Ajaib, 3 Buah Ini Bisa Melarutkan Penggumpalan Darah yang Mematikan

Ilustrasi buah Kiwi dan penggumpalan darah
Sumber :
  • Express.co.uk

VIVA Lifestyle – Anti-koagulan membantu melarutkan gumpalan dengan mengencerkan darah, tetapi dalam beberapa tahun terakhir buah-buahan telah menunjukkan efek yang sama. Ada bukti bahwa bahan kimia tertentu yang ditemukan pada tanaman dapat menghambat pembentukan bekuan darah, atau melarutkan yang sudah ada. 

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Meskipun ini dapat mengurangi risiko pembekuan di masa depan, buah-buahan tidak boleh digunakan sebagai pengganti perawatan medis. Menurut Vein and Vascular Institute, makanan nabati yang paling kuat untuk melarutkan gumpalan secara alami mungkin termasuk bromelain dan rutin. Scroll untuk mencari tahu jawabannya.

Asupan rutin, yang dapat ditemukan dalam apel, lemon, bawang, teh jeruk dan suplemen, terbukti mencegah trombi setelah cedera dalam sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam International Current Pharmaceutical Journal, demikian dikutip dari laman Express.co.uk.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Karena profil keamanannya yang baik, penulis laporan menyimpulkan bahwa itu dapat berfungsi sebagai obat murah untuk mengurangi pembekuan berulang dan membantu menyelamatkan ribuan nyawa.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

The Vein and Vascular Institute mendorong makan nanas alami atau mengambil suplemen nutrisi dengan bromelain, untuk alasan yang sama. Enzim pencerna protein telah ditemukan dalam beberapa penelitian untuk menghambat pembentukan molekul pro-inflamasi.

Ini juga dapat melepaskan efek yang membantu membersihkan fibrin dalam gumpalan darah, menurut penelitian awal yang diterbitkan dalam jurnal Cellular and Molecular Life Sciences.

Menurut kesehatan tubuh, makanan dan minuman lain yang dapat membantu melarutkan gumpalan darah mungkin termasuk bawang putih, kiwi, kangkung, bayam, anggur merah, dan jus anggur. Ini memperingatkan, bagaimanapun, bahwa mencoba untuk melarutkan bekuan darah di rumah bisa menunda perawatan medis yang tepat.

Hal ini, pada gilirannya, dapat meningkatkan risiko komplikasi yang berpotensi mengancam jiwa jika gumpalan darah menyebar ke bagian lain dari tubuh. Sementara bukti menunjukkan makanan nabati di atas dapat membalikkan komplikasi pembekuan, tindakan terbaik adalah pencegahan.

Kunyit, yang dikemas dengan sifat anti-inflamasi, banyak digunakan untuk tujuan kuliner dan pengobatan. Bumbu ini disorot dalam ulasan yang diterbitkan dalam jurnal EPMA pada tahun 2019 karena efek anti-plateletnya yang kuat yang dapat melindungi terhadap pembekuan darah di masa depan.

Aktivasi trombosit adalah salah satu proses mekanis sentral yang terlibat dalam trombosis. Temuan ini menggemakan penelitian sebelumnya yang diterbitkan dalam Journal of Cell Physiology, pada tahun 2017, yang menemukan bahwa kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, juga bertindak sebagai agen antikoagulan, anti-karsinogenik, dan antioksidan.

Menurut pengobatan, penggunaannya sebagai terapi komplementer untuk mengobati pembekuan darah perlu penyelidikan lebih lanjut. Makanan super lain yang dikaitkan dengan efek anti-koagulasi adalah jahe, yang mengandung bahan kimia salisilat.

Senyawa tanaman ini merupakan bahan kimia utama dari pembuatan aspirin. Meskipun penambahan rempah-rempah ini ke dalam makanan dapat menurunkan kemungkinan komplikasi pembekuan darah, perilaku tertentu juga patut dihindari.

Kurang tidur kronis merupakan faktor risiko penting dalam perkembangan disfungsi metabolisme dan endokrin, seperti yang telah ditunjukkan oleh beberapa penelitian ilmiah untuk mengganggu sistem peredaran darah.
Penyebab umum pembekuan darah juga termasuk duduk untuk waktu yang lama karena ini menghambat aliran darah.

Meskipun gumpalan darah umumnya tidak berbahaya saat tidak bergerak, ini bisa berubah jika mereka berpindah ke tempat lain di tubuh. 

Jika bekuan berjalan ke jantung atau paru-paru dan menyebabkan emboli paru, itu dapat menghasilkan:

- Sakit dada
- Sesak napas
- Ketidaknyamanan pada tubuh bagian atas, termasuk dada, punggung, leher atau lengan.
- Tanda-tanda bekuan darah stasioner akan sangat tergantung pada lokasi gumpalan di dalam tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya