Weekend! Ini 7 Tempat Joging Gratis dan Nyaman di Jakarta

Ilustrasi lari
Sumber :
  • Nike Indonesia

VIVA Lifestyle – Tempat joging terbaik di Jakarta yang perlu diketahui oleh kamu sebagai referensi ketika ingin berolahraga nanti. Joging merupakan olahraga yang sederhana dan mudah dilakukan di mana saja.

Agung Sedayu Lengkapi PIK 2 dengan Taman Doa Lady of Akita Senilai hingga Rp 250 M

Namun, jika dilakukan di tempat-tempat yang memiliki suasana positif dan suasana yang mendukung tentu mood akan semakin membaik. Sehingga kegiatan joging dapat dilakukan dengan senang hati.

Bugar merupakan suatu kondisi di mana tubuh tidak mengalami kelelahan yang berlebihan setelah menjalankan berbagai aktivitas. Untuk mencapai tubuh yang bugar, jogging hanya perlu dilakukan sekitar 3-5 kali saja dalam seminggu.

Ada Taman Lalu Lintas di 7 Rest Area Ini

Di tengah padatnya kota Jakarta, warga Ibu Kota tidak perlu bingung mencari tempat yang pas untuk jogging. Kali ini Viva merangkum rekomendasi tempat jogging terbaik di Jakarta. yuk simak ulasan Viva berikut ini.

1. Hutan Kota Gelora Bung Karno

Potret Istana Versailles Disulap Jadi Arena Olimpiade 2024

Lomba Lari Dalam Rangka Banteng Ride and Night Run di GBK

Photo :
  • PDI Perjuangan

Hutan Kota Jakarta merupakan kawasan hijau yang memiliki lahan seluas 4 hektare. Berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Pusat. Disana terdapat jogging track yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk jogging. Tidak hanya itu, taman kota juga memiliki fasilitas berupa toilet umum hingga foodcourt.

Meskipun terlihat seperti lahan terbuka, hutan kota juga memiliki jam operasional lho. Hutan kota buka setiap hari selasa sampai minggu pukul 06.00-10.00 WIB dan 15.00-18.00 WIB. Waktu tersebut merupakan waktu yang tepat untuk melakukan jogging. Pengunjung bisa masuk melalui pintu 5 GBK. Tenang saja, masuk sini tidak dipungut biaya.

2. Area CFD Sudirman Thamrin

Pasca Teror, Warga Padati CFD di Thamrin

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Kegiatan Car Free Day yang biasa menjadi agenda tayang warga Jakarta kembali dibuka setelah sempat berhenti pada masa pandemi.

Car Free Day merupakan hari dimana jalanan bebas kendaraan bermotor. Hal ini berlangsung pada pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB. Di masa pandemi, pengunjung harus selalu membawa masker dan menjaga kebersihan.

3. Taman Menteng

Taman Menteng

Photo :
  • www.jakarta.go.id

Taman Menteng berada di Menteng, Jakarta Pusat. Kawasan ini sering dijadikan lahan untuk jogging bagi masyarakat sekitar. Pada pagi dan sore hari, banyak masyarakat yang datang untuk jogging.

Di malam hari, tempat ini sering digunakan untuk berlatih skateboard hingga sepeda BMX bagi warga sekitar. Taman Menteng boleh jadi pilihan yang tepat untuk Jogging karena terdapat Jogging track sebagai fasilitas penunjang.

4. Jogging track Banjir Kanal Timur

Warga berolahraga pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Inspeksi BKT, Jakarta, Minggu (12/7/2020). (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Banjir Kanal Timur atau yang biasa disebut BKT berlokasi di Duren Sawit, Jakarta Timur. BKT memiliki track jogging sepanjang 1,4 km. Kawasan ini selalu ramai dikunjungi karena terletak biaya yang strategis dan tidak perlu dikeluarkan. Selain jogging, warga sekitar juga memanfaatkan waktu untuk bersepeda di kawasan BKT.

5. Area Stadion Internasional Jakarta (JIS)

Papan penunjuk zona di Jakarta International Stadium (JIS).

Photo :
  • ANTARA/Abdu Faisal

JIS memiliki ramp atau jalur pejalan kaki sepanjang 200m (pada bagian barat) dan 160m (pada bagian timur) sebagai pintu masuk utama. Biasanya, kawasan itu sering digunakan oleh masyarakat sekitar untuk jogging atau sekedar berswafoto.

Salah satu fasilitas menarik yang dimiliki stadion berkelas dunia yang berada di Jakarta Pusat ini adalah terdapat track jogging di atas ketinggian 72 meter. Jogging track tersebut memiliki lebar 3 meter dan panjang 950 meter mengelilingi stadion JIS.

6. Taman Suropati

Taman Suropati

Photo :
  • http://dinamikahati2.blogspot.com/

Taman Suropati merupakan pilihan yang paling tepat apabila ingin jogging sambil menghirup udara segar. Sebab terdapat banyak pohon pemandangan taman. Taman Suropati terletak di Menteng, Jakarta Pusat dan tidak memiliki jam operasional.

7. Taman Lapangan Banteng

Monumen Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng

Photo :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Taman Lapangan Benteng terletak di daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat. Taman ini memiliki luas sebesar 5,2 hektare. Taman ini memiliki fasilitas jogging track untuk masyarakat sekitar yang memiliki hobi jogging. Selain jogging track, taman ini juga memiliki pertunjukan air mancur menari yang biasanya dilakukan malam hari setiap akhir pekan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya