Patut Dicoba, Olahraga Ini Cegah Diabetes Hingga Masalah Mental

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA Lifestyle – Olahraga triathlon yang menggabungkan cabang olahraga renang, bersepeda dan lari ternyata memberi manfaat luar biasa bagi kesehatan fisik dan mental. Bukan tanpa alasan, rupanya gabungan ketiga olahraga ini mampu membakar kalori serta mencegah berbagai penyakit tidak menular yang berbahaya.

Offroad IMI X IOF Challenge Sukses Digelar, Bamsoet Ingin Ada Lagi Gelaran Kolaborasi

Sifat kompetitif dari triathlon dan jumlah upaya fisik yang diperlukan membawa perubahan drastis pada siapa pun yang berpartisipasi. Pelatihan triathlon adalah pengalaman yang mengubah hidup karena membentuk kembali dan meningkatkan berbagai aspek kehidupan individu. Berikut deret manfaat triatlon dikutip dari laman Kerrvilletri.

Latihan otot

78 Pegolf Bersaing di Internasional Amateur Golf Championship 2024

Ilustrasi olahraga/dumbbell.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

Pelatihan triathlon terbukti menjadi jenis latihan seluruh tubuh yang sangat baik. Pelatihan lintas modal untuk triathlon melibatkan latihan intensif untuk otot Anda. Sambil berenang mengencangkan otot-otot tubuh bagian atas, bersepeda dan lari memperkuat tubuh bagian bawah. Sempurna, bukan?

Senjata Ampuh Lawan Penuaan Dini Hingga Diabetes Ditemukan, Ternyata Ada di 5 Makanan Ini

Cara terbaik untuk menurunkan berat badan

Pelatihan yang digerakkan oleh niat kuat ini membantu Anda membakar lemak tubuh yang tidak sehat. Pada akhirnya, Anda menurunkan berat badan dengan cara alami. Latihan triathlon membuat Anda lebih bugar dan juga memperkuat otot Anda.

Merasa energik

Peningkatan aktivitas fisik dalam hidup Anda akan meningkatkan tingkat energi Anda secara keseluruhan. Ini akan meningkatkan kesehatan fisik Anda. Pelatihan untuk triathlon membantu Anda membangun kembali koneksi Anda dengan tubuh Anda. Anda menjadi penuh energi positif dan mulai merasa produktif setiap hari.

Cegah penyakit tidak menular

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Photo :
  • ist

Pelatihan triathlon dikenal karena efek preventif dan kuratifnya pada berbagai penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup. Ada banyak manfaat dari orang-orang dengan penyakit jantung, diabetes, kecemasan, obesitas, dan hipertensi usai mengikuti sesi pelatihan triathlon. Pelatihan yang ketat membuat Anda tetap sehat secara fisik dan mental.

Mendapat kepercayaan diri

Triatlon adalah olahraga yang menarik tetapi menantang. Menyelesaikan setiap acara triathlon memberi Anda rasa pencapaian. Ini pada gilirannya membuat Anda merasa percaya diri tentang diri sendiri.

Menangani stres lebih baik dari sebelumnya

Paparan terus menerus terhadap aktivitas fisik dan lingkungan yang kompetitif membuat Anda tangguh. Ini sama seperti belajar seni untuk tetap tenang dalam situasi stres. Seni ini sangat membantu bahkan di luar arena pacuan lari triatlon.

Ilustrasi stres

Photo :
  • Times of India

Tetap semangat

Rasa pencapaian yang datang dengan pelatihan triatlon juga membantu Anda untuk tetap termotivasi. Anda dapat melakukan beberapa aktivitas saat berlatih untuk triathlon alih-alih berpegang teguh pada rezim yang konstan. Ini tidak pernah membuat Anda merasa bosan dan membuat Anda pergi.

Fokus

Pelatihan triathlon membuat Anda merasa seperti sedang dalam misi. Ini memungkinkan Anda untuk tetap fokus dan bahagia. Kegembiraan dan semangat kompetitif triathlon meningkatkan rasa tujuan.

Dengan manfaat itu, maka perusahaan nutrisi global, Herbalife Nutrition memberika dukungan kejuaraan Triatlon dunia IRONMAN 70.3, yang diadakan pada 6 – 8 Oktober 2022 lalu di Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Senior Director dan General Manager, Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi mengatakan, Herbalife Nutrition sangat bangga dapat menjadi sponsor nutrisi serta mendukung kejuaraan triatlon dunia IRONMAN 70.3, sebuah event berskala internasional yang membawa nama Indonesia khususnya Lombok.

IRONMAN 70.3 merupakan triatlon jarak jauh yang terdiri dari renang 1,9 km, bersepeda 90 km, dan lari 21,1 km. Kejuaraan tahun ini diikuti oleh 406 peserta baik dalam dan luar negeri, termasuk para atlet triatlon Nasional Indonesia yang disponsori oleh Herbalife Nutrition. 

Keikutsertaan para atlet ini akan menjadi contoh yang menginspirasi masyarakat dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan melalui olahraga teratur serta kebiasaan mengonsumsi nutrisi yang baik. Ada pun hasil kejuaraan mencakup, Andy Wibowo menjadi juara Ironman 70.3 Lombok kategori putra dengan catatan waktu 4 jam, 22 menit, sedangkan Inge Prasetyo menjadi juara kategori putri dengan menorehkan waktu 4 jam 58 menit.

Herbalife Nutrition Indonesia menyediakan produk-produk nutrisi unggulan untuk dikonsumsi dalam masa persiapan, perlombaan bahkan paska lomba. Selain itu, Herbalife Nutrition Indonesia juga menyediakan pemeriksaan indeks lemak dan glikemik para atlet secara gratis, sesi Zumba, free flow Herbalife Formula 1 Nutritional Shake Mix di UMKM Village selama acara berlangsung.

“Ajang ini sendiri adalah lomba triatlon tingkat dunia yang telah diselenggarakan di lebih dari 55 negara, dan dengan diadakannya di tanah air dapat memperkuat citra positif Indonesia sebagai tujuan utama untuk sport tourism global. Kegiatan ini juga menjadi bentuk perayaan Herbalife Nutrition Indonesia yang merayakan hari jadinya ke-24 tahun ini," tutup Andam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya