama seks oral, meningkatkan kemungkinan kanker . Di Amerika Serikat, HPV adalah virus menular seksual yang paling umum .

Ilustrasi ciuman

Photo :
  • Pixabay/ SplitShire
5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Kesehatan seksual menghadirkan berbagai risiko. Namun, mengkhawatirkan masalah kesehatan potensial dapat menurunkan keintiman antara pasangan dan, pada akhirnya, kualitas hidup. Dokter selalu menyarankan agar berhati-hati dalam hal perlindungan terhadap masalah kesehatan seksual.

Artikel ini akan membahas kaitan antara seks oral, HPV, dan kanker tenggorokan. Ini juga akan menjelaskan faktor risiko utama kanker tenggorokan.

Puasa Ramadhan Bisa Batal Hanya Karena Obat Tetes Mata? Buya Yahya Bilang Begini

Ilustrasi flu

Photo :
  • Times of India

Apakah Oral Seks Aman?

Oral seks lebih melibatkan penggunaan mulut untuk merangsang alat kelamin atau area genital pasangan. Adapun beberapa jenis kelamin ini yang dapat menyebarkan infeksi menular seksual (IMS) seperti:

  • gonorea
  • bulu kemaluan
  • sipilis
  • klamidia
  • HPV

Pencegahannya

Seseorang dapat mengurangi risiko tertular HPV dengan mendapatkan vaksin HPV. Itu paling umum vaksin di AS adalah Gardasil 9 . Untuk mengurangi risiko tertular IMS secara umum, seseorang dapat menggunakan kondom , dental dam , atau metode penghalang lainnya setiap kali melakukan oral seks.

Pelajari tentang Praktik test amad lumum.

 praktik seks aman lainnya.

HPV dan kanker

Infeksi HPV tidak secara langsung menyebabkan kanker mulut. Virus memicu perubahan pada sel yang terinfeksi. Materi genetik virus menjadi bagian dari sel kanker, menyebabkan mereka tumbuh.

penyebab HPV70%Sumber Tepercayakanker tenggorokan atau orofaringeal di AS Kanker ini cenderung berkembang di amandel atau bagian belakang lidah.

Tubuh seseorang biasanya membersihkan sebagian besar infeksi HPV dalam2 tahunSumber Tepercaya. Orang yang merokok cenderung tidak dapat membersihkan infeksi HPV karena merokok merusak sel-sel kekebalan di kulit. Ini biasanya membantu melindungi terhadap kerusakan virus.

Jenis HPV
Beberapa risiko rendah jenis HPV dapat menyebabkan tumbuhnya kutil di mulut dan tenggorokan. Pertumbuhan ini seringkali jinak.

Namun, mereka dapat menyebabkan obstruksi jalan napas yang parah dan komplikasi. Dalam kasus yang sangat jarang, kutil ini menjadi kanker.

Berisiko tinggi, HPV dapat menyebabkan beberapa jenis kanker jika sistem kekebalan tidak membersihkan infeksi.

Faktor Risiko Kanker Usbun
Meskipun HPV bukan satu-satunya penyebab kanker tenggorokan, HPV meningkatkan risiko kanker tenggorokan berkembang.

Faktor risiko lainnya termasuk beberapa di antaranya berikut ini:

Merokok: Merokok tembakau adalah faktor risiko terpenting untuk semua kanker kepala dan leher, termasuk kanker tenggorokan. Perokok berat yang teratur, jangka panjang, adalahlebih mungkinSumber Tepercayamengembangkan jenis kanker tenggorokan daripada non-perokok.
Paparan zat berbahaya: Paparan yang terlalu lama terhadap hal-hal berikut juga dapat meningkatkan risiko:
asap cat
debu dan serutan kayu
beberapa bahan kimia yang digunakan dalam industri plastik, logam, dan tekstil

Alkohol: Konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan dan terus-menerus juga meningkatkan risiko terkena kanker tenggorokan. Etanol adalah jenis alkohol yang ditemukan dalam minuman beralkohol. 

Minuman beralkohol mengandung persentase etanol yang berbeda. Namun, secara umum, minuman ukuran standar mengandung:samaSumber Tepercayajumlah etanol jenis apa pun. Ukuran standar untuk berbagai jenis minuman beralkohol meliputi:

  • 12 ons (oz) bir
  • 5 ons anggur
  • 1,5 ons minuman keras

Secara keseluruhan, jumlah alkohol yang diminum seseorang dari waktu ke waktu – bukan jenis minuman beralkohol – tampaknya menjadi faktor terpenting dalam meningkatkan risiko kanker. PalingbuktiSumber Tepercayamenunjukkan bahwa itu adalah etanol yang meningkatkan risiko, bukan hal-hal lain dalam minuman.

Orang dengan penyakit refluks gastroesofageal memiliki sedikit lebih tinggi risiko terkena kanker kerongkongan. Risiko ini tampaknya lebih tinggi pada orang yang memiliki gejala lebih sering.

Gejala HPV

Gejala HPV seringkali “diam”, dan orang biasanya tidak tahu bahwa mereka memiliki virus. Namun, kondisi ini dapat berlanjut ke tahap awal kanker mulut ketika tanda-tanda berikut mulai terjadi:

  • sakit mulut atau bisul terjadi yang tidak sembuh dalam waktu 3 minggu
  • jaringan lunak mulut menjadi berubah warna
  • rasa sakit saat menelan dan perasaan seolah-olah makanan menempel di tenggorokan
  • bengkak tanpa rasa sakit di amandel
  • sakit saat mengunyah
  • sakit tenggorokan yang berkelanjutan atau suara serak dengan batuk terus-menerus
  • perasaan mati rasa di mulut dan bibir
  • pembengkakan atau benjolan di mulut, serta benjolan tanpa rasa sakit di bagian luar leher
  • sakit telinga satu sisi yang berlangsung selama lebih dari beberapa hari

Seseorang harus berkonsultasi dengan dokter jika mereka melihat gejala-gejala ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya