Wajah Perempuan Terlihat Lebih Tua Dibanding Pria, Ini Penjelasan Ahli

Penuaan Dini
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Semua orang akan mengalami penuaan. Hanya saja, proses penuaan antara pria dan wanita berbeda. Perempuan disebut-sebut memang lebih cepat terlihat tua dibanding pria. Hal tersebut bukan mitos juga bukan katanya. Sebab ada alasan ilmiah yang menyebabkan perempuan lebih cepat terluhat tua dibanding pria.

Maknai Hari Ibu Internasional, Indira Sudiro Ajak Wanita Hidup Sehat dan Seimbang

Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Hari Darmawan, Sp.KK dalam acara Skin Talk & Skincare experience Artistry Vitamin C+HA3 Daily Serum, di kawasan Jakarta Selatan, Rabu 13 Oktober 2022’ mengungkap bahwa alasan dibalik itu semua adalah hormon estrogen dan progesteron pada wanita. Scroll untuk jawaban selengkapnya.

“Ketika perempuan masuki 30-40 estrogen prostogen drop. Berbeda dengan laki-laki yang hanya memiliki testosteron yang tidak berhubungan dengan aging,” kata dia, Rabu 13 Oktober 2022.

Sadis! Pria Tewas Terbungkus Sarung Ternyata Dibunuh Keponakan Saat Makan

Lebih lanjut diungkap Hari bahwa kondisi menstruasi setiap bulan yang terjadi pada wanita menyebabkan kedua hormon tersebut naik turun. Namun ketika memasuki usia menopouse hormon tersebut drop sehingga memengaruhi kenapa perempuan terlihat lebih cepat tua dibandingkan laki-laki. Selain itu, konsumsi makanan yang tinggi gula juga diketahui berpengaruh pada proses penuaan dini.

Ilustrasi penuaan dini.

Photo :
Puteri Azzahra: Perempuan Pilar Utama Membangun Masa Depan Indonesia yang Berkelanjutan

“Tinggi gula, karbo kenapa orang luar lebih tampak muda karena  konsumsi gula mereka tidak setinggi orang Indonesia,” ujar Hari.

Di sisi lain, berbicara mengenai penuaan, proses penuaan sendiri berlangsung pada usia 30,40an-tahun. Namun tidak hanya pada usia tersebut, penuaan juga bisa terjadi di usia 20an atau yang disebut dengan penuaan dini. Hal ini lantaran kurang awarenya wanita untuk merawat kulit sejak dini. 

“Ketika di usia 20 di kulit ada yang namanya elastin dan kolagen yang berkurang 1,5 persen setiap tahunnya. Baru mulai sadar 30 tahun kulit kering, kendur garis halus karena terlambat rawat kulit sejak dini,” kata Hari.

Penuaan dini sendiri bisa dilihat dari berbagai tampilan mulai dari kulit yang berminyak, kulit menjadi kering hingga pori-pori yang membesar.

“Tandanya penuaan dini kulit tampak berminyak kalau cuci muka langsung tampak minyak ada gangguan. Kulit kering seperti tertarik gampang kusam tanda-tanda penuaan dini, kulit kendur, warna kulit tidak merata, dan pori-pori  membesar,” ujar Hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya