Timun Suri Buah Musiman Saat Ramadhan, Khasiat Sehatnya Bukan Sekadar Menyegarkan Tubuh

Timun Suri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

JAKARTA  – Timun suri, menjadi salah satu jenis buah-buahan yang kerap dikonsumsi saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. Ternyata, timun suri memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, apa sajakah itu?

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Menurut dr. Raisa Edwina Djuanda, Sp.GK Spesialis Gizi Klinik, timun suri dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung berbagai macam antioksidan seperti vitamin A dan Vitamin B, serta polifenol yang baik untuk tubuh. 

"Timun suri mengandung berbagai antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, dan polifenol yang sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh," kata dr. Raisa dikutip dari tayangan di channel YouTube Hidup Sehat tvOne. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Dokter Raisa menjelaskan, vitamin A dan C sangat baik untuk meningkatkan sistem imun. Kemudian, flavonoid juga bermanfaat bagi tubuh yakni menghambat enzim-enzim yang dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh. 

"Menurut beberapa penelitian, vitamin A dan vitamin C sangat baik untuk meningkatkan sistem imun. Selain itu, flavonoid juga dapat menghambat enzim enzim yang dapat meningkatkan peradangan di dalam tubuh," kata dokter Raisa.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Penjualan Timun Suri Turun di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Kemudian, timun suri juga baik dikonsumsi oleh orang dengan diabetes. Menurut dokter Raisa, timun suri mengandung sedikit sekali glukosa dan mengandung banyak air serta serat. Maka dari itu, timun suri baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Hanya saja, cara mengolah timun suri itu perlu diperhatikan. 

"Timun suri mengandung sedikit sekali glukosa dan mengandung banyak air dan serat, sehingga baik untuk penderita diabetes," kata dokter Raisa.

"Tetapi perlu diingat untuk cara mengolah timun suri ini. Sebaiknya jangan menambahkan lagi gula atau pemanis buatan lainnya," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya