Penyebab Kram Kaki di Malam Hari dan Faktor Risiko pada Kesehatan

Kram kaki
Kram kaki
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Kram kaki di malam hari atau disebut juga kram nokturnal adalah perasaan tegang dan tersimpul di kaki yang terjadi di malam hari. Rasa kram tersebut dapat bertahan selama beberapa detik hingga beberapa menit. Jika rasa kramnya parah, otot kaki kamu mungkin akan sakit selama berhari-hari.

Mungkin kram kaki mirip dengan sindrom kaki gelisah, namun keduanya berbeda. Keduanya memang cenderung terjadi pada malam hari, akan tetapi sindrom kaki gelisah menyebabkan ketidaknyamanan dan dorongan untuk bergerak alih-alih kram otot yang menyakitkan.

Sementara itu, meskipun kram kaki pada malam hari terasa sakit, namun kram kaki tidak berbahaya. Lantas, apa penyebab kram kaki di malam hari (nokturnal)? Yuk scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Penyebab Kram Kaki di Malam Hari dan Faktor Risiko

Kram kaki

Kram kaki

Photo :

Melansir dari Healthline, saat ini para ahli pun belum mengetahui pasti penyebab kram kaki di malam hari. Kram kaki bisa terjadi karena saraf kamu mengirim sinyal yang salah ke otot tubuh. Misalnya, otak mungkin keliru memberitahu kaki untuk bergerak saat kamu sedang tertidur dan bermimpi. Sehingga hal itu membingungkan otot betis dan menyebabkannya kontraksi.

Penyebab kram kaki di malam hari yang umum terjadi di antaranya sebagai berikuti: