Khasiat Ajaib Jantung Pisang, Kontrol Gula Darah Hingga Cegah Kanker Prostat

Jantung Pisang
Jantung Pisang
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Jantung pisang merupakan salah satu tanaman yang kerap digunakan untuk beragam masakan nusantara dalam berbagai olahan yang lezat. Selain rasa nikmat di lidah, jantung pisang pun mampu memberi khasiat ajaib sehingga tubuh akan lebih sehat dan optimal, terutama di era pandemi saat musim hujan.

Dokter spesialis gizi klinik, dr. Ida Gunawan, SpGK., dalam acara Hidup Sehat tvOne, mengungkapkan bahwa di dalam 100 gram jantung pisang mengandung 5,7 gram serat. Sementara kebutuhan serat per hari pada tiap orang sekitar 25-30 gram, di mana berguna dalam mengatasi gula darah agar tetap stabil.

"Kalau bisa dapat 3 kali porsi dari jantung pisang, sudah memenuhi hampir 17 gram kebutuhan serat. Jadi bagus untuk kendalikan kadar gula darah di tubuh. Pada mereka yang diabetes dan yamg sehat sangat bagus," ujar Ida Gunawan, Selasa 11 Oktober 2022.

Ilustrasi tes diabetes.

Ilustrasi tes diabetes.

Photo :
  • Pixabay

Selain itu, jantung pisang juga rendah kalori dan kaya berbagai vitamin mulai dari A,C,E, dan D. Paling utama di dalamnya adalah Vitamin D yang ternyata sangat baik untuk kesehatan kulit serta mencegah anti ageing. Bahkan, ada kandungan antioksidan yang mampu menjadi obat radang untuk mempercepat penyembuhan.

"Dia jiga kaya fitokimia, efek antimikroba. Masih di penelitian sel kultur di lab dengan ekstrak jantung pisang, hasilnya bagus, sangat baik untuk cegah atau kurangi infeksi. Dengan memakan jantung pisang karena ada efek antimikroba. Membantu mempercepat penyembuhan," tuturnya lagi.

Hal yang juga bisa menjadi manfaat usai mengonsumsi jantung pisang adalah pada reproduksi pria dan wanita. Ekstrak jantung pisang sudah terbukti pada sel di laboratorium yang mengarah pada pencegahan pembesaran prostat.