Turunkan Hipertensi - Kolesterol, 5 Alasan Harus Tambahkan Bawang Putih ke Dalam Makanan

Bawang putih.
Sumber :
  • Freepik/Racool_studio

VIVA Lifestyle – Tak sekadar bumbu dapur, bawang putih sudah dikenal luas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa senyawa yang terkandung dalam bumbu ini, mampu mencegah banyak penyakit di dalam tubuh. 

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Mulai dari membantu menurunkan tekanan darah atau hipertensi hingga turunkan kolesterol tinggi, berikut beberapa alasan mengapa kamu wajib menambahkan bawang putih ke dalam makanan atau masakanmu, dilansir Everyday Health, Jumat 21 Oktober 2022. Yuk, jangan lupa scroll.

Membantu menurunkan tekanan darah atau hipertensi
Dalam 12 percobaan yang diikuti oleh 550 individu dengan hipertensi, mereka mengonsumsi suplemen bawang putih selama 3 bulan. Hasilnya, mereka berhasil menurunkan tekanan darah sistolik sekitar 8 poin dan tekanan darah diastolik sebesar 5,5 poin, yang dinilai setara dengan obat tekanan darah. 

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Bantu atasi peradangan
Para ilmuwan percaya bahwa peradangan kronis adalah biang kerok di balik beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, kanker dan radang sendi. Demikian menurut Harvard Health Publishing. Di sisi lain, bawang putih mampu menghambat aktivitas protein inflamasi tertentu. 

Ilustrasi serangan jantung/stroke.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com
7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Bantu turunkan kolesterol
Sebuah meta analisis dan tinjauan studi yang diterbitkan pada Mei 2018 di Medicine menyimpulkan, mengonsumsi suplemen bawang putih efektif menurunkan kolesterol total dan kadar kolesterol LDL (jahat) yang tinggi. Di mana keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung. 

Mendukung fungsi kekebalan tubuh
Meskipun belum ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa bawang putih mampu mencegah atau mengobati flu biasa, namun bawang putih berperan dalam mekanisme pertahanan tubuh dalam beberapa cara. 

Allicin, salah satu bahan kimia dalam bawang putih, memiliki sifat antibakteri. Selain itu, para ilmuwan juga percaya bahwa bawang putih memiliki sifat antivirus yang bekerja dalam dua cara, yaitu menghalangi masuknya virus ke dalam sel dan dengan memperkuat respons imun sehingga dapat secara efektif melawan penyerang potensial. Hal-hal itulah yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Mengurangi pembekuan darah
Satu lagi manfaat bawang putih untuk kesehatan jantung. Senyawa dalam bawang putih telah terbukti mampu mengurangi kekentalan trombosit dan memiliki sifat anti pembekuan darah. 

Masih terkait bawang putih, Head of Industry Dept - PT Ajinomoto Indonesia, Toni Iskandar, mengumumkan peluncuran Garlicoplus, yaitu bumbu dengan rasa bawang putih. 

Bawang putih.

Photo :
  • Freepik/Racool_studio

"Garlicoplus dibuat dari bahan baku unik dan spesial, menggunakan teknologi terbaru dari Ajinomoto yang dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas rasa dan aroma bawang putih pada berbagai olahan makanan setelah proses pemanasan," ujar Toni dalam keterangannya, Jumat 21 Oktober 2022. 

Toni melanjutkan, konsumsi bawang putih di Indonesia cukup besar dan dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Sementara hasil komoditas bawang putih dalam negeri masih cukup kurang, sehingga Indonesia sangat bergantung pada bawang putih impor dari negara lain. 

"Kondisi ini berdampak pada tidak stabilnya harga, pasokan, dan kualitas komoditas bawang putih di Indonesia. Ini merupakan salah satu hal yang mendasari kami untuk menghadirkan produk Garlicoplus bagi para produsen berbagai industri makanan di Indonesia," tuturnya. 

Menurut Toni, produk tersebut merupakan bumbu siap pakai berbentuk bubuk, sehingga mudah digunakan, disimpan, dan para produsen makanan pun dapat menghewat waktu dan biaya persiapan produksi. 

"Garlicoplus juga dapat memberikan manfaat bagi para produsen sebagai pengganti penggunaan bawang putih bubuk dan 1/3 bagian bawang putih segar pada produk makanan. Bumbu ini juga cocok diaplikasikan pada produk makanan yang menggunakan bawang putih, ataupun produk makanan yang tidak menggunakan bawang putih," tutup Toni Iskandar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya