Tahan Bersin, Tenggorokan Seorang Pria Bolong

Ilustrasi bersin.
Sumber :
  • inmagine

Inggris – Hidung yang terasa gatal sering menjadi tanda datangnya bersin. Rasa gatal ini sulit ditahan, karena keluarnya bersin memang sulit untuk dikontrol. Beberapa dari kamu pasti pernah mengalami bersin lebih dari satu kali, padahal tubuh sedang tidak terserang flu.

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Nah, munculnya bersin memang tidak selalu disebabkan oleh penyakit flu, ada banyak faktor penyebab lain yang jadi pemicunya.

Ilustrasi flu, ingusan, bersin

Photo :
  • pixabay/ sweetlousie
Kemenkes Catat Lebih dari 60 Ribu Kasus DBD di Indonesia, Pemudik Harus Waspada

Dilansir dari BBC, Rabu, 20 Desember 2023, seorang pria berusia 30-an mengalami akibat fatal, setelah mencubit hidung dan menutup bibirnya untuk menahan bersin.

Pria ini yang identitasnya tidak disebutkan ini, dilarikan ke Rumah Sakit Ninewells di Dundee, Skotlandia. Mengalami rasa sakit parah karena usahanya menahan bersin, pria ini meningkatkan tekanan di saluran napas bagian atas hingga 20 kali lipat.

Bagaimana Membedakan Gejala Infeksi dengan Penyakit Biasa pada Anak?

Berpotensi menyebabkan cedera serius seperti pecahnya gendang telinga, aneurisma, atau bahkan patah tulang rusuk. Dalam kasus khusus ini, pasien tanpa identitas ini alami robekan sebesar 2 mm di tenggorokan yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Robekan tenggorokan yang dikenal sebagai "perforasi trakea spontan" secara medis, merupakan cedera langka yang berpotensi mengancam nyawa dan belum pernah, dikaitkan dengan tindakan menahan bersin sebelumnya.

Ketika pasien tiba di ruang gawat darurat, dia mengalami sakit parah, pembengkakan di kedua sisi lehernya, dan hampir tidak dapat menggerakkan kepalanya. Dia melaporkan mengalami demam saat mengemudi, dan ketika ingin bersin, ia hanya menahannya dengan mencubit hidung dan menutup mulutnya, akhirnya mengakibatkan robekan tenggorokan.

Dokter yang saat itu memeriksa pasien, mendengar suara berderak samar dari tenggorokannya, menunjukkan adanya masalah. Untungnya, kondisi ini tidak memengaruhi pernapasan, menelan, atau berbicara.

Ilustrasi bersin.

Photo :
  • Pexels/Cottonbro

Setelah diagnosis, pasien pulang dengan resep obat pereda nyeri dan obat demam, dengan instruksi untuk menghindari aktivitas berat selama dua minggu. Lima minggu kemudian, pemeriksaan menunjukkan bahwa robekan tenggorokannya telah sembuh.

Dr. Rasads Misirovs dalam wawancara dengan BBC, menekankan pentingnya menutup wajah dengan lembut menggunakan tangan atau bagian dalam siku untuk mencegah penyebaran virus, air liur, atau lendir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya