Kesalahan Terburuk Saat Sarapan untuk Pasien Gula Darah Tinggi

Ilustrasi sarapan
Sumber :
  • Eat This

VIVA LifestyleSarapan dianggap sebagai "makanan terpenting hari ini" oleh banyak ahli karena suatu alasan, karena melewatkannya dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti metabolisme yang lambat, penambahan berat badan, dan bahkan peningkatan risiko diabetes tipe 2. 

Dorman Borisman Sempat Amputasi Kaki Sebelum Meninggal Dunia

Makan pagi ini sangat penting bagi mereka yang saat ini menderita diabetes. Makan lebih awal dan makan yang rendah karbohidrat dan tinggi lemak telah terbukti mendukung kadar gula darah sepanjang hari. Scroll untuk selengkapnya.

Di sisi lain, melewatkan sarapan dapat mempersulit Anda untuk menjaga gula darah Anda dalam kisaran yang aman sepanjang hari, demikian dilansir dari Eat This, Senin 19 September 2022.

Cara Menumbuhkan Rasa Cinta Masyarakat Indonesia pada Kopi

Meskipun sarapan sangat penting, Anda juga perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat untuk memaksimalkan makanan ini. Ketika datang untuk minum di pagi hari, khususnya, Anda bisa mendatangkan malapetaka pada gula darah Anda jika tidak hati-hati. 

Inilah sebabnya mengapa kesalahan sarapan terburuk untuk gula darah tinggi adalah minum minuman tertentu tanpa disertai dengan makanan.

Viral Sensasi Baru Kopi Daun Bawang Jadi Tren di Tiongkok, Gimana Rasanya?

Sebagai contoh, kopi adalah minuman klasik yang membuat pagi Anda bersemangat; Namun, minum secangkir kopi saja bisa berdampak buruk pada tubuh.

"Untuk beberapa penderita diabetes, kafein dapat menyebabkan gula darah melonjak (tidak semua)," kata ahli diet terdaftar Lauren Manaker, MS, RDN, LDN, CLEC, CPT, penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook, 

Menurut Mayo Clinic, jika saat ini Anda menderita diabetes dan menggunakan insulin, dampak kafein (sekitar 200 miligram) dapat dikaitkan dengan kadar gula darah yang lebih tinggi atau lebih rendah. Selain itu, minum kopi sebelum makan apa pun di pagi hari juga dapat menyebabkan peningkatan.

"[Minum] jus saja akan menyebabkan gula darah melonjak karena merupakan sumber karbohidrat yang cepat," kata ahli diet terdaftar Sydney Greene, MS, RDN.

Minum jus setiap hari berarti tubuh Anda mengonsumsi bentuk buah yang sangat terkonsentrasi yang tidak memiliki serat pengatur gula darah yang memperlambat pencernaan yang ada dalam bentuk buah utuh. 

Menurut CDC, mengonsumsi serat sangat penting untuk mengendalikan gula darah Anda. Tubuh tidak dapat menyerap dan memecah serat, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan gula darah seperti karbohidrat lainnya.

Memperbaiki kesalahan sarapan Anda karena gula darah tinggi
Solusinya? Pasangkan minuman tersebut dengan makanan yang akan membantu menjaga kadar gula darah. Makanan tersebut termasuk protein dan lemak sehat.

"Untuk kopi, memasangkannya dengan makanan yang mengandung protein dan/atau lemak sehat dapat membantu menumpulkan lonjakan kafein," kata Greene.

Manaker juga menyarankan untuk memasangkan kopi dengan telur orak-arik, yang katanya dikemas dengan lemak sehat, protein, dan antioksidan. Ini membuatnya menjadi tambahan yang bagus untuk diet penstabil gula darah.

"Selanjutnya, dengan menambahkan lemak seperti segenggam kacang atau satu sendok makan selai kacang saat Anda minum jus, lonjakan gula darah Anda akan tumpul, yang menyebabkan perasaan lapar atau lelah yang tertunda," kata Greene.

"Sandwich selai kacang pada roti gandum menyediakan beberapa serat, nutrisi lain yang memainkan peran positif pada gula darah. Sandwich juga menyediakan lebih banyak lemak dan protein," kata Manaker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya