Makanan Ini Membantu Mencegah Stroke, Lakukan Mulai Sekarang

Stroke
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Hingga 80% dari stroke dapat dicegah. Apa yang Anda makan setiap hari dapat memainkan peran besar tidak hanya dalam pengendalian berat badan, tetapi juga dalam melindungi dari stroke.

Dorman Borisman Sempat Amputasi Kaki Sebelum Meninggal Dunia

Makanan, yang berkaitan dengan stroke, adalah tentang pencegahan. Pilihan makanan Anda dapat mengurangi risiko penumpukan kolesterol di arteri, dan penyumbatan ini adalah penyebab utama stroke,” kata praktisi perawat bersertifikat Susan Jaeger, dikutip dari health.clevelandclinic, Kamis 8 September 2022

Stroke sering disebut sebagai "serangan otak" karena itu memengaruhi otak Anda seperti serangan jantung terhadap jantung Anda. Satu orang Amerika meninggal setiap empat menit karena stroke, dan untuk membantu mengimbangi risiko Anda, diet jantung sehat sangat penting.

Idap Gejala Stroke Akibat Diabetes, Willy Dozan Ungkap Kondisi Betharia Sonata: Sarafnya Lemah

Berikut ini saran dari Susan Jaegar tentang bagaimana Anda dapat membuat pilihan makanan yang tepat untuk mencegah stroke.

1. Tingkatkan jumlah buah dan sayuran saat diet

Kelihatan Sehat, Begini Kondisi Tukul Arwana Setelah 3 Tahun Berjuang dengan Stroke

Ini adalah cara untuk mengurangi asupan kolesterol, lemak "jahat" dan natrium sambil tetap mengisi Anda. Namun, beberapa makanan bisa menipu.

“Anda mungkin berpikir Anda melakukan hal yang sehat dengan memesan salad di restoran. Tetapi jika itu diisi dengan daging makan siang, keju, dan saus peternakan, Anda benar-benar mengonsumsi banyak kalori, lemak, dan garam, yang semuanya dapat meningkatkan risiko stroke," tuturnya.

Tidak hanya itu, satu penelitian melaporkan bahwa pemanis buatan sebenarnya dapat meningkatkan risiko stroke juga.  Diet Mediterania adalah yang terbaik untuk membantu meningkatkan asupan buah dan sayuran karena terbukti menjadi yang terbaik untuk jantung Anda. 

Masukkan beberapa resep ramah diet Mediterania dalam siklus resep mingguan Anda untuk menuai manfaat dari daging tanpa lemak, ikan, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

2. Hindari makanan berkolesterol 

Benarkah Daging Merah Penyebab Hipertensi ?

Photo :
  • Pixabay

Daging merah, mentega, dan makanan yang digoreng terkenal dapat meningkatkan risiko stroke. Sebagai gantinya, cobalah memanggang, memanggang, dan mengukus makanan Anda alih-alih menggorengnya.

Saat memilih daging, pastikan untuk memilih daging putih seperti ayam tanpa kulit daripada daging merah. Jika Anda ingin mencoba pengganti daging, masukkan buncis, kacang polong, lentil atau tahu ke dalam menu makanan.

3. Makan makanan yang kaya omega-3

Omega-3 adalah lemak tak jenuh ganda - jenis lemak sehat - yang meningkatkan tingkat kolesterol "baik" Anda. Ini juga telah terbukti membantu mencegah stroke.

“Temukan dalam ikan, biji rami, dan telur kaya omega-3,” katanya. "Omega-3 juga menurunkan kolesterol jahat, yang membantu mengurangi risiko stroke."

American Heart Association merekomendasikan setidaknya dua porsi ikan berlemak setiap minggu, yang dapat mencakup salmon, mackerel, sarden, dan herring. Konsultasikan dengan dokter atau ahli diet Anda untuk mengetahui berapa banyak omega-3 yang Anda butuhkan dalam diet Anda.

4. Kurangi asupan garam

Panties Pizza

Photo :
  • Istimewa

Meskipun terkadang kita menginginkan makanan asin, penting untuk memperhatikan berapa banyak natrium yang sebenarnya kita makan.

Menurut American Heart Association, rata-rata orang Amerika makan sekitar 3.400 mg sodium setiap hari. AHA merekomendasikan tidak lebih dari 1.500 mg sehari, dan jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, Anda harus mengonsumsi lebih sedikit lagi.

“Kurangi penggunaannya dalam masakan Anda dan bahkan jangan menyentuh pengocok garam saat Anda makan. Cobalah mengganti garam dengan bumbu dalam masakan Anda untuk meningkatkan rasa alami makanan tanpa meningkatkan tekanan darah,” kata Jaegar.

Garam juga bisa bersembunyi di makanan favorit Anda. Kadar natrium yang tinggi dapat ditemukan di favorit penggemar seperti pizza, sup kalengan, roti, sandwich, saus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya