Mengenal Lebih Dalam Vertigo: Penyebab, Jenis dan Cara Mencegah

Ilustrasi seseorang mengalami vertigo
Sumber :
  • flickr

VIVA Lifestyle – Vertigo merupakan ilusi dari pergerakan, seperti merasakan berputar atau bergoyang yang bisa membuat salah persepsi. Hal itu disebabkan oleh gangguan di pusat-pusat keseimbangan dalam tubuh.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Penyebab munculnya vertigo itu tergantung dari organ keseimbangan mana yang terkena. Terdapat empat organ keseimbangan, yaitu:

  1. Mata
  2. Telinga Bagian Dalam
  3. Otak Kecil
  4. Proprioseptif
Terkontaminasi Alga Berbahaya, Malaysia Minta Warganya Setop Konsumsi Kerang

Ilustrasi vertigo.

Photo :
  • U-Report

Untuk menentukan penyebab dan gejala dari vertigo harus mengetahui organ keseimbangan mana yang mengalami gangguan, karena setiap organ keseimbangan memiliki gejala yang berbeda-beda.

Terminal Lucidity, Fenomena Seseorang Mendadak Sehat Sebelum Maut Menjemput

Gejala vertigo dibagi menjadi dua, yaitu vertigo berputar dan vertigo bergoyang,” ucap dr. Zicky Yombana, Sp.S dalam kanal YouTube VDVC Health yang dilansir VIVA pada 5 September 2022.

Penderita vertigo berputar merasakan seperti sedang naik komidi putar, sedangkan untuk vertigo bergoyang terasa seperti berada dalam kapal atau mabuk laut.

Faktor kekurangan tekanan darah (HB) bisa memicu terjadinya vertigo. Sebagai contoh jika HB kurang dari 10, itu memungkinkan untuk menyebabkan vertigo.

Namun, tidak semata-mata hanya kekurangan tekanan darah atau HB menjadi faktor utama penderita mengalami vertigo.

Ilustrasi penyakit vertigo

Photo :
  • U-Report

Jenis vertigo dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Vertigo Perifer adalah vertigo yang tidak berbahaya
  2. Vertigo Sentral adalah vertigo yang berbahaya.

Vertigo sentral sering terjadi pada orang-orang yang mengalami gangguan di otak kecil. Contohnya, entah ada sumbatan di otak kecil, entah ada pendarahan di otak kecil,” jelas dr. Zicky Yombana, Sp.S.

Kemungkinan terburuk adalah terdapat tumor di dalam otak kecil yang menyebabkan vertigo. Oleh sebab itu, vertigo merupakan tanda dari suatu penyakit yang lebih serius. 

Untuk mencegah terjadinya vertigo yang tidak berbahaya adalah dengan melatih pusat keseimbangan dalam tubuh. Beberapa cara mencegah vertigo menurut penjelasan dr. Zicky Yombana, Sp.S, yaitu:

  1. Tidak mengubah posisi kepala terlalu cepat. Sebagai contoh, jika kita menoleh sebaiknya pelan-pelan.
  2. Melakukan senam-senam vertigo.
  3. Sirkulasi ke otak harus baik. Mengonsumsi air yang cukup, olahraga serta pola hidup sehat. 

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang vertigo, simak penjelasan rinci oleh dr. Zicky Yombana, Sp.S dalam kanal YouTube VDVC Health di bawah ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya