Musim Hujan Tiba, Ini Cara Tingkatkan Imun Agar Tak Mudah Sakit

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Saat ini, Indonesia tengah memasuki musim hujan, yang biasanya dimulai sejak September hingga Januari. Tak sedikit orang yang akan sakit atau merasa tubuh menjadi melemah saat masuk musim hujan.

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

Cuaca yang tidak menentu bisa membuat sistem kekebalan tubuh jadi melemah. Biasanya, hal ini terjadi karena tubuh yang berusaha menyesuaikan diri dengan cuaca. Nah, karena itu, penting untuk menyiapkan kesehatan diri dan menjaga imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh. 

Ilustrasi sakit/demam.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio
Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Dilansir dari jurnal Informed Health, sistem imun tubuh adalah yang membuat setiap manusia tetap sehat ketika terserang patogen. Perlu diketahui, sistem kekebalan tubuh manusia menyebar ke seluruh tubuh dan melibatkan banyak jenis sel, organ, protein dan jaringan. 

Sistem imun tubuh inilah yang akan mencari perbedaan jaringan asing dan membersihkan sel-sel tubuh yang rusak. Sistem imun tubuh akan bekerja dengan cara melakukan respons imun ketika bertemu dengan patogen, misalnya, bakteri, virus, atau parasit.

Waspada Leptospirosis di Musim Hujan dan Banjir: Kenali Gejalanya Segera!

Tak perlu hal sulit dan mahal untuk meningkatkan imun tubuh, coba beberapa hal alami dan mudah ini, jamin imun tubuh akan kuat: 

Makan Makanan Sehat & Bergizi

Makanan sehat.

Photo :
  • U-Report

Hal pertama cara meningkatkan imun tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Cukup mudah bukan? Pemastikan tubuh mendapatkan asupan sebat dengan kandungan gizi seimbang. Ini berarti makanan yang kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan seseorang.

Cara meningkatkan imun tubuh dengan asupan makanan sehat dan bergizi ini, dapat dilakukan dengan memastikan tubuh selalu mendapat asupan buah dan sayur. Ini perlu, karena buah dan sayur kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Kemudian, makan nasi atau gandum untuk mendapatkan karbohidrat, makan daging dan kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan protein.  

Olahraga Teratur

Ilustrasi Olahraga

Photo :
  • Canva

Rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3–5 kali seminggu diketahui dapat meningkatkan reaksi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Berdasarkan data dari US National Library of Medicine, aktif bergerak bisa membantu membuang bakteri penyebab penyakit dari paru-paru. Hal ini menurunkan risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan udara dan sistem pernapasan.

Pilihlah olahraga yang sesuai kemampuan tubuh. Jika baru mau memulai olahraga, maka bisa mulai dengan olahraga ringan namun efektif untuk tubuh, seperti berjalan kaki, jogging, atau bersepeda di sekitar rumah.

Atau, karena sedang musim hujan dan sulit untuk berolahraga di luar, bisa juga berolahraga di dalam rumah, misalnya melakukan senam aerobik, yoga, atau stretching

Berjemur

Berjemur di sinar matahari

Photo :
  • Times of India

Cara meningkatkan daya tahan tubuh berikutnya adalah berjemur. Hasil studi menyebutkan bahwa sinar matahari dapat memicu produksi vitamin D yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, berjemurlah setidaknya 3 kali seminggu selama 10–15 menit, terutama pada pukul 09.00–10.00 pagi. 

Istirahat/Tidur yang Cukup

Ilustrasi tidur

Photo :
  • pixabay.com

Kualitas tidur sangat erat kaitannya dengan daya tahan tubuh. Tidur yang cukup dan nyenyak dapat menjaga, bahkan memperkuat daya tahan tubuh. Sebaliknya, kurang tidur dapat membuat tubuh rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, pastikan untuk mencukupi waktu tidur dan istirahat. 

Usahakan untuk selalu tidur di waktu yang sama setiap malamnya, dan biasakan tidak tidur terlalu larut. Dikutip dari Mayo Clinic, sebuah penelitian menunjukkan kebiasaan begadang bisa mengganggu sistem imunitas tubuh, membuat tubuh mudah terserang virus dan tubuh jadi lebih sulit untuk melawannya. Idealnya, durasi tidur yang sehat dan disarankan adalah 7-8 jam di malam hari.

Kelola Stres

Stress

Photo :
  • U-Report

Nah, hal terakhir yang mungkin banyak orang lupa, adalah mengelola stres. Stres juga bisa menjadi sumber penyakit, terutama bila berlebihan dan tidak terkontrol. Oleh karena itu, mengelola stres menjadi salah satu cara meningkatkan imun tubuh yang perlu diketahui. 

Saat seseorang stres, maka tubuhnya akan memproduksi hormon kortisol. Peningkatan kortisol akibat stres yang berkepanjangan, dapat menurunkan daya tahan tubuh. 

Mendeteksi stres sebenarnya cukup mudah, karena kita sendiri pasti merasakan apabila tengah dilanda stres, atau terserang gangguan kecemasan. Menyingkapi hal ini, maka cara meningkatkan imun tubuh dengan mengelola stres bisa dilakukan dengan membuat suasana hati menjadi positif. 

Contoh cara mengelola stres yaitu melakukan hobi, berolahraga, berkumpul dengan keluarga atau teman, mengeluarkan isi pikiran yang mengganjal, atau bisa juga melakukan perawatan diri. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya